3 Cara Mengatasi Tidak Bisa Screenshot di Android

3 Cara Mengatasi Tidak Bisa Screenshot di Android

HiPoin.com – Apakah kamu berfikir bahwa di semua aplikasi kamu bisa melakukan screenshot atau tangkap layar? nyatanya tidak. Karena masalah tidak bisa screenshot kini sering terjadi karena beberapa faktor dan penyebab.

Sebelumnya saya sudah pernah membahas mengenai beberapa penyebab yang bisa menyebabkan tangkap layar tidak tersimpan. Untuk screenshot atau tangkap layar yang tidak tersimpan ada banyak faktor penyebabnya, salah satunya karena bug.

Selain tidak tersimpan ada juga screenshot yang sudah tersimpan tetapi akan terhapus dengan sendirinya. Tidak bisa mengambil tangkap layar atau tidak dapat menangkap layar umumnya karena peraturan aplikasi tertentu.

Sebagai contoh aplikasi perbankan. Banyak aplikasi perbankan yang tidak mengizinkan penggunanya melakukan tangkap layar di dalam aplikasi. Singkatnya screenshot dibatasi oleh aplikasi sehingga pengguna tidak bisa melakukan tangkap layar sama sekali.

Selain karena pembatasan aplikasi, apakah ada penyebab lainnya yang bisa menyebabkan tidak bisa screenshot? tentu saja ada. Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan beberapa penyebab yang bisa menyebabkan tidak bisa melakukan tangkap layar di Android.

Penyebabnya tentu saja bervariasi, karena bervariasi dan banyak maka yang akan saya bahas adalah yang umum terjadi dan yang saya ketahui. Masalah seperti ini juga sering terjadi karena faktor bug yang ada di masing-masing perangkat.

Tanpa panjang lebar lagi langsung saja saya jelaskan penyebab kenapa tidak dapat menangkap layar di perangkat Android. Namun sebelumnya jika kamu tidak bisa menggunakan Snipping Tool kamu bisa baca artikel tentang cara menggunakan aplikasi Snipping Tool di Windows.

Penyebab Tidak Bisa Screenshot di Android

1. Pembatasan Aplikasi

Penyebab pertama yaitu karena pembatasan aplikasi. Ini sudah jadi ketentuan developer aplikasi dan tidak ada yang bisa kamu lakukan. Misalnya kamu menggunakan aplikasi screen recorder sama saja hasil videonya nanti akan gelap atau hitam karena akses aplikasi dibatasi.

Hanya satu cara yang bisa kamu lakukan jika screenshot dibatasi, yaitu kamu bisa memotret dengan HP lain. Memang sangat jauh dari tangkap layar, akan tetapi yang terpenting kamu dapat menangkap layar yang ada di aplikasi tersebut dengan cara memotret.

2. Dibatasi Oleh Sistem

Dibatasi oleh sistem kita masih bisa melakukan screenshot, akan tetapi jika dibagikan ke perangkat lain sceenshot atau tangkap layar tidak bisa dibuka. Memang berbeda dengan tidak bisa screenshot, akan tetapi saya kira ini masih ada kaitannya.

Kasus yang pernah saya alami yaitu di perangkat Xiaomi yang menggunakan MIUI. Singkatnya tangkap layar di menu sensitif seperti Kontak Telepon tidak bisa dibuka di perangkat lain. Akan tetapi jika screenshot home screen atau pengaturan bisa di buka di perangkat lain.

3. Faktor Lainnya

Yang terakhir karena faktor lainnya. Seperti ruang penyimpanan yang penuh atau ada bug pada rom yang kamu gunakan. Supaya lebih jelas kamu bisa bertanya di forum supaya mendapatkan penjelasan dari sesama pengguna.

Nah itu dia beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi permasalahan tidak bisa screenshot di perangkat Android. Kasus tidak bisa screenshot jarang terjadi kecuali karena aplikasi yang dibatasi dan tidak dapat digunakan untuk menangkap layar.

Karena sebenarnya kamu bisa melakukan tangkap layar di mana saja asalkan di izinkan oleh sistem. Seperti di menu chatting, di dalam game, atau di menu aplikasi. Semoga dengan adanya artikel ini kamu semua terbantu dan tidak panik jika tidak bisa melakukan tangkap layar.

Tidak tau cara mengatur resolusi perekam layar di perangkat Xiaomi? jika kamu tidak tau kamu bisa baca artikel tentang cara mengatur kualitas dan resolusi perekam layar bawaan perangkat Xiaomi.