4 Tips Supaya Mendapatkan Harga Murah Saat Menawar Barang Bekas

4 Tips Supaya Mendapatkan Harga Murah Saat Menawar Barang Bekas

HiPoin.com – Proses tawar menawar pasti kita lakukan saat membeli barang di pasar atau di toko. Jika membelinya di mall atau minimarket proses ini tidak bisa dilakukan karena harganya tidak bisa ditawar. Seandainya kamu membeli barang secara bekas, menawar barang bekas juga harus dilakukan supaya mendapatkan harga yang lebih murah.

Pada transaksi jual beli barang bekas atau produk bekas, tawar menawar malah tidak bisa lepas dari transaksi ini. Karena penjual ingin barangnya terjual dengan mahal dan pembeli ingin mendapatkan harga barang yang lebih murah. Untuk cara menawar barang bekas sama saja seperti pada saat menawar barang baru.

Yang terpenting saat membeli barang bekas atau barang second, kamu harus tau kondisi barang tersebut. Karena kualitas produk dari barang bekas yang menjadi patokan harganya. Tidak jarang juga saat harga sudah deal lewat chat namun setelah cek barang harganya menjadi turun, karena barang tidak sesuai ekspektasi pembeli.

Ada banyak faktor yang bisa kita gunakan untuk menawar barang second. Mulai dari tangan keberapa produk tersebut, berapa lama produk tersebut telah digunakan, minus atau kerusakan pada produk serta fungsi dan kondisi fisik produk.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa baca artikel ini sampai selesai supaya kamu tau bagaimana cara mendapatkan barang bekas dengan harga yang murah. Kamu juga perlu mengatur lokasi marketplace Facebook saat mencari produk bekas, supaya wilayah nya lebih luas dan produknya juga banyak yang tampil.

Cara Menawar Barang Bekas Supaya Dapat Harga Yang Murah

1. Jangan Terburu-Buru

Terburu-buru dalam jual beli barang bekas adalah salah satu sifat yang wajib kamu hilangkan. Jika kamu seorang penjual, menjual secara terburu-buru karena butuh uang (BU) bisa membuat barang kamu terjual dengan murah. Selain itu bagi pembeli jika terburu-buru mencari barang maka akan mendapatkan harga yang mahal.

Untuk bisa mendapatkan harga yang murah, saat menawar barang bekas kamu tidak usah terlalu agresif. Tawar terus dengan berbagai cara. Jika dirasa sudah murah dari pada produk yang sama yang dijual secara bekas, segeralah kamu ambil sebelum ditawar oleh orang lain dengan harga yang lebih tinggi.

2. Cari Penjual Yang Sedang Butuh Uang

Biasanya jika sedang butuh uang penjual tersebut akan menambahkan kalimat tambahan seperti “Butuh Uang” atau “BU“. Segeralah kamu hubungi penjual tersebut jika barang yang dijual cocok seperti yang kamu cari serta kondisinya dilihat secara sekilas juga masih bagus.

Jika kamu yakin produk tersebut masih bagus, langsung saja ajak ketemuan atau COD (Cash on Delivery). Kamu cek produk tersebut sewaktu ketemuan dengan penjual, jika memang sedang butuh uang kamu tawar lagi dengan menyebutkan minus yang memang ada pada produk tersebut supaya bisa mendapatkan harga yang lebih murah lagi.

3. Selalu Sebut Kekurangan Produk Tersebut Saat Menawar

Cara menawar barang bekas yang berikutnya yaitu selalu menyebutkan kekurangan produk yang dijual. Seperti lama produk tersebut sudah digunakan, kekurangan perlengkapan yang seharusnya ada, dan minus dari produk itu sendiri.

Jika kamu menawar sambil menyebutkan beberapa kekurangan tadi, penjual akan merasa bahwa produk yang ia jual memang memiliki banyak kekurangan dan tidak bisa dijual dengan harga yang mahal. Oleh sebab itu kamu harus pandai mencari kekurangan suatu produk, jika bisa kekurangan yang tidak diketahui penjual itu sendiri.

4. Menawar Langsung Lewat Pesan

Ini hanya berlaku jika kamu mencari produk bekas lewat grup Facebook, bukan fitur marketplace dari Facebook. Jadi kamu langsung tawar saja lewat pesan jangan lewat komentar. Jika produk tersebut murah ini untuk mencegah calon pembeli lainnya mendahului kita dalam tawar menawar dengan penjual.

Cara menawar barang bekas dengan langsung menghubungi penjual lewat pesan pribadi memang kini menjadi trend. Karena jika proses transaksi terbuka seperti jika kita melakukan tawar menawar lewat kolom komentar, bisa saja kita ditikung oleh orang lain.

Mungkin itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika ingin membeli barang bekas supaya mendapatkan harga yang lebih murah. Menurut saya sendiri, jangan terburu-buru adalah kunci saat ingin mendapatkan barang bekas berkualitas dengan harga yang terjangkau alias murah meriah.

Yang terpenting saat menawar barang bekas kamu tidak keterlaluan saat proses tawar menawar. Keterlaluan bagaimana? kamu menawar dengan harga yang sangat rendah padahal nilai jual produk tersebut sebenarnya cukup tinggi. Pada saat kamu membeli barang bekas selalu menawar harga secara tidak masuk akal, bisa saja jika kamu menjual barang bekas maka akan ditawar dengan tidak masuk akal juga.