4 Solusi Tidak Bisa Login Akun Google

4 Solusi Tidak Bisa Login Akun Google

HiPoin.com – Pernah tidak kamu mengalami tidak bisa login akun Google yang kamu miliki? saya yakin kamu pernah mengalaminya. Ada banyak faktor dan penyebab yang bisa menyebabkan proses masuk ke akun Google sedikit terganggu.

Perlu di ingat, tidak bisa masuk ke akun Google sama saja tidak bisa login ke Gmail. Karena Gmail salah satu produk dari Google. Ada beberapa pemberitahuan yang mungkin akan kamu temui saat tidak bisa masuk ke akun Google.

Seperti “Terjadi masalah saat berkomunikasi dengan server Google“, “Perangkat ini disetel ulang. Untuk melanjutkan, masuk dengan Akun Google yang sebelumnya disinkronkan pada parangkat ini“, dan “Tidak dapat menemukan Akun Google Anda

Dari pemberitahuan yang muncul seharusnya kamu sudah tau apa yang menyebabkan kamu tidak dapat login ke akun Google yang kamu miliki. Selama alamat email dan password akun Google benar, masalah yang muncul dapat kamu atasi.

Kecuali kamu tidak bisa mendapatkan kode verifikasi 2 langkah. Tidak bisa login akun Google karena masalah ini cukup serius. Karena walaupun kamu sudah berhasil login kamu belum benar-benar login sebelum menginput kode verifikasi 2FA.

Saya tidak akan membahas lebih lanjut mengenai cara login akun Google tanpa kode verifikasi. Yang akan saya bahas kali ini solusi gagal login akun Google karena masalah server, efek hard reset, serta karena akun Google tidak ditemukan.

Solusi Tidak Bisa Login Akun Google

1. Pastikan Akun Google Bisa Dibuka

Maksudnya sebelum berpersepsi bahwa kamu gagal login akun Google, kamu harus memastikan bahwa akun Google yang akan kamu login benar-benar akun Google yang ada. Mudahnya ini mengatasi masalah akun Google yang tidak ditemukan.

Pastikan alamat email sudah benar dan jangan sampai keliru atau salah. Selain itu kata sandi harus benar dan jangan sampai salah. Dan yang terpenting kamu yakin bahwa akun Google kamu masih aktif dan tidak dinonaktifkan oleh pihak Google.

2. Pastikan Perangkat Kamu Sedang Tidak Dibatasi

Terlalu sering login dan logout akun Google di Android bisa membuat perangkat kamu di batasi sementara untuk mengakses server Google. Selain itu membuat akun Google secara massal juga bisa membuat perangkat kamu dibatasi mengakses server Google.

Nah kemungkinan besar jika kamu tidak bisa login akun Google lalu muncul pemberitahuan “Terjadi masalah saat berkomunikasi dengan server Google” bisa saja karena kamu melakukan salah satu dari dua hal yang sudah saya sebutkan tadi.

3. Sebelum Kembali ke Setelan Pabrik, Pastikan Kamu Bisa Login ke Akun Google Utama

Akun Google utama adalah akun Google yang kamu tambahkan pertama kali ke perangkat Android yang kamu miliki. Tidak bisa login ke akun Google setelah kembali ke setelan pabrik biasanya karena kamu membeli HP Android bekas atau second.

Kamu tidak meminta penjual melakukan hard reset supaya saat dimintai akun Google utama penjual bisa menginput akun Google milik mereka. Ini adalah sistem keamanan perangkat Android supaya perangkat tidak bisa digunakan oleh orang lain.

4. Lakukan Flashing

Cara terakhir berkaitan dengan solusi sebelumnya. Misalnya akun Google kamu nyangkut atau akun Google orang lain yang nyangkut dan menyebabkan kamu tidak bisa login akun Google, kamu bisa melakukan flashing ulang.

Bagi orang awam melakukan flashing bukan hal yang mudah. Oleh karena itu disarankan kamu melakukannya di tempat service yang kamu percaya. Selain harganya bisa lebih murah hal ini mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Jadi itu dia beberapa solusi untuk mengatasi tidak bisa login akun Google. Solusi yang sudah saya jelaskan tadi secara umum bisa digunakan di perangkat Android apa saja mulai dari Xiaomi, Samsung, Oppo, sampai Realme, dan Infinix.

Sebagai tambahan, membeli perangkat Android second memang disarankan perangkat untuk di hard reset terlebih dahulu. Selain bertujuan supaya perangkat nampak seperti perangkat baru, ini mencegah adanya akun Google tertaut yang bisa menyebabkan perangkat terkunci di kemudian hari.

Itu saya yang bisa saya jelaskan tentang solusi tidak bisa login akun Google dan Gmail, semoga bermanfaat bagi kau semua. Tidak tau cara cek kapasitas Flashdisk lewat Komputer? jika kamu belum tau kamu bisa baca artikel tentang cara cek kapasitas tersedia Flashdisk.