4 Solusi Tidak Bisa Kirim SMS Padahal Pulsa dan Kuota Ada

4 Solusi Tidak Bisa Kirim SMS Padahal Pulsa dan Kuota Ada

HiPoin.com – SMS masih menjadi sarana pengirim pesan teks yang digunakan oleh banyak orang walaupun tidak seperti dulu lagi. Bagi kamu yang sudah menggunakan layanan SMS sejak lama pasti pernah mengalami tidak bisa kirim SMS walaupun kamu sudah mencobanya berulang-ulang kali.

Short Message Service atau SMS adalah sebuah layanan pengirim pesan singkat pada telepon genggam yang bisa digunakan untuk mengirim dan menerima pesan. SMS adalah alternatif Telepon bagi sebagian orang yang kurang suka atau tidak suka sama sekali berbicara menggunakan panggilan telepon.

Kini SMS sudah jarang digunakan salah satunya karena biaya SMS cukup mahal dan keterbatasan fitur yang ada. Tidak seperti aplikasi pengirim pesan singkat WhatsApp dan Line yang memiliki fitur banyak tetapi hanya memerlukan koneksi internet yang sedikit.

Selain mahal SMS tidak bisa untuk mengirim dokumen atau sebuah video dan gambar yang memiliki ukuran yang besar dan banyak. Walaupun sudah ada MMS (Multimedia Messaging Service) tetap saja fitur ini kurang dari kata baik dan cukup.

Nah bagi kamu yang sering mengalami tidak bisa kirim SMS atau SMS tidak terkirim kamu perlu tau beberapa faktor dan penyebab kegagalan tersebut. Ada banyak sekali penyebab yang bisa menyebabkan permasalahan tadi salah satunya karena tidak memiliki pulsa yang cukup atau tidak ada paket SMS yang tersedia.

Akan tetapi untuk kali ini saya asumsikan SMS gagal terkirim bukan karena tidak ada pulsa dan paket SMS, melainkan karena faktor lain. Apa faktornya? untuk tau lebih jelas kamu bisa simak artikel ini karena saya akan menjelaskan faktor dan penyebab SMS tidak mau terkirim.

Penyebab dan Cara Mengatasi Tidak Bisa Kirim SMS

1. Nomor Salah

Nah yang pertama karena nomor yang kamu input salah. Ada dua kemungkinan jika nomor salah saat ingin mengirim SMS. Yang pertama SMS terkirim ke nomor lain karena walaupun nomor salah tetapi nomor tersebut sudah terdaftar dan aktif.

Sedangkan yang kedua SMS tidak akan bisa terkirim dikarenakan nomor tidak valid. Nomor tidak valid biasanya nomor yang memiliki jumlah digit yang terlalu sedikit atau terlalu banyak. Sedangkan jika dikirimkan ke nomor yang tidak aktif SMS akan terkirim tetapi tidak akan terbaca karena nomor tersebut sudah tidak aktif.

2. Tidak Ada Layanan

Yang kedua karena tidak ada layanan. Saya sebagai pengguna kartu perdana dari 3 Indonesia sangat sering mengalami tidak bisa kirim SMS karena tidak ada layanan. Boro-boro mengirim SMS, menerima SMS dan panggilan masuk saja tidak bisa.

Jika memang sedang tidak ada layanan maka nantinya akan muncul peringatan bahwa SMS tidak terkirim atau SMS gagal terkirim. Kamu bisa mengirim ulang SMS tersebut jika ponsel yang kamu gunakan sudah mendapatkan sinyal atau layanan yang tadi hilang sudah muncul kembali.

3. Konfigurasi SMSC

SMS Center atau Pusat Layanan Pesan adalah nomor yang wajib kamu isi pada pengaturan SMS. SMSC memiliki peran yang penting karena salah satu fungsi nomor SMSC yaitu mengirimkan pesan singkat atau SMS. Masing-masing operator seluler memiliki nomor Pusat Layanan Pesan yang berbeda.

Sebagai contoh Three: +6289644000001, Telkomsel: +6281100000, dan AXIS: +628315000032. Nah penyebab SMS tidak terkirim atau SMS gagal terkirim biasanya karena nomor SMSC kosong, salah, atau kurang. Sebagai contoh nomor SMSC XL: +62818445009, tetapi kurang menjadi +6281844500 atau lebih menjadi +628184450099 maka kamu tidak akan bisa mengirim SMS.

4. Akses SMS Premium Tidak Aktif

Penyebab terakhir yang bisa menyebabkan tidak bisa kirim SMS yaitu karena akses SMS Premium tidak aktif. Apa itu SMS Premium? fitur yang wajib aktif jika ingin mengirim SMS ke nomor Premium. Jika akses tidak aktif saya jamin saat mengirim SMS ke nomor Premium akan gagal terus.

Saya sendiri sudah pernah membahas mengenai SMS Premium, supaya kamu tau kamu bisa langsung baca artikel tersebut. Salah satu ciri nomor Premium yaitu memiliki jumlah digit yang sedikit mulai dari 4 sampai 6 digit nomor saja.

Nah itu dia beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi tidak bisa kirim SMS padahal pulsa masih banyak dan paket SMS masih aktif. Jika kamu mengalami tidak bisa kirim SMS hal yang wajib kamu cek yaitu Pusat Layanan Pesan.

Saya sendiri cukup heran karena sering terjadi nomor SMSC kurang atau menjadi kosong. Karena jika tidak menggunakan nomor pusat pesan yang benar layanan SMS tidak bisa digunakan. Oleh karena itu wajib kamu cek dan gunakan nomor SMSC sesuai provider yang kamu gunakan.

Semoga pembahasan kali ini menambah wawasan kamu tentang masalah SMS yang tidak mau terkirim. Sebelum saya akhiri artikel tentang penyebab tidak bisa kirim SMS mungkin kamu bisa baca artikel tentang ubah PIN ShopeePay. Sangat penting menjaga PIN ShopeePay serta gunakan PIN yang rumit tetapi mudah diingat.