Solusi Tombol Angka di Keyboard Tidak Berfungsi

Solusi Tombol Angka di Keyboard Tidak Berfungsi

HiPoin.com – Apakah kamu merasa angka yang ada di sebelah kanan bagian keyboard eksternal kamu tidak berfungsi saat ditekan? jika iya kamu tidak usah bingung karena tombol angka di keyboard tidak berfungsi saat ditekan dikarenakan belum kamu aktifkan.

Seperti yang kamu ketahui di keyboard eksternal pada umumnya memiliki 2 bagian number key, yang satu berada di atas alphabet key atau dibawah function key dan yang kedua berada di sebelah kanan bagian keyboard eksternal.

Tombol angka, numeric key, atau number key yang ada dibagian atas tombol alphabet key bisa kamu gunakan kapan saja tanpa perlu diaktifkan. Karena sama seperti tombol atau key pada keyboard tombol tersebut selalu aktif.

Sedangkan tombol angka yang ada disebelah kanan atau yang mirip dengan navigasi kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu dengan mengaktifkan NumLock. NumLock adalah tombol yang digunakan untuk mengaktifkan fungsi numeric pada tombol angka.

Jika NumLock tidak diaktifkan tombol angka yang berada di sebelah kanan akan berfungsi sebagai navigasi seperti atas, bawah, kanan, dan kiri. Singkatnya ini adalah fitur yang dulu ada sebelum adanya mouse untuk memudahkan proses navigasi.

Untuk lebih jelasnya saya akan berikan contoh saat NumLock tidak aktif dan aktif. Namun sebelum lanjut kamu bisa baca cara mengatasi touchpad Laptop tidak berfungsi atau gerak-gerak sendiri.

Mengaktifkan NumLock – NumLock Aktif

NumLock Aktif, Tombol Angka Berfungsi

Untuk mengaktifkan supaya NumLock aktif kamu hanya perlu menekan tombol NumLock atau NumLock key yang ada di keyboard. Ciri jika NumLock aktif dan number key bisa digunakan ialah indikator NumLock akan menyala.

Mungkin beberapa dari kamu akan bertanya, kenapa tidak menggunakan tombol angka yang ada di dekat tombol alphabet atau alphabet key?. Seperti yang kamu tau, tombol angka yang ada di sebelah kanan keyboard letaknya lebih mudah digunakan.

Saya yakin bagi kamu yang sering menginput angka menggunakan Komputer atau PC akan setuju dengan saya. Sedangkan bagi pengguna Laptop hanya bisa menggunakan tombol yang tersedia, kecuali menggunakan keyboard eksternal.

Menonaktifkan NumLock – NumLock Tidak Aktif

NumLock Nonaktif, Tombol Angka di Keyboard Tidak Berfungsi

Untuk menonaktifkan atau mematikan NumLock dari posisi aktif kamu hanya perlu menekan tombol NumLock sampai indikator NumLock mati. Jika sudah mati number key yang tadinya bisa digunakan untuk menampilkan angka sekarang hanya berfungsi sebagai tombol navigasi.

Kamu bisa mencoba menggunakan tombol tadi untuk bernavigasi di Google Chrome atau di Microsoft Word dan Microsoft Excel. Kesimpulannya kamu perlu mengaktifkan fitur NumLock terlebih dahulu supaya tombol angka di keyboard bisa digunakan dan berfungsi.

Karena saat aktif indikator NumLock menyala, maka bisa saya simpulkan secara default number key yang ada di sebelah kanan keyboard memang tidak aktif secara default dan perlu di aktifkan terlebih dahulu. Sedangkan untuk mematikannya kamu perlu menonaktifkan NumLock dengan cara menekannya.

Sama seperti fungsi CapsLock dan Scroll Lock, perlu diaktifkan terlebih dahulu supaya fitur tersebut aktif. Karena jika keduanya diaktifkan indikator keduanya juga akan menyala dan akan mati jika dimatikan.

Sebelum saya akhiri selain tau penyebab yang bisa menyebabkan tombol angka di keyboard tidak berfungsi kamu bisa baca juga tentang perangkat 2 in 1 dan 3 in 1. Kedua perangkat tersebut bisa kamu temukan di perangkat Laptop dan kamu harus bisa membedakannya.