Menghapus Data Google Play Bahaya Atau Tidak? Ini Dia Penjelasannya

Menghapus Data Google Play Bahaya Atau Tidak? Ini Dia Penjelasannya

HiPoin.com – Data dari aplikasi Google Play Store dan Google Play Services terbilang cukup besar untuk sebuah aplikasi yang jarang kita gunakan. Maka dari itu di HP saya yang satunya, saya sering menghapus data Google Play Store dan Play Services jika memang dibutuhkan.

Saya sendiri tidak ragu untuk menghapus data dari aplikasi tersebut, karena untuk sebuah aplikasi yang sangat jarang saya gunakan datanya lumayan besar dan cukup untuk menginstal aplikasi baru. Untuk kedua aplikasi tersebut data yang biasa dimiliki lebih dari 50 MB, semakin baru dan bagus versi Smartphone nya maka akan semakin besar juga.

Saya yakin yang menjadi pertanyaan sebagian orang yaitu apakah bagus dan apa ada efek menghapus data Google Play Services dan Play Store? Karena memang kedua aplikasi tersebut termasuk aplikasi bawaan atau Bloatware. Saya rasa untuk efek nya tidak ada, jadi aman-aman saja.

Tidak akan terjadi apa-apa dan aplikasi Play Store serta Google Play Services tetap bisa bekerja secara normal. Namun memang untuk pengaturan-pengaturan yang sudah kamu atur di Play Store mungkin akan kembali seperti semula, misalnya pengaturan update aplikasi secara otomatis.

Supaya lebih jelas, saya akan jelasnya lebih jelasnya efek dan kelebihan menghapus data layanan Google Play Services dan Play Store. Jadi kamu bisa tau jika menghapus data aplikasi seperti itu tidak berbahaya dan tidak menimbulkan error seperti sistem tidak menanggapi.

Efek Menghapus Data Google Play

Jika kita menghapus data aplikasi Play Store, maka hanya pengaturan saja yang akan hilang seperti semula. Selain itu biasanya versi aplikasi Play Store akan kembali ke semula seperti awal ponsel di aktifkan. Bagi saya ini bukanlah permasalahan yang berarti.

Kamu bisa mengatur ulang Pengaturan lewat Play Store>Setelan, seperti pengaturan Umum dan Kontrol pengguna dapat kamu atur sesuai yang kamu inginkan. Tenang saja, jika kamu menghapus data aplikasi Play Store data di akun Google tidak akan ikut terhapus, ini hanya menghapus data aplikasi saja.

Sedangkan jika layanan Google Play Services juga memakan banyak memori telepon kamu, kamu juga bisa menghapus data aplikasi Google Play Services. Efek menghapus data Google Play Services tidak ada sama sekali, hanya saja jika kamu ingin memainkan game dan login dengan Google Play Game maka akan sedikit lama karena harus menghubungkan ulang.

Kelebihan Hapus Data Aplikasi Google Play Store dan Play Services

Jika kita menghapus data aplikasi tidak ada dampak yang serius, namun ternyata memiliki kelebihan yaitu bisa langsung menambah sisa memori internal yang tersedia cukup banyak. Jadi salah satu alasan saya menghapus data kedua aplikasi diatas karena ingin mendapatkan sisa penyimpanan di keadaan yang mendesak.

Maka sangat saya sarankan jika memori telepon kamu penuh, cobalah untuk menghapus data Google Play baik Play Store atau Google Play Services. Ini dijamin aman dan tidak akan terjadi apa-apa. Selain itu kemungkinan cache di aplikasi tersebut juga banyak jadi akan ikut terhapus.

Setelah membaca artikel ini, seharusnya kamu tidak takut lagi untuk menghapus data Google Play di ponsel Android yang kamu gunakan. Jika memang ruang penyimpanan di ponsel kamu sangat lega, menghapus data aplikasi ini atau aplikasi lainnya tidak perlu dilakukan.

Tetapi jika memori di ponsel kamu sangat pas-pasan misalnya 32 GB, itu termasuk sedikit. Rata-rata sisa memori dengan kapasitas 32 GB ialah 10 GB setelah kita menginstal beberapa aplikasi yang kita butuhkan. Apalagi jika aplikasi yang kamu install memiliki size yang besar dan sering digunakan, maka data aplikasi tersebut akan bertambah lagi.

Oleh sebab itu kamu lebih baik menghapus data Google Play dari pada menghapus data aplikasi yang lainnya, karena aplikasi tersebut jarang kita gunakan. Karena seperti aplikasi WhatsApp dan UC browser, kedua aplikasi tersebut bisa memiliki data aplikasi lebih dari 1 GB, entah dari mana asalnya.

Selain menghapus data Google Play seperti Play Store dan Play Services, kamu juga bisa menghapus data aplikasi Maps dan Google Drive. Kedua aplikasi tersebut bisa kamu hapus datanya jika jarang digunakan. Dan sekali lagi, tidak ada efek yang berarti.