Cara Install Ekstensi Google Chrome

Cara Install Ekstensi Google Chrome

HiPoin.com – Ekstensi bisa kamu tambahkan di browser yang kamu gunakan untuk menambah fungsi yang tidak ada di browser yang kamu gunakan. Seperti yang akan saya bahas kali ini yaitu cara install ekstensi Google Chrome.

Kenapa harus Google Chrome? karena dari berapa browser yang ada di Windows Google Chrome lebih banyak digunakan. Sedangkan Mozilla Firefox sudah tidak mendominasi dan Opera jarang digunakan.

Istilah ekstensi di beberapa browser berbeda-beda. Sebagai contoh di Google Chrome dan Opera disebut dengan Extensions, sedangkan di Firefox disebut dengan Add-Ons. Ada banyak sekali ekstensi yang bisa kamu install dan gunakan.

Bisa dibilang ekstensi seperti aplikasi yang banyak dibuat dan digunakan oleh pengguna Windows. Menambah ekstensi ke Chrome hanya dilakukan oleh orang yang tau tentang ekstensi dan ekstensi apa yang mereka butuhkan.

Sebagai contoh, untuk memudahkan kamu melihat dokumen seperti .PDF lewat Google Chrome kamu perlu memasang ekstensi Google Dokumen. Baru bisa bahasa Inggris tetapi kamu tidak ingin salah menggunakan grammar? kamu bisa install Grammarly.

Tanpa panjang lebar langsung saja saya jelaskan bagaimana cara install dan memasang ekstensi atau extension di Google Chrome pada perangkat Windows. Dan ekstensi yang akan saya coba pasang yaitu ekstensi Grammarly.

Selain memasang ekstensi di Google Chrome saya juga sudah pernah membahas tentang cara menghapus atau mencopot ekstensi yang sudah terpasang di browser. Misalnya kamu belum tau cara menghapus extensions atau add-ons kamu bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas.

Cara Install Ekstensi Google Chrome

Langkah ke-1: Silakan kamu kunjungi Chrome Webstore untuk ekstensi terlebih dahulu lalu cari ekstensi yang ingin kamu pasang

Install Ekstensi Google Chrome

Langkah ke-2: Nantinya akan muncul beberapa ekstensi dan kamu pilih yang sesuai jangan sampai salah karena banyak ekstensi dengan namanya yang sama tetapi berbeda pengembang

Ekstensi di Chrome Webstore

Langkah ke-3: Untuk install atau memasang ekstensi silakan kamu tekan Tambahkan ke Chrome

Ekstensi Google Chrome

Langkah ke-4: Tunggu sebentar dan nanti akan muncul pop up konfirmasi, silakan kamu tekan Tambahkan ekstensi

Tambahkan Ekstensi

Langkah ke-5: Terakhir ekstensi akan terunduh dan terpasang secara otomatis. Jika berhasil nantinya akan ada pemberitahuan bahwa ekstensi telah ditambahkan ke Chrome

Ekstensi Berhasil Ditambahkan ke Google Chrome

Mungkin yang perlu kamu perhatikan nanti adalah beberapa persetujuan masing-masing ekstensi. Seperti pada saat install program Windows yang sudah saya jelaskan sebelumnya, beberapa program dan aplikasi memiliki persetujuan tersendiri.

Walaupun secara umum cara install ekstensi Google Chrome sama saja di masing-masing ekstensi. Silakan kamu baca seksama jika ada pop up muncul atau ada tab baru yang terbuka secara otomatis saat proses pemasangan ekstensi.

Itu saja yang bisa saya jelaskan tentang cara memasang ekstensi di Google Chrome, semoga bisa bermanfaat bagi kamu semua. Gagal install aplikasi Android padahal aplikasi lainnya berhasil? kamu bisa baca solusi mengatasi permasalahan tersebut.