Cara Mengatasi valid JSON response di WordPress

Cara Mengatasi valid JSON response di WordPress

HiPoin.com – WordPress adalah salah satu platform blogging selain blogger.com. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, oleh karena itu pilihlah sesuai kebutuhan dan kemampuan kamu. Saat menggunakan WordPress menemukan error adalah hal yang biasa seperti error valid JSON response.

Error atau masalah ini pernah saya alami beberapa waktu yang lalu. Singkatnya saya tidak bisa melakukan update artikel atau menerbitkan artikel di situs WordPress yang saya kelola. Jelas ini membuat saya sedikit bingung karena rutinitas membuat artikel sedikit terganggu.

Karena tidak bisa menerbitkan artikel atau menyimpannya ke draf, saya memutuskan untuk mencari solusi atas masalah tidak bisa menerbitkan di WordPress karena JSON response. Sebenarnya gangguan seperti ini sering saya alami dikarenakan koneksi internet yang buruk.

Akan tetapi untuk yang kali ini berbeda, error lengkapnya seperti ini “Error message: The response is not a valid JSON response“. Apa ada cara untuk mengatasi atau memperbaikinya? tentu saja ada. Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan tentang Publishing Failed atau Updating Failed di WordPress.

Langsung saja kamu simak tutorial cara mengatasinya di bawah ini. Kamu hanya perlu menambahkan atau mengganti .htaaccess dengan kode yang akan saya berikan. Namun sebelumnya kamu bisa baca cara memperbaiki thumbnail blog yang tidak muncul saat dibagikan ke Facebook.

Cara Mengatasi valid JSON response di WordPress

Langkah ke-1: Silakan kamu login ke cPanel lalu pilih Pengelola File

Solusi Valid JSON Response Saat Terbit Artikel

Langkah ke-2: Kemudian kamu cari dan edit file .htaccess, jika perlu lakukan backup terlebih dahulu

Edit File .htaccess

Langkah ke-3: Selanjutnya kamu salin atau copy kode dibawah ini

 <IfModule mod_rewrite.c>
 RewriteEngine On
 RewriteBase /
 RewriteRule ^index\.php$ - [L]
 RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
 RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
 RewriteRule . /index.php [L]
 SecFilterEngine Off
 SecFilterScanPOST Off
 </IfModule>

Langkah ke-4: Kamu tambahkan kode tadi diatas file .htaccess yang sudah ada lalu Simpan Perubahan

Kode Default .htaccess WordPress

Langkah ke-5: Jika masih gagal alias valid JSON response masih muncul silakan kamu ganti .htaccess dengan kode diatas

Ganti .htaccess

Itu dia cara mengatasi tidak bisa menerbitkan artikel di WordPress atau update artikel karena masalah JSON response. Belakangan ini error tersebut sering dialami oleh pengguna WordPress, saya harap kamu terbantu jika kamu mengalaminya juga.

Seperti yang sudah saya katakan tadi, lebih baik kamu menambahkan kode tersebut terlebih dahulu. Setelah itu kamu test lakukan update artikel. Jika masih gagal barulah kamu ubah file .htaccess sepenuhnya. Karena dengan menambahkan kode diatas ke script yang sudah ada lebih dari cukup alias masalah terselesaikan.

Semoga pembahasan kali bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari solusi atas masalah valid JSON response. Selain itu bagi kamu yang belum tau cara mengaktifkan GZIP Compression tanpa mengedit file .htaccess kamu bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas yaitu mengaktifkan GZIP lewat cPanel.