4 Cara Merawat Charger Supaya Tidak Cepat Rusak

4 Cara Merawat Charger Supaya Tidak Cepat Rusak

HiPoin.comCharger salah satu komponen penting yang mendukung sebuah perangkat seperti HP dan Laptop. Tanpa charger kamu tidak akan bisa mengisi daya perangkat yang menggunakan baterai. Oleh karena itu kamu perlu tau cara merawat charger supaya charger yang kamu miliki bertahan lama dan tidak cepat rusak.

Saat membeli Laptop atau ponsel kamu akan mendapatkan charger yang bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat yang kamu beli. Charger bawaan adalah charger terbaik karena itu adalah charger original yang kualitasnya sangat bagus.

Sayangnya banyak pengguna yang melakukan pengecasan dengan tidak hati-hati yang dapat merusak charger dan perangkat yang dihubungkan. Kamu perlu merawat adaptor charger dan kabel charger supaya proses pengisian daya selalu lancar tanpa ada kendala.

Jika kamu melakukannya secara tidak benar kabel charger bisa rusak dan adaptor charger tidak akan berfungsi. Kerusakan charger mungkin tidak terlalu bermasalah, akan tetapi karena selalu tidak benar saat melakukan pengecasan bisa saja konektor charger yang ada di perangkat kamu juga ikutan rusak.

Sebenarnya cara merawat charger tidak lah sulit. Kamu hanya perlu berhati-hati dan tidak melakukannya secara terburu-buru. Ini untuk memastikan adaptor charger terhubung ke stop kontak dengan benar dan charger terhubung ke perangkat secara benar juga.

Untuk lebih jelasnya langsung saja saya jelaskan cara merawat sebuah charger supaya charger cepat rusak tidak kamu alami. Sebelum lanjut ke cara merawat supaya charger tidak gampang rusak kamu perlu tau juga cara merawat baterai iPhone supaya battery health tidak cepat turun.

Cara Merawat Charger HP, Laptop, dan Baterai

1. Jangan Sampai Terkena Air

Ini perlu kamu cegah khususnya untuk merawat adaptor charger. Karena adaptor charger isinya komponen elektronik seperti dioda mencegah supaya tidak terkena air perlu kamu lakukan. Karena jika sudah terkena air kemungkinan adaptor charger akan rusak.

Selain itu jika sudah terkena air jangan kamu gunakan untuk melakukan pengecasan jika kamu tidak yakin adaptor tersebut masih normal. Selain bisa merusak adaptor itu sendiri mencoba proses charging menggunakan adaptor yang bermasalah dapat merusak perangkat yang kamu miliki.

2. Jangan Sampai Jatuh

Sama seperti penjelasan yang pertama, cara merawat charger berikutnya yaitu khusus untuk adaptor. Berbeda dengan kabel charger, adaptor memang perlu perhatian khusus. Selain tidak boleh terkena air kamu juga harus memastikan bahwa adaptor tidak pernah jatuh.

Karena jika jatuh bisa merusak komponen yang ada di dalamnya. Walaupun kemungkinan rusaknya cukup kecil akan tetapi tetap saja perlu kamu perhatikan. Seperti charger Laptop, harganya tidak murah dan jika sudah rusak kamu perlu merogoh kocek yang cukup banyak.

3. Menggunakan Kabel Charger Secara Benar

Untuk kabel charger kamu hanya perlu memperhatikan beberapa hal saja. Yang pertama tidak boleh terkena air walaupun efeknya tidak terlalu berarti. Karena termasuk barang elektronik tidak boleh terkena air adalah hal yang wajar.

Yang kedua jangan di gulung atau di tekuk. Misalnya kamu memiliki kabel charger atau kabel data yang panjang jangan kamu gulung. Dan yang ketiga jangan kamu tarik karena bisa merusak serabut tembaga yang ada di dalam kabel.

4. Lepas Dari Stop Kontak Saat Tidak Digunakan?

Charger cepat rusak jika terhubung ke listrik terus menerus? saya sendiri tidak tau apakah bisa membuat charger cepat rusak atau tidak. Sebenarnya cara merawat charger yang benar seperti ketiga penjelasan yang sudah saya sebutkan tadi.

Sama seperti perangkat dan baterai yang ingin di cas atau di isi dayanya, charger modern lebih canggih dan tidak terlalu terpengaruh jika selalu terhubung ke listrik. Akan tetapi lebih baik dan disarankan hanya menghubungkan charger ke listrik saat ingin digunakan saja.

Dari keempat cara merawat charger diatas, cara mana yang sudah kamu lakukan dirumah? Saya sendiri tidak melakukannya semua akan tetapi yang sering saya lakukan yaitu mencegah adaptor charger terkena air dan jatuh serta tidak pernah menarik kabel charger.

Selain harga charger yang mahal untuk original atau yang kualitasnya bagus merawat charger sebenarnya untuk kepentingan perangkat yang ingin di isi dayanya. Karena dengan cara merawat charger kamu memastikan proses charging akan selalu berjalan dengan normal.

Dan sebelum saya akhiri mungkin kamu tau tentang baterai double power. Misalnya kamu ingin tau kelebihan dan kekurangan baterai double power kamu bisa baca artikel tentang baterai double power pengganti baterai original.