Cara Merubah Setelan Penelusuran Google Chrome

Cara Merubah Setelan Penelusuran Google Chrome

HiPoin.com – Beda aplikasi browser pasti beda juga default mesin penelusuran yang digunakan. Pada aplikasi Google Chrome untuk PC, iOS, dan Android sudah dipastikan menggunakan mesin pencarian Google sebagai default mesin pencariannya.

Tetapi tidak di aplikasi browser selain Google Chrome. Sebagai contoh aplikasi Microsoft Edge menggunakan Bing sebagai default mesin pencarian. Ada juga yang menggunakan Yahoo Search dan Ask.com sebagai mesin pencarian default di beberapa aplikasi browser populer lainnya.

Jika pengguna tidak suka, pengguna dapat mengubah setelan penelusuran default dengan Search Engine favorit mereka. Namun rata-rata pengguna lebih memilih Google sebagai mesin pencarian favorit mereka, karena dari banyaknya Search Engine Google lah yang paling lengkap.

Misalnya kamu pengguna Google Chrome dan kamu bosan dengan default mesin pencarian yang sekarang yaitu Google, kamu bisa mengganti setelan penelusuran dengan mudah lewat Pengaturan. Kamu bisa mencoba Yahoo Search salah satu mesin penelusuran yang populer sebelum Google Search.

Kamu juga bisa menggunakan Bing atau Ask. com. Jika kamu penasaran bagaimana cara merubah default penelusuran di Google Chrome supaya tidak Google, kamu bisa mengikuti tutorial dibawah. Karena kali ini saya akan membahas mengenai cara merubah mesin penelusuran default di aplikasi Chrome.

Namun sebelum lanjut kamu bisa baca cara melihat hasil download di Google Chrome. Cara ini bisa kamu lakukan supaya mencari file yang baru saja kamu unduh dari internet menjadi lebih cepat. Karena jika kita cari secara manual lewat File Explorer akan memakan waktu yang cukup lama.

Cara Mengganti Default Setelan Penelusuran di Google Chrome

Langkah ke-1: Untuk mengubah setelan default penelusuran di Google Chrome, langkah pertama silakan kamu buka menu Setelan

Cara Ubah Setelan Penelusuran Google Chrome

Langkah ke-2: Nantinya akan terbuka tab baru untuk halaman Setelan, selanjutnya kamu pilih Mesin telusur

Pengaturan Google Chrome

Langkah ke-3: Kemudian klik pada kolom URL

Mengatur Mesin Penelusuran di Google Chrome

Langkah ke-4: Langkah terakhir silakan kamu pilih mesin pencarian yang ingin kamu gunakan. Ada 4 mesin pencarian yang tersedia selain Google yaitu Yahoo!, Bing, DuckDuckGo, dan Yandex. Tanpa kamu save, pengaturan tersebut akan langsung tersimpan

Mesin Penelusuran Yang Tersedia di Chrome

Setelah kamu tau cara merubah setelan penelusuran di Google Chrome, kini kamu bisa merubah mesin pencarian default sesuka hati jika kamu sedang bosan dengan mesin pencarian yang saat ini. Secara Global Google adalah mesin pencarian paling populer yang paling banyak digunakan.

Tetapi di beberapa wilayah Bing, Yahoo Search, Yandex, dan Baidu adalah mesin pencarian yang paling banyak digunakan di wilayah tersebut. Entah kenapa tidak menggunakan Google, padahal menurut saya Google adalah yang terbaik karena lebih lengkap index artikelnya.