4 Cara Mengatasi Upload Video YouTube Lambat, Tertunda, Hingga Gagal

4 Cara Mengatasi Upload Video YouTube Lambat, Tertunda, Hingga Gagal

HiPoin.com – Pasti kamu pernah mengalami upload video YouTube lambat dan tidak selesai-selesai. Permasalahan seperti ini pasti di alami oleh semua Youtuber, jadi kamu tidak usah cemas memikirkannya karena tidak hanya kamu saja yang mengalami masalah seperti itu.

Selain lambat, upload video YouTube gagal juga sering dialami oleh beberapa Youtuber. Ada banyak faktor kenapa hal tersebut bisa terjadi. Seperti karena permasalahan koneksi internet dan perangkat yang digunakan untuk mengunggah video ke YouTube.

Selain lambat dan gagal, ada juga permasalahan lainnya yang sering terjadi saat proses upload video ke YouTube. Mungkin kejadian upload video YouTube tertunda jarang terjadi, namun ini sudah sering dialami oleh beberapa orang yang berusaha mengunggah video ke YouTube.

Ada beberapa cara supaya saat kita upload video YouTube lancar dan tidak ada masalah tertunda, lambat, atau gagal. Jika upload video YouTube lambat, ini sangat merugikan jika channel kita membahas tentang hal-hal terbaru.

Ada beberapa cara yang digunakan oleh Youtuber untuk mengunggah video mereka. Yang pertama hanya mengunggah video lewat Komputer dan ada yang mengunggah video lewat Komputer serta HP atau ponsel pintar.

Untuk lebih jelasnya langsung saja kamu simak artikel ini supaya proses upload video ke YouTube yang kamu lakukan menjadi lebih cepat. Dan jika kamu ingin menambah watermark di video kamu, kamu bisa melakukannya secara manual atau otomatis dengan menggunakan fitur branding.

Cara Mengatasi Upload Video YouTube Lambat Hingga Gagal

1. Ukuran File Video Terlalu Besar

Masalah ini sebenarnya wajar sekali. Tetapi jika terlalu besar dan ukuran video tidak sebanding dengan kualitas video maka ini yang menjadi permasalahan. Sebagai contoh kamu mengunggah video secara langsung tanpa proses editing sama sekali.

Ini tidak disarankan, jika kamu memang tidak ingin melakukan proses editing minimal kompres video tersebut supaya ukuran file nya menjadi lebih kecil. Karena jika langsung di upload jelas sangat berat, karena untuk ukuran file original hasil rekaman sudah pasti sangat besar.

2. Unggah Lewat Komputer atau Laptop

Salah satu cara untuk mengatasi upload video YouTube lambat atau gagal yaitu melakukan proses upload video menggunakan Komputer atau Laptop. Jika file video yang ingin di unggah lebih dari 500 MB, saran saya memang wajib upload lewat perangkat Desktop.

Walaupun ponsel kita sudah menggunakan jaringan 4G atau wifi yang cepat, proses upload tidak seperti proses download. Proses upload jelas lebih lama dan kemungkinan besar gagal sangat besar jika terlalu lama karena layar ponsel bisa mati dan membuat aplikasi YouTube menjadi terhenti.

3. Upload Lewat Aplikasi YouTube dan Edit Lewat YT Studio

Seperti yang kita ketahui, jika kita mengunggah video ke YouTube dengan aplikasi YouTube kita tidak bisa menginput tag. Oleh sebab itu banyak para Youtuber yang mengunggah video mereka lewat browser dengan mode desktop, namun ini sangat riskan gagal atau video gagal terupload.

Jika menggunakan aplikasi YouTube proses upload tidak akan gagal, mungkin saja hanya tertunda. Namun jika kita mengunggah video lewat browser tetapi tiba-tiba browser keluar sendiri dan reload halaman mulai dari awal, maka sudah dipastikan proses upload yang tadi sedang berjalan menjadi gagal.

Jadi saran saya lebih baik melakukan proses upload video tetap menggunakan aplikasi YouTube saja. Memang kita tidak bisa langsung menginput kolom tag, namun kamu bisa menggunakan aplikasi YT Studio untuk mengedit video yang sedang dalam proses unggah tadi dan menambahkan tag yang diinginkan.

4. Pastikan Koneksi Jaringan Sedang Bagus

Yang terakhir supaya upload video YouTube lambat tidak terjadi, pastikan koneksi internet yang kamu gunakan cepat dan stabil. Singkatnya sebelum melakukan proses upload video, kamu test dulu koneksi internet dengan beberapa cara. Cara cepatnya yaitu dengan memutar video di YouTube dengan resolusi yang tinggi.

Dari keempat faktor tadi, upload video YouTube lambat bisa terjadi jika koneksi jaringan buruk. Walaupun ukuran file video kecil, jika koneksi jaringan buruk maka kecepatan upload akan sangat turun karena proses upload tidak sebanding dengan proses download.

Semoga pembahasan tentang faktor upload video YouTube lambat membantu bagi kamu yang sering mengalami masalah ini. Koneksi jaringan dan ukuran file video yang menjadi penentu utama, sedangkan untuk perangkat yang digunakan tidak terlalu berpengaruh.