Pengertian, Kekurangan, dan Kelebihan Perangkat Tablet atau Tab

Pengertian, Kekurangan, dan Kelebihan Perangkat Tablet atau Tab

HiPoin.com – Tab atau Tablet menjadi salah satu perangkat yang jarang digunakan tidak seperti ponsel dan perangkat desktop. Padahal cukup banyak kelebihan perangkat Tablet ini salah satunya ukuran layar yang cukup besar hampir seperti layar Notebook dan Netbook.

Memang tidak sepraktis ponsel genggam seperti smartphone, akan tetapi Tablet atau Tab bisa kamu gunakan sebagai perangkat pendamping yang bisa kamu manfaatkan untuk beberapa pekerjaan ringan. Atau bisa kamu manfaatkan untuk hiburan seperti menonton film.

Sebenarnya apa itu Tablet? Tab atau Tablet adalah sebuah komputer portable dengan seluruh bagian layarnya dapat disentuh dengan tangan atau menggunakan pena khusus. Dari pada disebut dengan komputer portable, perangkat Tablet mirip dengan smartphone pada umumnya hanya saja layarnya lebih lebar dan luas.

Selain pengertian perangkat Tablet, saya juga akan membahas kelebihan dan kekurangan Tab yang perlu kamu ketahui. Untuk kelebihannya sangat banyak sekali, karena selain layarnya yang lebar kapasitas baterai perangkat Tablet pasti lebih besar.

Jika kapasitas baterai lebih besar maka dapat bertahan lebih lama saat digunakan. Selain kelebihan, kekurangan perangkat Tablet perlu kamu ketahui juga. Untuk kekurangannya sebenarnya relatif karena kekurangan perangkat Tab yang paling umum yaitu pada ukurannya.

Supaya lebih jelas langsung saja saya bahas apa itu kelebihan dan kekurangan sebuah Tablet. Ingin mata tetap aman saat menatap layar ponsel? bagi kamu pengguna Xiaomi kamu bisa mengaktifkan mode baca di Xiaomi supaya warna layar menjadi kuning dan lebih redup.

Kelebihan Perangkat Tablet

1. Baterai Awet

Karena ukuran layar Tablet cukup luas maka baterai yang digunakan kapasitasnya bisa dibilang cukup besar. Memang kapasitas baterai yang besar sebanding dengan ukuran layar, jadi apakah daya tahan baterainya sama atau bisa lebih awet?

Bisa dibilang cukup awet untuk penggunaan biasa dan tidak untuk bermain game. Walaupun layar yang lebar dan besar penggunaan baterai untuk layar tidaklah banyak berbeda dengan prosesor yang bisa menguras baterai khususnya saat bekerja dengan keras.

2. Fitur Khusus Tablet

Walaupun sama-sama menggunakan OS yang sama dengan smartphone seperti Android dan iOS, tetap saja sistem operasi di Tablet atau Tab dibuat khusus demi kenyamanan pengguna. Salah satu fitur yang wajib ada di perangkat Tab adalah menu navigasi tambahan.

Fitur khusus yang ada di Tab tidak akan kamu temui di smartphone walaupun menggunakan OS yang sama dari vendor yang sama juga. Seperti Apple yang membuat OS khusus untuk Tablet mereka yaitu iPadOS untuk perangkat Tablet dan iOS untuk perangkat mobile mereka.

3. Bisa Menggunakan Pena

Ini salah satu kelebihan perangkat Tablet yang banyak disukai oleh seseorang yang pandai dalam menggambar. Dengan menggunakan pena proses menggambar digital akan menjadi lebih mudah lagi. Sayangnya tidak semua Tablet mendukung pena dari awalnya jadi walaupun bisa menggunakan pena kinerjanya kurang bagus.

4. Layar Lebar dan Luas

Kenapa layar lebar saya anggap kelebihan Tablet yang terakhir? karena ukuran dari Tablet ini relatif, ada yang menganggap kelebihan dan ada yang menganggap kekurangan. Jadi bisa kamu sesuaikan saja, jika ingin yang layar kecil supaya mudah dibawa lebih baik menggunakan smartphone.

Kekurangan Perangkat Tablet

1. Tidak Cocok Untuk Perangkat Utama

Benar sekali, kekurangan perangkat Tablet yang satu ini memang tidak bisa dipungkiri. Salah satu penyebabnya karena ukuran layarnya yang lebar dan luas. Sebagai contoh, Tablet akan sulit dibawa ke mana-mana dan mengharuskan disimpan di tas yang cukup besar.

Selain itu saat digunakan untuk berbagai kegiatan juga akan sulit. Seperti menelpon dan menggunakan fitur kamera untuk memotret dan merekam video. Jadi memang Tablet tidak diperuntukan sebagai daily driver layaknya sebuah smartphone.

2. Ukuran Layar

Seperti yang sudah saja katakan tadi, ukuran layar relatif bisa menjadi kelebihan dan bisa menjadi kekurangan. Sebenarnya ukuran layar yang luas bisa memudahkan kamu saat membaca atau menonton. Tetapi ini menyulitkan saat dibawa dan disimpan.

Memang sebuah produk di jual untuk konsumen yang berbeda. Seperti halnya ponsel, Tablet, dan perangkat desktop. Untungnya kini Tablet dengan spesifikasi yang bagus hampir mirip dengan perangkat desktop, jadi bisa kamu gunakan untuk bekerja layaknya Laptop dan Komputer.

Karena jika tidak bisa digunakan layaknya perangkat desktop, kelebihan Tablet dengan layar yang lebar akan sia-sia. Cukup sekian penjelasan dari saya mengenai pengertian perangkat Tablet atau Tab serta kelebihan perangkat Tablet dan kekurangannya.

Tidak tau bedanya iPhone dan iPad? kamu bisa baca artikel tentang apa itu iPad dan apa itu iPhone. Setelah kamu tau pengertian iPad dan iPhone maka kamu akan sadar bahwa pengertian perangkat Tablet yang sudah saya bahas ada hubungannya.