Cara Backup Website Lewat cPanel Tanpa Ribet

Cara Backup Website Lewat cPanel Tanpa Ribet

HiPoin.com – Penting sekali melakukan backup atau pencadangan di situs dan blog yang kamu kelola. Misalnya kamu menggunakan layanan Hosting cPanel, kamu bisa melakukan backup website lewat cPanel dengan mudah seperti yang akan saya contohkan kali ini.

Apa keuntungan melakukan pencadangan secara rutin? yang pertama mengamankan data situs supaya saat terjadi hal-hal yang tidak di inginkan kamu bisa mengembalikan situs atau blog yang kamu kelola dalam waktu singkat se mirip mungkin.

Selain itu kelebihan melakukan backup situs untuk mencegah hal tak terduga seperti error dari layanan yang kamu gunakan atau masalah dari plugin dan theme yang kamu pasang. Nah yang akan saya bahas kali ini yaitu tutorial cara backup WordPress lewat cPanel.

Apapun layanan hosting yang kamu gunakan baik layanan lokal atau luar jika masing menggunakan panel cPanel caranya sama saja. Backup website lewat cPanel selain mudah juga sangat cepat. Kamu bisa melakukan backup full atau file-file penting saja yang ingin kamu cadangkan.

Seperti yang akan saya contohkan kali ini yaitu cara melakukan full backup lewat cPanel dengan bantuan Backup Wizard. Supaya lebih jelas langsung saja kamu simak tutorial cara melakukan backup di cPanel pada situs WordPress yang kamu kelola.

Namun sebelum lanjut kamu harus tau cara mengatasi masalah valid JSON di WordPress. Permasalahan valid JSON response mengakibatkan kamu tidak bisa menyimpan atau menerbitkan artikel yang sudah kamu ketik di situs WordPress yang kamu miliki.

Tutorial Backup Website Lewat cPanel Dengan Mudah Secara Manual

Langkah ke-1: Cara melakukan full backup lewat cPanel silakan kamu akses cPanel lalu pilih menu Wizard Pencadangan atau Backup Wizard

Cara Backup Website Lewat cPanel

Langkah ke-2: Setelah berada di Wizard Pencadangan silakan kamu pilih Back Up

Menu Backup Wizard Pencadangan

Langkah ke-3: Kemudian silakan kamu backup Direktori Utama dan Database MySQL

Full Backup di cPanel

Langkah ke-4: Berikut cara backup Direktori Utama lewat cPanel

Backup Direktori Utama

Langkah ke-5: Sedangkan ini cara backup Database MySQL

Backup Database MySQL

Nah itu dia cara backup situs atau cara backup WordPress lewat cPanel. Misalnya kamu lebih suka melakukan pencadangan secara manual saya sarankan kamu mengikuti tutorial diatas. Kamu bisa melakukan backup atau pencadangan 1 minggu sekali atau 1 bulan sekali.

Semoga tutorial cara backup website lewat cPanel bermanfaat bagi kamu. Sangat penting melakukan backup supaya data di situs atau website yang kamu miliki tidak hilang saat terjadi masalah yang tidak kamu inginkan.

Selain di situs kamu perlu melakukan backup di perangkat Android yang kamu miliki. Karena efek kembali ke setelan pabrik yaitu semua data yang ada di perangkat kamu akan hilang semua. Oleh karena itu selain backup website lewat cPanel kamu juga bisa melakukan backup data HP lewat Pengaturan.