Cara Menambah Watermark di YouTube Secara Otomatis dan Manual

Cara Menambah Watermark di YouTube Secara Otomatis dan Manual

HiPoin.com – Penggunaan watermark di YouTube kini bisa kita temui di semua video yang di upload oleh pemilik channel. Watermark bukan hanya sekedar penanda bahwa video tersebut milik kita, namun juga untuk mencegah pencurian konten video yang di akui oleh channel lain.

Sekitar 5 tahun yang lalu, masih jarang penggunaan watermark pada video YouTube. Karena memang jika salah penempatan serta desain wm atau watermark tidak tepat maka akan membuat penonton tidak nyaman untuk menonton video. Saya sendiri juga menyarankan untuk menggunakan watermark jika kamu seorang Youtuber.

Jika kamu tetap tidak ingin menggunakan watermark seperti konten vlog karena di video tersebut sudah ada wajah kamu, minimal gunakan watermark otomatis atau branding. Branding sangat cocok untuk meningkatkan subscriber serta menjadi watermark melayang yang tidak menempel di video.

Berbeda dengan penggunaan watermark di video YouTube yang dibuat secara manual saat proses pengeditan video. Jika konten kamu video game, saran saya tetap menggunakan watermark karena rata-rata face cam seorang Youtuber gaming sangat kecil dan ini masih bisa diambil oleh orang lain dengan cara di crop.

Atau jika kamu memiliki channel review produk atau barang apapun itu, penggunaan watermark di Youtube pada video kamu sangat saya sarankan bahkan wajib digunakan. Karena konten-konten review masih sering diambil oleh reviewer yang tidak mau membeli produk yang ingin diulas.

Maka dari itu kali ini saya akan sedikit menjelaskan bagaimana cara membuat watermark otomatis dan watermark manual untuk video YouTube. Watermark manual bisa kita tambahkan saat proses editing video dan yang otomatis bisa kita tambahkan pada menu branding di pengaturan channel YouTube.

Cara Membuat Watermark di YouTube Pada Video Secara Otomatis

Langkah ke-1: Kamu buka halaman YouTube Studio lewat browser lalu pilih Setelan

Langkah Menambah Watermark di YouTube Secara Otomatis

Langkah ke-2: Pada menu Setelan pilih Channel dan klik pada Branding

Menu Branding YouTube

Langkah ke-3: Terakhir silakan kamu tambahkan atau ganti watermark branding sesuai yang kamu inginkan. Sebagai contoh yang paling sering digunakan ialah “Subscribe Gratis” dan “Subscribe Now“. Dan untuk waktu tampil pilih Keseluruhan video, jika sudah klik Simpan,

Menambahkan Watermark Otomatis di YouTube

Jika kita gunakan Branding sebagai watermark di YouTube maka jika video kita di download oleh orang maka tidak ikut terdownload, karena hanya akan tampilan di YouTube saat memutar nya lewat YouTube. Berbeda jika kita menambahkan secara manual saat proses editing video.

Cara Menambahkan Watermark di Video Secara Manual

Langkah ke-1: Untuk menambahkan watermark secara manual, saya akan mencontohkan nya dengan menggunakan aplikasi Kinemaster di Android

Langkah ke-2: Jika sudah masuk di aplikasi Kinemaster, kamu langsung tambahkan saja video yang ingin ditempel watermark. Jika sudah, tambahkan watermark dengan cara klik Lapisan

Menambah Watermark Secara Manual

Langkah ke-3: Berikutnya untuk menambahkan watermark di YouTube dengan aplikasi Kinemaster, pilih Media

Pilih Media Untuk Menambahkan Watermark di Kinemaster

Langkah ke-4: Saran untuk watermark yang bagus ialah transparan dengan format .png, bukan gambar persegi dengan format .jpg. Karena yang transparan akan lebih bagus

Langkah ke-5: Jika sudah ditambahkan, silakan kamu atur posisi nya ingin diletakkan di pojok kanan, kiri, atas, atau bawah. Selain itu untuk Alfa/Opasitas atau Opacity nya harus dibawah 50%, maka lebih baik kamu tentukan sendiri. Dan yang paling penting watermark muncul dari awal sampai akhir video, jangan sampai ada beberapa kesempatan tiba-tiba hilang dan muncul di posisi yang berbeda

Atur Watermark Secara Benar

Langkah ke-6: Jika sudah pas dan cocok serta editing lainnya juga sudah selesai, silakan kamu rendering saja atau bisa di preview terlebih dahulu

Watermark Berhasil Ditambahkan

Sangat mudah bukan untuk menambah watermark ini. Saran saya kamu tetap harus menambah watermark di YouTube pada video yang ingin kamu unggah atau upload. Selain mencegah video di akui oleh orang lain, jika penggunaan desain watermark bagus dan pengaturan nya tepat akan membuat penampilan video kita semakin keren.

Untuk yang otomatis atau branding, lebih baik memang menggunakan desain gambar seperti “Subscribe“, “Subscribe Gratis“, atau Subscribe Now“. Karena fungsi utama dari branding supaya penonton dipermudah untuk berlangganan di channel YouTube yang kita kelola.

Cukup sekian pembahasan kali ini tentang cara menambahkan watermark di YouTube secara otomatis dan manual. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang baru awal menjadi seorang Youtuber. Jika kamu juga ingin menjadi Dropshipper di Shopee, kamu perlu membaca cara menambah pengikut Shopee dengan mudah dan aman.