4 Solusi Tidak Bisa Cek Pulsa Padahal Kode Dial Benar

4 Solusi Tidak Bisa Cek Pulsa Padahal Kode Dial Benar

HiPoin.com – Kamu pasti pernah mengalami kejadian tidak bisa cek pulsa padahal sinyal pada kartu SIM yang terpasang full atau penuh. Saya sendiri juga bingung kenapa sering terjadi hal seperti itu padahal jelas-jelas sinyal dan jaringan sedang dalam kondisi baik.

Ada beberapa pemberitahuan yang sering muncul jika kita gagal cek pulsa. Salah satunya bertuliskan “Masalah sambungan atau kode MMI tidak valid“. Terkadang setelah pemberitahuan tadi muncul, proses cek pulsa akan kembali normal.

Tetapi terkadang tetap tidak bisa walaupun sudah dicoba berulang kali. Selain saat cek pulsa, pada saat ingin menggunakan dial info paket pemberitahuan tersebut sudah sering muncul. Tetapi yang akan saya bahas kali ini pada saat cek pulsa tidak bisa.

Ada beberapa penyebab kenapa kita tidak bisa melakukan cek pulsa. Jika kamu tidak bisa cek pulsa pada kartu SIM yang sudah aktif, permasalahannya berada pada jaringan. Tetapi jika kamu gagal cek pulsa di kartu perdana baru, kemungkinan besar karena masalah registrasi kartu.

Kartu perdana apapun yang kamu gunakan mulai dari Telkomsel, Indosat Ooredoo, 3, Smartfren, AXIS, atau XL Axiata jika proses registrasi belum berhasil, proses cek pulsa tidak akan bisa. Walaupun sinyal dan jaringan sudah muncul, tetap saja cek pulsa tidak bisa dilakukan.

Untuk itu kali ini saya akan mengulas beberapa penyebab yang bisa menyebabkan dial cek pulsa tidak berfungsi. Gampangnya saya akan menjelaskan kepada kamu beberapa penyebab yang bisa menyebabkan tidak bisa cek pulsa menggunakan dial cek pulsa dari masing-masing operator.

Namun sebelum lanjut kamu bisa baca tentang ciri-ciri SMS penipuan yang mungkin sering kamu temui. Karena semakin hari semakin banyak SMS nyasar yang kemungkinan besar SMS tersebut adalah SMS penipuan yang sedang mencari korban.

Penyebab Tidak Bisa Cek Pulsa dan Gagal Terus Menerus

1. Kartu Belum Teregistrasi

Jika kamu baru saja membeli kartu perdana baru dan melakukan proses pendaftaran, pastikan bahwa proses pendaftaran nomor yang baru saja kamu beli telah berhasil. Ciri jika registrasi kartu berhasil yaitu dengan adanya SMS masuk dari 4444 dan dari layanan operator yang kamu gunakan.

Kemungkinan besar jika kamu melakukan cek pulsa pada nomor baru tapi gagal terus, nomor tersebut belum berhasil terdaftar dan kamu wajib registrasi ulang. Mungkin penyebab gagal registrasi karena Nomor KK salah atau NIK nya yang salah.

2. Kode Dial Salah

Kode Dial salah sudah pasti proses cek pulsa tidak bisa dilakukan. Oleh sebab itu kamu harus tau kode untuk cek pulsa di masing-masing operator. Untuk lebih jelasnya, berikut saya rangkum kode dial untuk cek pulsa semua operator di Indonesia.

Telkomsel *888#, XL Axiata *123#, Indosat Ooredoo *123# atau *363#, Axis *123#, 3 *111#, dan Smartfren *999#. Bisa kamu lihat bahwa kode USSD untuk cek pulsa operator XL, AXIS, dan Indosat Ooredoo sama, seharusnya kamu tidak akan salah dalam menginput kode dial USSD.

3. Sedang Ada Gangguan

Jika sedang ada gangguan dari pusat, tidak ada hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa melakukan cek pulsa. Sudah dipastikan kamu tidak bisa cek pulsa pada saat itu juga. Kamu harus menunggu sampai gangguan tadi hilang, setelah hilang kamu baru bisa melakukan cek pulsa.

4. Jangan Menggunakan Kode USSD Dari Tengah Malam Sampai Dini Hari

Saya tidak tau masalah ini terjadi di operator selain Tri/Three atau tidak. Karena setelah pukul 00:00 sampai pukul 05:00 kode dial atau kode USSD milik 3 tidak akan bisa digunakan, walaupun hanya sekedar cek pulsa. Jika kamu tidak percaya boleh dicoba.

Tidak ada penyebab yang pasti mengenai permasalahan ini, tetapi para pengguna setia kartu 3 sudah tau jika pada pukul tersebut kode dial untuk cek pulsa, cek info kuota, hingga beli paket tidak akan bisa di akses. Setelah waktunya tiba, dengan sendirinya kita bisa menggunakan kode dial dan USSD lagi.

Itu dia beberapa penyebab yang kemungkinan besar menyebabkan kamu tidak bisa cek pulsa. Karena saya pengguna 3, penyebab terakhir penyebab yang paling sering saya alami jika saya sedang menikmati paket KenDo dari 3.

Sedikit wawasan bagi kamu selain mengatasi tidak bisa cek pulsa. Setelah waktu paket malam tiba tetapi kuota malam tidak bisa digunakan, kamu bisa mencoba reboot atau restart perangkat yang kamu gunakan. Paket malam tidak otomatis aktif sering terjadi di operator XL dan Smartfren.