Cara Menghilangkan Noise Lewat Android di Video dan Audio

Cara Menghilangkan Noise Lewat Android di Video dan Audio

HiPoin.com – Bagi kamu yang penasaran apakah bisa menghilangkan noise lewat Android, kini kamu bisa menghilangkan noise pada video dengan mudah hanya bermodal ponsel Android saja. Saya yakin kamu tidak suka jika video yang kamu rekam suaranya tidak jelas alias bising sekali.

Noise atau kebisingan pada video memang tidak bisa kita hindarkan. Jika kamu tidak ingin menghilangkan kebisingan tadi dengan proses editing kamu perlu alat yang namanya Microphone External yang bisa kamu hubungkan dengan perangkat ponsel pintar atau kamera.

Tetapi jika kamu ingin menghilangkan noise audio pada video yang kamu rekam tanpa mic external, kamu bisa menghilangkan noise tadi menggunakan aplikasi Lexis Audio Editor. Menghilangkan noise video dapat dilakukan dengan mudah dengan aplikasi ini karena file video langsung dapat dibuka.

Singkatnya menghilangkan noise lewat Android dengan aplikasi Lexis Audio Editor dapat dilakukan tanpa harus memisahkan file audio dan video terlebih dahulu. Walaupun file video cukup besar aplikasi ini mampu mengambil audio nya saja tanpa perlu waktu yang lama.

Setelah kamu mengunakan aplikasi ini, suara yang tidak diinginkan seperti suara angin, suara orang lain berbicara, atau suara nafas kita sendiri akan hilang. Bagi pemula pasti akan kebingungan menggunakan aplikasi penjernih suara Lexis Audio Editor, oleh karena itu kali ini saya akan membahasnya.

Bagi seorang Youtuber, sangat direkomendasikan menghilangkan suara yang mengganggu pada video sebelum melakukan editing video di aplikasi Kinemaster atau PowerDirection. Bagi pengguna PC Desktop, kamu bisa menggunakan aplikasi khusus untuk perangkat Komputer.

Cara Menghilangkan Noise Lewat Android Dengan Aplikasi Lexis Audio Editor

Langkah ke-1: Kamu install aplikasi Lexis Audio Editor dari Play Store dan buka aplikasi tersebut

Langkah ke-2: Langkah pertama untuk menghilangkan noise audio di video, silakan kamu klik Open terlebih dahulu

Cara Menghilangkan Noise Lewat Android

Langkah ke-3: Cari file video yang ingin dihilangkan noise pada videonya, lalu klik Open lagi

Bukan File Yang Ingin Dihilangkan Noisenya

Langkah ke-4: Selanjutnya untuk menghilangkan noise video silakan kamu tekan tombol Play “berwarna hijau” dan kemudian tekan tombol Stop “berwarna abu-abu”

Stop Video

Langkah ke-5: Selanjutnya tekan tombol titik tiga di pojok kanan atas

Tekan Tombol Pengaturan Lexis Audio Editor

Langkah ke-6: Pilih Effects

Pilih Pengaturan Effects

Langkah ke-7: Kemudian cari fitur Noise reduction

Pilih Noise Reduction

Langkah ke-8: Gunakan settingan default sudah lebih dari cukup lalu pilih Apply. Atau kamu bisa mengaturnya sesuai selera dan test terlebih dahulu dengan menekan tombol Play

Apply Noise Reduction

Langkah ke-9: Setelah noise berhasil dihilangkan kamu perlu meningkatkan suara hasil noise reduction yang mengecil. Caranya menggunakan fitur Equalizer/Amplifier

Meningkatkan Suara Yang Kecil

Langkah ke-10: Terakhir kamu atur Pre amplifier lalu klik Apply

Tingkatkan dB Audio

Nah itu dia cara menghilangkan noise lewat Android dengan aplikasi Lexis Audio Editor. Setelah audio bersih dari kebisingan serta volume audio sudah cukup kamu bisa menyimpannya dengan format audio seperti .m4a dan .wav.

Cara menghilangkan noise lewat Android bisa kamu lakukan bagi kamu yang hanya memiliki smartphone Android saja. Jika memiliki perangkat Komputer atau Laptop lebih baik kamu menggunakan aplikasi yang ada di desktop saja karena lebih baik.

Untuk menambah audio hasil Lexis Audio Editor kamu bisa menambahkannya pada video di aplikasi editing. Kamu perlu menghilangkan audio pada video, kemudian tambahkan audio tadi yang sudah kamu export dari Lexis Audio Editor.