Cara Melihat Kata Sandi Tersimpan di Akun Google

Cara Melihat Kata Sandi Tersimpan di Akun Google

HiPoin.com – Google menyediakan fitur penyimpanan data login seperti email dan kata sandi supaya pengguna dapat masuk ke akun mereka tanpa menginput email dan password lagi. Email dan kata sandi tersimpan tentu saja sebelumnya sudah kamu setujui.

Misalnya kamu tidak menyetujui proses penyimpanan data login maka data login tidak akan tersimpan. Hampir semua situs data login yang ada bisa disimpan di Pengelola Sandi Google, walaupun yang tidak bisa disimpan juga banyak.

Akan tetapi untuk data akun Facebook, Instagram, Tokopedia, dan beberapa layanan populer lainnya bisa kamu simpan di Pengelola Sandi. Sayangnya kamu tidak bisa menambahkan data login secara manual, untuk memunculkan simpan kata sandi kamu harus login ke akun terkait terlebih dahulu.

Password tersimpan yang ada di Google Password Manager bisa kamu lihat dengan mudah. Tentu saja untuk bisa melihatnya kamu harus melakukan verifikasi terlebih dahulu bahwa akun Google tersebut memang miliki kamu.

Lalu bagaimana cara melihat kata sandi tersimpan yang ada di Google Password Manager?. Untuk melihatnya tentu kamu harus mengakses halaman Google Password Manager terlebih dahulu. Tutorial lengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Sebagai tambahan saja, kamu bisa dengan mudah menghapus data yang sudah tersimpan seperti username atau alamat email dan kata sandi. Kamu bisa memilih password tersimpan dari layanan mana yang ingin kamu pertahankan dan yang tidak perlu bisa kamu hapus demi keamanan.

Tanpa panjang lebar lagi langsung saja saya jelaskan cara melihat email dan kata sandi yang tersimpan di akun Google. Namun sebelumnya jika kamu sering mengalami tidak bisa login ke akun Google kamu bisa baca artikel tentang solusi mengatasi gagal login ke akun Google.

Melihat Kata Sandi Tersimpan di Akun Google

Langkah ke-1: Silakan kamu kunjungi halaman Pengelola Sandi Google terlebih dahulu

Langkah ke-2: Setelah itu akan tampil data login yang tersimpan. Sebagai contoh saya akan menghapus data login Tokopedia yang tersimpan

Melihat Kata Sandi Tersimpan

Langkah ke-3: Lakukan verifikasi data diri supaya Google tau bahwa akun tersebut memang milik kamu

Verifikasi Data Diri

Langkah ke-4: Tekan Hapus untuk menghapus data tersebut dari Pengelola Sandi Google

Hapus Data Login

Langkah ke-5: Terakhir konfirmasi penghapusan sandi dengan menekan Hapus sekali lagi

Hapus Sandi Tersimpan

Itu dia cara mengakses dan melihat kata sandi tersimpan yang ada di akun Google. Kenapa milik saya hanya ada Tokopedia saja? karena sebelumnya sudah saya hapus semua. Saya tambahkan Tokopedia hanya sebagai contoh untuk kamu supaya kamu paham.

Adanya kata sandi tersimpan di Google Password Manager bisa menyebabkan orang yang menggunakan ponsel kita bisa masuk ke akun terkait dengan mudah walaupun tanpa tau alamat email dan password. Itu terjadi karena Pengelola Sandi akan otomatis muncul dan menawarkan login otomatis kepada pengguna.

Itu saja yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat bagi kamu yang belum tau. Ingin menghapus riwayat pencarian di Google Chrome? kamu bisa baca cara hapus history yang ada di Google Chrome for Mobile dan Google Chrome for Desktop.