Cara Cek Status NPWP Secara Online Lewat Ereg Pajak

Cara Cek Status NPWP Secara Online Lewat Ereg Pajak

HiPoin.com – Siapapun yang sudah memiliki NPWP diharuskan untuk melapor setiap tahunnya. Tetapi nyatanya banyak yang tidak melapor khususnya mereka yang sudah tidak bekerja. Misalnya kamu sudah tidak bekerja kamu bisa cek status NPWP kamu apakah masih aktif atau sudah tidak aktif.

Melapor SPT tahunan biasanya dilakukan mulai dari awal bulan Januari sampai akhir bulan Maret. Jika NPWP yang kamu miliki masih berstatus aktif dan kamu tidak pernah melapor beberapa tahun terakhir nantinya kamu akan mendapatkan surat dari KPP dimana kamu membuat NPWP tersebut.

Dari beberapa artikel yang ada di internet ada yang menyatakan bahwa jika sudah tidak bekerja tidak berkewajiban melaporkan SPT setiap tahunnya. Tetapi ada yang menyatakan juga bahwa bekerja atau tidak wajib pajak tetap wajib melaporkan SPT selama NPWP yang dimiliki statusnya masih aktif.

Supaya kamu tau status NPWP yang kamu miliki kali ini saya akan menjelaskan cara cek NPWP secara online untuk mengetahui status NPWP yang kamu miliki. Apakah status NPWP kamu aktif atau sudah Non-Efektif. Untuk merubah statusnya kamu perlu datang ke KPP dimana kamu membuat NPWP tadi.

Tanpa panjang lebar lagi langsung saja saya jelaskan bagaimana cara cek status NPWP lewat situs Ereg Pajak. Data yang kamu perlukan hanya NIK dan Nomor KK saja. Setelah kamu input dan datanya valid nantinya akan muncul informasi tentang NPWP yang kamu miliki.

Sebelum lanjut ke pembahasan cara cek NPWP di Ereg Pajak kamu bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas tentang cara ubah APN di perangkat Android. APN bisa kamu ubah sesuka hati untuk menentukan APN yang bagus dan stabil.

Cara Cek Status NPWP di Ereg Pajak

Langkah ke-1: Untuk cek NPWP di Ereg Pajak silakan kamu kunjungi halaman cek NPWP terlebih dahulu

Langkah Cek Status NPWP Aktif atau Tidak

Langkah ke-2: Setelah itu silakan kamu input 16 digit NIK kamu

Input NIK di Ereg Pajak

Langkah ke-3: Lalu input juga 16 digit Nomor Kartu Keluarga serta kode keamanan, setelah itu tekan Cari

Input No. KK dan Kode Keamanan

Langkah ke-4: Nantinya akan muncul detail Nomor NPWP, Nama Wajib Pajak, dan KPP terdaftar. Selain itu sebelah kanan sendiri akan tampil status NPWP kamu

Berhasil Cek Status NPWP

Nah itu dia cara cek status NPWP atau cara cek NPWP secara online untuk melihat status NPWP. Jika kamu sudah tidak bekerja dan sudah lama tidak lapor lalu status NPWP kamu NE atau Non-Efektif kamu tidak usah cemas lagi.

Karena jika Non-Efektif kamu tidak perlu melapor lagi berbeda jika status NPWP kamu aktif tetapi kamu sudah tidak bekerja. Sayangnya jika statusnya sudah NE untuk bisa mengaktifkan NPWP lagi supaya bisa digunakan cukup sulit karena wajib pajak harus benar-benar memenuhi syarat.

Itu saja yang bisa saya jelaskan tentang tutorial cara cek status NPWP apakah aktif atau Non-Efektif, semoga kamu yang awalnya bingung dan tidak tau menjadi tau. Akun Shopee kamu dibatasi? kamu bisa baca beberapa penyebab yang bisa menyebabkan akun Shopee dibatasi dan dinonaktifkan.