4 Tips Mempercepat Rendering Video Supaya Tidak Terlalu Lama

4 Tips Mempercepat Rendering Video Supaya Tidak Terlalu Lama

HiPoin.comRendering adalah proses terakhir dalam video editing. Proses ini terbilang cukup lama karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Mempercepat rendering video bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dari segi spesifikasi perangkat yang digunakan.

Proses render atau rendering menggabungkan semua efek dan ubahan yang telah kamu edit sebelumnya. Semakin banyak efek yang ditambahkan maka proses rendering akan semakin lama karena banyaknya efek-efek yang perlu ditambahkan ke dalam video.

Selain faktor hardware dan efek, panjang dan kualitas video juga mempengaruhi proses rendering. Oleh karena itu saat proses export pilihlah kualitas video yang paling sesuai. Selain harus bagus, size video yang nantinya dihasilkan harus kecil.

Rendering video lama memang sangat wajar terjadi. Sebenarnya kamu hanya perlu menunggu saja karena saat proses render tidak ada hal yang perlu kamu lakukan selain menunggu. Tetapi ada kalanya kita merasa bosan dan ingin lebih cepat.

Mempercepat rendering video bisa saja, tetapi kamu perlu tau apa saja yang bisa mempercepat proses rendering. Karena kemungkinan besar banyak yang belum tau, maka kali ini saya akan menjelaskan beberapa hal yang bisa mempercepat dan mempersingkat proses rendering.

Ada beberapa faktor yang bisa kamu manfaatkan supaya proses rendering bisa lebih cepat lagi. Supaya lebih jelas langsung saja saya jelaskan solusi render video lama dengan cara mempercepat proses rendering video. Semoga dengan adanya artikel ini waktu kamu bisa lebih bermanfaat lagi.

Sebelum lanjut kamu bisa baca cara hapus video yang sudah di unggah ke TikTok. Tidak perlu khawatir, video yang sudah di unggah ke TikTok bisa kamu hapus dengan mudah. Selain bisa dihapus, kamu juga bisa menyembunyikannya dengan mengubah privasi video.

Cara Mempercepat Rendering Video

1. Gunakan Perangkat Yang Mumpuni

Apapun aplikasi editing yang kamu gunakan mau Adobe Premiere Pro, Adobe After Effects, VEGAS Pro, Kinemaster, atau VivaVideo spesifikasi perangkat yang paling utama. Semakin tinggi spesifikasi perangkat yang kamu gunakan proses rendering video akan semakin cepat.

Tidak perduli berapa banyak efek yang ditambahkan atau durasi video yang panjang, pada perangkat dengan spesifikasi tinggi itu bukanlah masalah besar. Oleh karena itu tips mempercepat rendering video yang pertama yaitu dengan menggunakan perangkat dengan spesifikasi yang tinggi.

2. Sesuaikan Durasi Video Yang Ingin di Edit

Penyebab rendering video lama salah satunya karena durasi video terlalu panjang dan tidak sebanding dengan perangkat yang digunakan. Mudahnya kamu bisa sesuaikan durasi video yang ingin kamu edit dengan perangkat yang kamu gunakan.

Misalnya perangkat Laptop atau Komputer yang kamu miliki pas-pasan, jangan mengedit video dengan durasi yang panjang. Proses export tetap bisa berlangsung, tetapi ini bisa menyebabkan kegagalan pada saat rendering dan resiko perangkat akan rusak semakin besar karena tidak kuat.

3. Jangan Terlalu Banyak Editan

Ini adalah kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh banyak orang. Mereka tidak sadar menambahkan efek terlalu banyak pada saat proses editing yang mengakibatkan proses rendering semakin berat. Semakin banyak efek yang di render maka proses rendering akan semakin lama.

Kamu bisa menggunakan efek tertentu saja supaya proses rendering tidak terlalu berat. Mempercepat rendering video dengan cara ini memang tidak bisa diterapkan di beberapa video. Karena ada beberapa proses editing yang memang mewajibkan penggunaan efek yang cukup banyak.

4. Kualitas Video Sesuai Kebutuhan

Solusi render video lama yang terakhir yaitu pilihlah kualitas video sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh perangkat kamu dianjurkan untuk merender video dengan kualitas 720p. Walaupun bisa digunakan untuk merender 1080p tetapi hal tersebut tidak disarankan.

Selain proses rendering pasti akan lebih lama gagal render saat di tengah jalan juga bisa terjadi. Karena saat merender efek tertentu perangkat tidak bisa melakukannya dan proses rendering seketika gagal walaupun sudah mencapai 99%.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mempercepat rendering video. Tips yang sudah saya jelaskan tidak selalu benar-benar mempercepat proses rendering. Karena banyak sekali faktor yang bisa mempengaruhi hal tersebut.

Mempercepat rendering video bisa kamu gunakan dan kamu terapkan saat kamu mengedit video sederhana. Karena tidak perlu kualitas video yang tinggi serta penggunaan efek juga sedikit. Sangat cocok untuk latihan supaya tidak terlalu lama menunggu.

Mungkin itu saya yang bisa saya jelaskan tentang tips dan cara mempercepat rendering video, semoga kamu para video editor dan content creator terbantu dengan adanya artikel ini. Karena rendering yang lama sangat membosankan bagi kebanyakan orang.