4 Solusi Mengatasi True Tone iPhone Tidak Berfungsi

4 Solusi Mengatasi True Tone iPhone Tidak Berfungsi

HiPoin.com – Salah satu masalah yang membuat pengguna iPhone ketakutan yaitu tentang True Tone iPhone tidak berfungsi. Sama seperti Face ID, jika True Tone di iPhone tidak bisa dinyalakan bisa dinyatakan iPhone yang kamu miliki sudah rusak.

True Tone adalah salah satu fitur penting yang ada di perangkat Apple khususnya iPhone. Teknologi True Tone merupakan teknologi andalan yang dimiliki Apple khususnya untuk mengetahui bahwa LCD yang digunakan original atau bukan.

Karena True Tone menjadi salah satu indikator saat membeli perangkat iPhone dan iPad bekas. Jika True Tone tidak aktif kemungkinan besar LCD pada perangkat sudah diganti dengan LCD kw. Walaupun sebenarnya kerusakan juga bisa menyebabkan fitur True Tone tidak mau menyala.

Jika True Tone aktif warna dan kecerahan layar akan disesuaikan dengan kondisi sekitar. Fitur ini sangat berbeda dengan kecerahan otomatis karena True Tone bisa menyesuaikan warna. Fitur True Tone tidak berfungsi memang bisa terjadi.

Secara umum iPhone terbaru sudah memiliki fitur ini. Lebih detailnya True Tone ada di iPhone 8 keatas dan pada iPad ada pada iPad Mini 5 keatas. Oleh karena itu jika fitur True Tone tidak ada kemungkinan perangkat yang kamu miliki belum mendukungnya.

Sedangkan jika tidak bisa diaktifkan kemungkinan ada masalah. Namun sebelum saya jelaskan masalah dan penyebabnya kamu bisa baca daftar iPad dan iPhone yang mendapatkan pembaruan iPadOS 15 dan iOS 15. Apakah perangkat Apple yang kamu miliki mendapatkan pembaruan?

Penyebab True Tone iPhone Tidak Berfungsi

1. True Tone Belum Aktif

True Tone adalah fitur yang bisa di aktifkan dan dinonaktifkan dengan mudah oleh penggunanya. Jika True Tone tidak di aktifkan maka fungsi True Tone tidak akan bekerja. Warna layar akan monoton dan tidak akan menyesuaikan dengan lingkungan sekitar.

True Tone bisa kamu aktifkan di menu Tampilan & Kecerahan di Pengaturan. Setelah aktif kamu akan merasakan tampilan layar yang berbeda dan cenderung hangat. Jika True Tone aktif penggunaan daya baterai akan lebih banyak walaupun tidak boros.

2. Hardware Bermasalah

Yang berikutnya yang bisa menyebabkan True Tone tidak berfungsi yaitu karena hardware bermasalah. Hardware disini yaitu layar atau LCD. Kemungkinan perangkat iPhone atau iPad kamu pernah terjatuh atau tidak sengaja tertekan dengan keras pada bagian layarnya.

Karena True Tone bekerja langsung di LCD maka jika ada masalah pada LCD fitur True Tone juga akan bermasalah juga. Asal kamu menggunakan perangkat kamu secara aman dan benar masalah ini bisa kamu hindari.

3. Software Bermasalah

Tidak hanya hardware, software juga bisa menyebabkan fitur True Tone di iPhone dan iPad tidak bisa diaktifkan. True Tone tidak berfungsi atau tidak bisa diaktifkan biasanya disebabkan karena True Tone tersebut bukan True Tone asli.

Walaupun semua perangkat dari Apple cukup sulit untuk dimodifikasi tetapi nyatanya ada yang berhasil memodifikasinya. Seperti halnya mengaktifkan True Tone pada LCD kw yang sebenarnya tidak bisa dilakukan dan True Tone bisa tidak berfungsi kapan saja.

4. Faktor Lainnya

True Tone iPhone tidak berfungsi bisa karena perangkat kamu sedang error karena terlalu lama digunakan. Untuk mengatasinya kamu bisa reboot terlebih dahulu. Atau karena kegagalan saat update iOS juga bisa terjadi, tidak hanya True Tone software lainnya juga rawan bermasalah setelah melakukan pembaruan.

Itu dia beberapa penyebab yang bisa menyebabkan fitur True Tone tidak tidak bisa diaktifkan. Jika True Tone tidak ada kemungkinan perangkat yang kamu miliki adalah perangkat lama yang belum mendukung fitur True Tone. Jadi jangan kamu samakan dengan perangkat Apple keluaran terbaru.

Sebenarnya di beberapa vendor Android juga ada yang memiliki fitur seperti True Tone yaitu merubah warna layar. Hanya saja jika di Android tidak otomatis harus di atur secara manual. Berbeda dengan True Tone yang otomatis dan realtime layaknya kecerahan otomatis.

Itu saja yang bisa saya jelaskan tentang True Tone iPhone tidak berfungsi dan tidak bisa diaktifkan. Bagi kamu yang baru menggunakan iPhone kamu harus menonaktifkan pembaruan otomatis yang ada di iPhone. Mematikan pembaruan otomatis berfungsi supaya kamu bisa mengontrol pembaruan tersebut.