3 Tips Menghemat Kuota Internet Tidak Cepat Habis

3 Cara Menghemat Kuota Internet Tidak Cepat Habis

HiPoin.com – Kuota internet menjadi kebutuhan wajib bagi semua orang, maka dari itu kita harus menghemat kuota internet. Kini mulai dari anak-anak sampai orang tua sudah kenal dan paham betul apa itu internet. Mereka tidak ingin kalah gaul dengan para orang dewasa dan remaja yang selalu aktif di sosial media.

Kuota internet saat ini paling murah untuk jaringan 4G LTE. Jaringan 4G memang terkenal murah di semua operator seluler di Indonesia. Lihat saja paket internet khusus untuk jaringan 4G yang dijual pada operator 3, Telkomsel, AXIS, XL, Smartfren, dan Indosat Ooredoo pasti akan lebih murah dari pada paket internet untuk semua jaringan.

Kuota internet menjadi kebutuhan wajib karena setiap hari pasti kita gunakan. Baik untuk membuka akun sosial media, untuk browsing, atau untuk menonton video di situs YouTube. Jika kamu hanya menggunakan kuota reguler saja bukan kuota khusus untuk jaringan 4G, maka siap-siap kamu harus menghemat kuota.

Karena jika kamu selalu menggunakan kuota internet maka kuota yang kamu miliki juga akan cepat habis. Perbandingan dari harga kuota internet antara khusus untuk jaringan 4G dengan yang semua jaringan sangat jauh sekali. Seperti jika 60 ribu pada jaringan 4G kita bisa mendapatkan kuota sebanyak 30 GB.

Sedangkan untuk semua jaringan yang bisa digunakan selain di jaringan 4G seperti 3G, dan 2G mungkin hanya akan mendapatkan kuota sebesar 4 GB saja. Penyebab kuota boros biasanya pemilihan kuota dengan kebutuhan yang biasa kita lakukan tidak tepat.

Misalnya kamu selalu aktif dengan aplikasi seperti Facebook dan Instagram serta selalu menggunakan WhatsApp dan Line tanpa mematikan koneksi data seluler jika tidak diperlukan. Walaupun ponsel tidak kamu gunakan untuk membuka semua aplikasi tersebut, tetap saja jika koneksi data seluler aktif maka kuota kita tetap akan berkurang.

Itu dia sekenario penyebab kuota cepat hilang dan habis sendiri. Sebagai contoh sekarang aplikasi Tik Tok dan Likee cukup populer. Karena aplikasi tersebut hanya memuat video saja maka sudah dipastikan penggunaan kuota internet pada aplikasi tersebut sangat banyak.

Maka dari itu mulai sekarang kamu wajib menghemat kuota dengan beberapa tips yang perlu diketahui. Tips menghemat kuota internet ini wajib kamu lakukan supaya kuota kamu tidak cepat habis, khususnya untuk kuota reguler. Bagaimana Tips nya? Berikut cara menghemat kuota internet yang boros dan cepat sekali habis.

Cara Menghemat Kuota Internet Supaya Tidak Cepat Habis

1. Beli Paket Khusus Jaringan 4G

Jika ponsel kamu sudah mendukung jaringan 4G seperti ponsel Android dan iOS maka belilah kuota internet khusus jaringan 4G saja. Selain koneksi 4G di Smartphone sangat cepat dari pada 3G dan 2G, harga paket nya pun terbilang murah bisa lebih dari 50% lebih murah.

Jika sekarang kamu masih menggunakan kuota atau paket internet sejenis paket reguler atau paket bulanan, maka mulai sekarang beli paket internet khusus 4G saja. Dengan membeli paket khusus 4G maka kamu sudah bisa menghemat penggunaan kuota internet.

2. Beli Paket Internet Tambahan

Jika kamu tidak bisa membeli paket untuk jaringan 4G karena ponsel yang digunakan tidak support jaringan tersebut, salah satu solusinya yaitu dengan membeli paket tambahan atau paket khusus untuk keperluan tertentu. Seperti paket khusus untuk aplikasi WhastApp dan paket khusus aplikasi Instagram.

Jika kamu mencari paket yang ada pilihan paket khusus untuk WhatsApp, Instagram, Twitter, dan YouTube maka kamu bisa menggunakan SIM Card dari by.U Telkomsel. Sedangkan jika membutuhkan kuota malam untuk download file bisa menggunakan perdana Tri, karena memiliki paket KenDo (Kenyang Download).

3. Matikan Data Seluler Jika Tidak Perlu

Dan cara terakhir untuk menghemat kuota internet yang bisa kamu lakukan jika sudah menggunakan paket khusus 4G atau sudah membeli paket tambahan yaitu dengan mematikan data seluler jika tidak perlu. Cara sederhana ini biasanya diabaikan oleh banyak orang, padahal mereka mengeluh bahwa kuota internet baru beli kok sudah habis.

Maka dari itu cara menghemat kuota internet yang paling gampang dengan cara mematikan data seluler. Kamu bisa mematikan data seluler saat tidur, sedang dalam perjalanan dan ponsel tidak digunakan, atau saat tidak memerlukan koneksi internet untuk hal yang penting.

Memang kuota internet jika habis wajar sekali, karena kita gunakan khususnya jika digunakan pada Komputer juga. Jika tidak kita gunakan lalu apa tujuan membelinya. Namun jika cepat habis atau dirasa pemakaian kita boros ini yang menjadi permasalahan. Kuota internet jika cepat habis dan tiap minggu selalu beli maka dompet kita akan jadi kering alias bokek.

Menghemat kuota adalah salah satu langkah supaya penggunaan internet kita sesuai kebutuhan. Jika kamu memiliki uang lebih maka boros penggunaan internet tidak apa-apa. Namun bagi beberapa kalangan kuota internet masih menjadi salah satu kebutuhan yang mahal untuk dibeli setiap minggunya.