3 Penyebab Bunyi Kipas Pada Laptop Berisik Saat Digunakan

3 Penyebab Bunyi Kipas Pada Laptop Berisik Saat Digunakan

HiPoin.com – Bagi kamu yang memiliki Laptop, jangan gunakan Laptop yang kamu miliki secara berlebihan layaknya sebuah Komputer. Bunyi kipas pada Laptop salah satu tanda bahwa kamu menggunakan Laptop terlalu berat sehingga kinerja Laptop semakin tinggi.

Komponen serta fungsi Laptop dan Komputer bisa kita anggap sama. Sehingga suatu pekerjaan yang biasanya dikerjakan di Komputer Desktop juga bisa dikerjakan di Laptop. Salah satu perbedaannya antara bunyi kipas pada Komputer dan bunyi kipas di Laptop bisa kamu kenali.

Bunyi kipas Komputer jelas sangat terdengar, apalagi jika komponen membutuhkan pendingin yang lebih maka kipas akan berputar lebih kencang sehingga menimbulkan bunyi yang cukup mengganggu. Apa kipas Laptop berisik? Sekencang-kencangnya kipas Laptop berputar tidak akan berisik seperti pada Komputer.

Tetapi jika bunyi kipas pada Laptop yang kamu miliki terlihat kencang, kamu harus tau penyebabnya. Apa bahaya jika kipas yang ada di Laptop berputar secara kencang? Tentu saja tidak, karena fungsi kipas memanglah seperti itu. Yang perlu kamu perhatikan yaitu komponen yang diberi pendinginan oleh kipas, seperti prosesor.

Jika setiap kamu gunakan suhu prosesor diatas rata-rata bisa menyebabkan masa pakai prosesor pada Laptop yang kamu miliki semakin pendek. Oleh karena itu pastikan kipas pada Laptop yang kamu gunakan sehari-hari bisa berputar dengan lancar dan bersih dari kotoran atau debu.

Apasih penyebab kipas yang ada di Laptop berputar secara kencang? Untuk lebih jelasnya kamu bisa baca penjelasan saya dibawah ini. Namun sebelum lanjut jika kamu seorang Youtuber pemula, kamu bisa baca penyebab gagal upload video ke YouTube. Selain gagal kasus lambat dan tertunda juga sering terjadi saat proses upload video ke channel YouTube.

Penyebab Bunyi Kipas Pada Laptop Terdengar Berputar Kencang

1. Kinerja Laptop Berat

Penyebab pertama yaitu karena Laptop sedang bekerja dengan berat. Semakin berat aplikasi dan program yang dijalankan maka kinerja prosesor akan semakin keras sehingga suhu prosesor yang naik memicu kipas pada Laptop untuk berputar semakin kencang.

Hal ini wajar terjadi, karena fungsi dari kipas pada Komputer dan Laptop memang seperti itu. Sebagai contoh pada kendaraan, kipas radiator akan berputar secara kencang jika radiator membutuhkan udara yang lebih untuk mendinginkan air yang ada di radiator.

2. Laptop Overheat

Kencangnya bunyi kipas pada Laptop yang berikutnya yaitu karena Laptop yang kamu gunakan sedang overheat. Kipas berputar secara kencang untuk menjaga supaya suhu pada komponen Laptop tidak meningkat, syukur-syukur bisa turun.

Kasus overheat sering terjadi jika Laptop yang kamu miliki untuk bermain game berat atau untuk membuka aplikasi berat seperti aplikasi editing video. Sebenarnya kasus overheat hal yang wajar, yang terpenting Laptop tidak kamu gunakan hingga overheat setiap harinya.

3. Komponen Kipas Rusak

Berikutnya yaitu karena kipas pada Laptop yang kamu miliki sudah rusak. Walaupun masih bisa berputar, bunyi kipas pada Laptop tidak pada saatnya menandakan bahwa komponen kipas tersebut memang sudah rusak. Sebagai contoh Laptop baru dinyalakan tetapi bunyi kipas sudah sangat bising, ini dia masalahnya.

Untuk tau apa benar kipas pada Laptop yang kamu miliki sudah rusak atau belum, kamu bisa membawanya ke tukang service. Atau jika kamu memiliki teman yang tau tentang komponen Laptop dan Komputer, kamu bisa bertanya ke teman kamu terlebih dahulu sebelum membawanya ke tukang service.

Baik di Laptop atau Komputer, jika kipas berbunyi secara tidak wajar kamu harus segera memeriksa komponen kipas tadi. Ini mencegah kipas tidak bekerja secara maksimal yang bisa menyebabkan komponen yang seharusnya di dinginkan menjadi overheat.

Bunyi kipas pada Laptop dan Komputer hal yang wajar. Karena saat kipas berputar pasti menimbulkan suara, bising, serta tergantung kualitas kipas dan kencangnya kipas berputar. Selain itu kamu juga perlu mencegah kotoran dan debu masuk ke dalam kipas, terutama masuk ke sela-sela Laptop.

Untuk menghasilkan sirkulasi udara yang baik supaya bunyi kipas pada Laptop tidak terlalu berisik, jangan pernah gunakan Laptop pada permukaan yang tidak datar dan tidak keras. Sebagai contoh jangan gunakan Laptop di tempat tidur, sofa, di atas bantal, atau di luar ruangan yang berdebu banyak.