Adaptor iPhone 20 Watt Menyebabkan Kesehatan Baterai Turun? Ini Dia Jawabannya

Adaptor iPhone 20 Watt Menyebabkan Kesehatan Baterai Turun? Ini Dia Jawabannya

HiPoin.com – Banyak yang mengira bahwa adaptor iPhone 20 watt dapat menurunkan kesehatan baterai atau battery health iPhone. Walaupun termasuk aksesoris original yang dijual langsung oleh Apple akan tetapi banyak yang mengira bahwa kenyataannya memang seperti itu.

Seharusnya keluaran iPhone terbaru seperti iPhone 11 dan iPhone 12 cukup dengan adaptor 18 watt saja. Sayangnya adapter 18 watt atau adaptor 18 watt original iPhone sudah tidak dijual lagi atau sedang dihentikan penjualannya dan diganti dengan 20 watt.

Tidak adanya adaptor dalam paket pembelian membuat beberapa pengguna iPhone menjadi resah. Karena kesulitan mencari charger yang cocok dan ragu menggunakan adaptor charger iPhone 20 watt padahal itu adalah charger original dan disediakan oleh Apple langsung.

Nah yang mungkin menjadi pertanyaan banyak orang apakah benar adaptor 20 watt dapat menurunkan BH iPhone? Saya sendiri cukup setuju dengan pernyataan tersebut akan tetapi berapa watt adaptor yang digunakan tetapi tetap saja listrik yang masuk maksimal hanya 18 watt saja.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak penjelasan dari saya kali ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut karena iOS 15 dan iPadOS 15 sudah rilis kamu bisa baca daftar iPhone dan iPad yang mendukung atau yang mendapat pembaruan iOS 15 dan iPadOS 15.

Seperti yang kamu ketahui adaptor untuk iPhone tidak diberikan pada paket pembelian dan hanya diberikan kabel data khas Apple yaitu kabel lightning. Di iPhone terbaru sudah mendukung pengisian cepat atau fast charging 18 watt.

Artinya perangkat iPhone bisa di charger menggunakan adaptor 18 watt. Sayangnya adaptor 18 watt iPhone sudah sangat sulit ditemukan dan hanya ada adaptor iPhone 20 watt. Apa karena lebih 2 watt membuat perangkat iPhone kelebihan daya?

Tentu saja tidak, karena berapa watt adaptor yang kamu gunakan daya yang masuk maksimal hanya 18 watt saja. Masalah adaptor 20 watt milik iPhone yang bisa menurunkan kesehatan baterai iPhone saya rasa kurang masuk akal.

Misalnya bisa terjadi bukan karena charger 20 watt melainkan efek pengisian daya cepat. Masalah utamanya yaitu di iOS khususnya di iPhone terdapat fitur untuk melihat kesehatan baterai yang belum tentu fitur tersebut benar-benar akurat.

Dari pada kamu menyalahkan adaptor iPhone dan bingung mencari adaptor untuk iPhone yang baik, lebih baik kamu rubah pola pengecasan iPhone kamu. Kamu bisa melakukan charging saat iPhone sudah perlu di cas dan hentikan proses pengecasan jika baterai sudah penuh.

Hindari mengecas perangkat iPhone dalam keadaan panas dan jangan pernah menggunakan iPhone atau perangkat apapun saat proses pengisian daya berlangsung. Kesimpulannya adaptor iPhone 20 watt tidak mempengaruhi kesehatan baterai iPhone.

Yang mempengaruhi yaitu fitur pengisian cepat dan gaya pengguna saat melakukan pengecasan. Ingin kesehatan baterai iPhone tidak turun? kamu bisa baca artikel tentang tips supaya kesehatan baterai iPhone tidak turun setelah update iOS atau setelah pemakaian beberapa bulan.