Cara Menghapus Ekstensi di Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera Browser

Cara Menghapus Ekstensi di Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera Browser

HiPoin.com – Kelebihan menggunakan browser pada tampilan desktop yaitu dapat menggunakan fitur ekstensi atau extension. Tetapi kamu harus menghapus ekstensi jika ekstensi tersebut membuat browser yang kamu gunakan lambat saat digunakan.

Salah satu browser yang paling banyak digunakan dalam kebutuhan ekstensi yaitu Mozilla Firefox dan Google Chrome. Proses instalasi ekstensi di browser terbilang cukup mudah, tetapi kamu wajib mencopot instalasi atau menghapus extension jika instalasi tersebut tidak kamu gunakan.

Baik ekstensi Google Chrome ataupun extension Mozilla Firefox, terlalu banyak memasang ekstensi dapat membuat browser menjadi lambat dan lemot. Apalagi perangkat Komputer dan Laptop yang kamu gunakan memiliki spesifikasi yang pas-pasan, baru memasang beberapa ekstensi saja sudah sangat lambat saat pindah tab.

Kamu bisa menghapus ekstensi atau add-ons yang tidak berguna yang membuat browser yang kamu gunakan menjadi lambat. Saya tidak tau add-ons atau extension apa yang bisa membuat browser lambat, tetapi untuk ekstensi yang berguna dan wajib kamu install yaitu Internet Download Manager.

Dengan satu langkah kamu langsung bisa menghapus instalan ekstensi yang terinstall. Untuk tau bagaimana cara menghapus extension Google Chrome kamu bisa simak tutorial dibawah ini. Sedangkan untuk cara menghapus add-ons Mozilla Firefox dan ekstensi Opera caranya sama saja.

Berikut cara menghapus atau mencopot instalan ekstensi di Google Chrome. Dan bagi kamu yang belum tau cara melihat hasil download di Chrome kamu bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas. Pada artikel tersebut sudah saja jelaskan bagaimana cara melihat proses unduhan yang sudah selesai.

Cara Menghapus Ekstensi di Browser Chrome

Langkah ke-1: Kamu bisa akses lewat Fitur lainnya>Ekstensi atau langsung ke chrome://extensions/

Langkah Menghapus Ekstensi

Langkah ke-2: Selanjutnya kamu cari dan pilih ekstensi atau extension yang ingin dihapus lalu pilih Hapus

Pilih Ekstensi Yang Ingin Dihapus

Langkah ke-3: Langkah terakhir dalam menghapus extension, silakan kamu konfirmasi proses penghapusan

Hapus Ekstensi

Setelah kamu mengkonfirmasi penghapusan ekstensi maka extension dan add-ons yang sudah kamu pilih untuk dihapus akan terhapus dan hilang dengan sendirinya. Jika ekstensi tidak bisa dihapus kemungkinan besar ekstensi masih berjalan dan sedang kamu gunakan atau ada pengaturan yang belum kamu nonaktifkan.

Sangat mudah bukan menghapus ekstensi dari Google Chrome. Sedangkan ekstensi yang ada di Opera Browser dan Mozilla Firefox untuk menghapusnya proses yang dilakukan sama saja. Hanya saja cara untuk mengakses menu Ekstensi atau Extension yang berbeda.

Selain itu bagi kamu yang pemula banget dalam mengoperasikan perangkat Windows khususnya Komputer atau PC, kamu bisa baca artikel panduan cara menghidupkan dan mematikan Komputer yang benar. Bagi kamu yang pemula kamu wajib baca artikel tersebut.