Cara Menghilangkan Tanda R di Sinyal HP Yang Tiba-Tiba Muncul

Cara Menghilangkan Tanda R di Sinyal HP Yang Tiba-Tiba Muncul

HiPoin.com – Kita yang ada di Indonesia umumnya menggunakan data seluler seperti biasa dan tidak ada tanda ini dan itu. Tetapi terkadang muncul tanda R di sinyal yang membuat beberapa pengguna khawatir dan kebingungan.

Yang sering traveling dan bepergian ke luar negeri mungkin sudah tidak asing lagi dengan tanda R yang satu ini. Atau kamu yang membeli HP ex dari negara tertentu seperti Jepang “Docomo‘” mungkin data seluler di HP yang kamu miliki ada tanda R nya.

Apa sebenarnya tanda R ini dan kenapa muncul secara tiba-tiba?. Perlu di ingat kita yang tinggal di Indonesia seharusnya tidak akan memunculkan tanda R. Tetapi setelah saya amati ternyata munculnya tanda R sekarang ini sudah biasa.

Untuk tau apa sebenarnya tanda R ini dan kenapa sering muncul tanda R di bagian sinyal kamu bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Akan saya bahas mengenai apa itu tanda R, kenapa bisa muncul, dan bagaimana solusinya untuk menghilangkan atau supaya tidak muncul kembali.

Namun sebelum saya bahas mengenai pengertian dan cara menghilangkan tanda R di dekat sinyal kamu bisa baca pembahasan lainnya. Seperti apabila HP kamu sering error seperti data selulernya sering mati dan hidup sendiri kamu bisa baca pembahasan mengenai hal tersebut.

Apa Itu R di Sinyal Yang Muncul Secara Tiba-Tiba?

R disini memiliki arti Roaming. Apa itu roaming? bisa dikatakan roaming adalah penggunaan layanan telekomunikasi dari operator lainnya di suatu wilayah atau biasanya di suatu negara. Karena jaringan tidak sampai di wilayah tersebut kartu akan mendapatkan sinyal dari tower BTS terdekat milik operator seluler di negara tersebut.

Bisa dibilang seperti nebeng jaringan, karena nebeng biaya roaming jauh lebih mahal mulai dari SMS, nelpon, hingga internetan. Umumnya roaming akan kamu butuhkan saat bepergian ke luar negeri. Tetapi kini operator seluler di Indonesia terkadang melakukan roaming untuk menjaga sinyal pelanggannya tetap tersedia dengan cara nebeng dari operator seluler partner atau pesaing.

Roaming ini biasanya akan muncul di lokasi yang sulit sinyal. Karena masing-masing wilayah terkadang ada BTS dari operator tertentu. Jadi ketika kamu di lokasi tersebut dan menggunakan operator lain maka akan secara otomatis roaming dengan operator lain yang memiliki sinyal di lokasi tersebut.

Bagaimana Cara Menghilangkan Sinyal R atau Roaming?

Muncul tanda R dibagian sinyal sebenarnya tidak perlu kamu khawatirkan, khususnya jika kamu di Indonesia. Walaupun muncul tanda R kamu tidak akan dikenakan banyak biaya karena yang melakukan roaming dari pihak operator seluler sendiri dengan alasan tertentu.

Tetapi apabila kamu risih atau kurang suka dan tidak mau pulsa kamu berkurang sendiri karena pulsa kamu banyak kamu bisa nonaktifkan roaming supaya roaming tidak bisa aktif dengan sendirinya. Ini berlaku untuk di semua smartphone baik Android atau iOS.

Serta berlaku di semua operator seluler mulai dari XL, Indosat, Smartfren, Telkomsel, 3, dan Axis. Caranya kamu akses pengaturan atau setelan dan pilih pada jaringan seluler. Silakan pada opsi yang ada kata “Roaming” nya kamu nonaktifkan karena itu pengaturan untuk mengaktifkan roaming jika dibutuhkan.

Kesimpulannya tanda R di sinyal artinya kamu sedang melakukan roaming. Apabila sedang dalam roaming kualitas jaringan tidak begitu bagus ini hal yang wajar. Karena tidak langsung mendapatkan sinyal dari operator yang kamu gunakan.

Menghilangkan tanda R di dekat sinyal sebenarnya tidak perlu kamu lakukan. Yang pertama karena akan hilang sendiri dan yang kedua tidak membuat bahaya. Hanya saja bagi yang risih dengan hal-hal kecil itu terlihat sangat mengganggu.

Itu saja pembahasan kali ini mengenai tanda R di sinyal HP yang tiba-tiba muncul dan internet terasa lebih lambat. Sebelum saya akhiri jika nomor seseorang di hubungi tetapi ternyata diluar jangkauan kamu harus tau kenapa bisa seperti itu dan apakah bisa dihubungi lagi atau tidak.

Apabila diluar jangkauan bukan berarti selamanya tidak bisa dihubungi. Hanya saja saat ini sedang tidak dapat dihubungi. Kamu bisa hubungi lagi nanti setelah beberapa jam atau keesokan harinya. Sekian pembahasan mengenai tanda R di sinyal semoga apa yang saya bahas bermanfaat bagi kamu semua.