4 Solusi Adobe Premiere Pro Lemot dan Lag Saat Digunakan

4 Solusi Adobe Premiere Pro Lemot dan Lag Saat Digunakan

HiPoin.com – Adobe Premiere Pro lemot dan lag sering dijumpai saat kamu menginstall program tersebut di perangkat yang memiliki spesifikasi rendah. Hal tersebut disebabkan karena Adobe Premiere Pro termasuk software berat dengan fitur yang sangat banyak.

Walau berat saat digunakan banyak pengguna tidak ada pilihan lain karena memang membutuhkan aplikasi tersebut. Sebenarnya ada aplikasi editing video lainnya selain Adobe Premiere Pro, akan tetapi fitur yang disediakan tidak cukup dan kurang memadai.

Tidak sendirian, selain Adobe Premiere Pro banyak orang juga menginstall aplikasi yang menjadi pesaingnya yaitu Sony Vegas Pro. Keduanya sangat berbeda tetapi dari beberapa aplikasi editing video lainnya keduanya terbaik di kelasnya.

Masalah Adobe Premiere Pro lag tidak menyulitkan jika aplikasi masih bisa digunakan, kamu hanya perlu sabar saja. Untuk meminimalisir supaya tidak lag dan lambat sebenarnya ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan kamu lakukan.

Apa saja yang perlu diperhatikan? supaya kamu tau kamu bisa baca artikel kali ini tentang solusi Adobe Premiere Pro lambat dan cara memaksimalkan Adobe Premiere Pro. Jika perangkat Laptop dan Komputer kamu memiliki spesifikasi tinggi, kamu bisa abaikan artikel ini.

Sebelum lanjut kamu bisa baca cara menambah efek blur di video menggunakan Kinemaster. Walaupun tidak serapih menggunakan Adobe Premiere Pro atau Sony Vegas Pro akan tetapi efek blur yang ada di aplikasi Kinemaster cukup membantu untuk menyensor bagian video yang tidak ingin ditampilkan.

Mengatasi Adobe Premiere Pro Lemot dan Berat Saat Digunakan

1. Gunakan Versi Yang Sesuai

Seperti yang kamu ketahui ada 2 tipe Adobe Premiere Pro yang bisa kamu install, yaitu Adobe Premiere Pro CS dan Adobe Premiere Pro CC. CS dan CC juga memiliki versi tersendiri dan bisa kamu sesuaikan sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi perangkat.

Adobe Premiere Pro CC jelas lebih berat dari pada Adobe Premiere Pro CS. Selain itu Adobe Premiere Pro CS2 tentu lebih ringan dari pada Adobe Premiere Pro CS3 dan Adobe Premiere Pro CS6 jelas lebih berat dari pada Adobe Premiere Pro CS5.

2. Jangan Menjalankan Program Lain

Supaya Adobe Premiere Pro lag tidak kamu temui kamu bisa mengakalinya dengan meminimalisir penggunaan CPU dam RAM dengan cara jangan menggunakan aplikasi atau program lainnya. Cara ini dilakukan supaya CPU dan RAM bekerja untuk menjalankan Adobe Premiere Pro saja.

Banyak kasus pengguna menjalankan program lain sambil menggunakan Adobe Premiere Pro. Lag akan muncul karena CPU bekerja secara ekstra dan RAM menjadi penuh. Oleh karena itu jangan buka program lain jika spesifikasi perangkat kamu kentang.

3. Kompres File Video

Selain mengurangi ukuran file video setelah di edit kamu juga bisa melakukan compress file video sebelum di edit supaya tidak terlalu berat saat di buka di Adobe Premiere Pro. Asal kamu menggunakan aplikasi yang bagus dengan pengaturan yang benar kualitas video tidak akan turun walaupun ukurannya berkurang.

Sayangnya tidak banyak orang yang mau meluangkan waktu untuk mengkompres video terlebih dahulu. Padahal dengan menurunkan ukuran file yang di edit bisa sedikit mengurangi masalah Adobe Premiere Pro lambat dan lag saat digunakan.

4. Gunakan Efek dan Filter Sesuai Dengan Kebutuhan

Intinya saat melakukan proses editing video kamu hanya perlu menggunakan fitur dan efek yang benar-benar kamu butuhkan dalam proses editing. Semakin banyak efek, filter, dan proses editing maka akan memberatkan aplikasi Adobe Premiere Pro.

Selain berat saat dioperasikan, proses export atau rendering juga akan semakin lama. Proses rendering rentang gagal atau tidak berhasil jika Adobe Premiere Pro terlalu berat dan tidak dapat merespon. Saran saya jangan terlalu banyak melakukan proses editing.

Selain penjelasan diatas yang sudah saya jelaskan, ada beberapa faktor lain yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi Adobe Premiere Pro lemot atau lag. Faktor tersebut tergantung dari spesifikasi, faktor, dan kondisi yang berhubungan dengan proses editing video.

Selain untuk mengatasi Adobe Premiere Pro lemot, penjelasan saya diatas juga bisa kamu manfaatkan untuk memaksimalkan Adobe Premiere Pro. Jadi walaupun spesifikasi perangkat kamu tinggi, jangan menjalankan program yang tidak kamu butuhkan.

Itu saja penjelasan kali ini tentang Adobe Premiere Pro lag dan lambat, semoga kamu yang mengalami masalah seperti serupa bisa cepat teratasi. Ingin mirror foto dan gambar? kamu bisa baca artikel cara membalikkan objek secara online dengan mudah.