4 Cara Menjaga Battery Health iPhone Supaya Tidak Turun

4 Cara Menjaga Battery Health iPhone Supaya Tidak Turun

HiPoin.com – Masalah baterai memang tidak pernah luput di perbincangkan. Misalnya “Ini boros tidak” atau “Buat main game 1 jam berkurang 30% awet atau boros“, itu dia pertanyaan yang sering saya temui. Nah yang cukup menarik yaitu battery health iPhone.

Seperti yang kamu ketahui di iPhone memiliki menu tersendiri di pengaturan yang menampilkan battery health atau kesehatan baterai. Sedangkan di Android tidak ada, jika ingin mengetahui kesehatan baterai di perangkat Android yang kamu miliki kamu bisa menginstall aplikasi pihak ketiga.

Baik kesehatan baterai iPhone yang termasuk dalam sistem bawaan atau aplikasi pihak ketiga yang bisa mendeteksi kesehatan baterai perangkat Android semuanya hanya estimasi dan perkiraan sebuah software. Alias tidak bisa dijadikan patokan bahwa kondisi baterai memang sudah buruk atau masih bagus.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips atau hal yang perlu kamu hindari supaya baterai iPhone tidak boros. Karena cukup banyak pengguna yang mengeluhkan bahwa baterai iPhone borosnya minta ampun sampai disebut sebagai ‘Sobat Powerbank‘.

Mungkin cukup sulit bahkan tidak mungkin mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100%. Akan tetapi kamu bisa mencegah supaya battery health iPhone yang kamu miliki tidak turun atau drop dalam waktu yang singkat. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan supaya kesehatan baterai tetap terjaga.

Misalnya kapasitas maksimum sudah turun ke 80% atau bahkan 70% kamu tidak usah khawatir. Asal masih awet, tidak cepat habis saat digunakan, dan tidak ada tanda-tanda baterai mulai drop maka baterai tersebut masih bisa disebut layak atau masih bagus.

Lalu bagaimana cara menjaga battery health atau kesehatan baterai di perangkat iPhone? kamu bisa baca tips nya dibawah ini. Namun sebelum lanjut kamu bisa baca cara mudah merawat baterai Laptop supaya tidak cepat drop. Karena Laptop yang bisa bertahan lama tanpa stop kontak memiliki kelebihan tersendiri.

Penyebab Battery Health iPhone Turun

1. Tidak Menggunakan Charger Original

Penyebab pertama yaitu tidak menggunakan charger original. Kasus ini sebenarnya tidak terjadi di iPhone saja, perangkat elektronik apapun jika tidak menggunakan charger original atau charger yang bagus dapat menyebabkan kerusakan baterai.

Oleh karena itu gunakan charger original setiap kamu melakukan pengisian daya perangkat iPhone yang kamu miliki. Tidak perlu original tidak apa-apa, asalkan gunakan charger yang berkualitas dan diperuntukan untuk perangkat iPhone yang kamu miliki.

2. Efek Fast Charging

Penyebab battery health iPhone turun yang berikutnya karena efek penggunaan charger fast charging. Misalnya iPhone yang kamu miliki sudah support fast charging akan tetapi karena charger bawaan belum support memungkinkan baterai lebih nyaman menggunakan charger bawaan.

Ini hanya sekedar opini saya yang saya ketahui dari reviewer di YouTube, tetapi saya setuju. Walaupun charger fast charging yang kamu gunakan original Apple tetapi tetap saja baterai terbebani oleh proses fast charging karena awalnya memang tidak fast charging.

3. Efek Penggunaan Powerbank

Baterai iPhone boros? tenang saja kan ada Powerbank“, kalimat yang sering digunakan para pengguna iPhone ketika di sindir HP mahal terapi boros baterai. Tidak salah memang, karena fungsi dari Powerbank yaitu menyediakan daya tambahan untuk perangkat elektronik seperti gadget.

Akan tetapi percaya atau tidak penggunaan Powerbank tidak selamanya bagus untuk kesehatan baterai. Khususnya battery health iPhone yang kesehatan baterainya bisa di cek kapanpun lewat setelan. Seperti fast charging, menggunakan Powerbank boleh tetapi jangan terlalu sering.

4. Kebiasaan Buruk Lainnya

Penyebab yang terakhir yaitu karena kebiasaan buruk yang sering dilakukan saat perangkat sedang di isi daya atau di charging. Apa saja kebiasaan buruk yang bisa mempengaruhi kesehatan baterai? Misalnya memainkan iPhone yang kamu gunakan ketika sedang di charging.

Atau terlalu lama melakukan charging, walaupun sudah ada fitur auto cut tetapi hal ini tidak boleh dilakukan secara sengaja. Selain itu membiarkan baterai habis sampai perangkat mati tidak disarankan, dikarenakan baterai non-removable cukup sensitif dengan hal itu.

Nah itu dia beberapa hal yang perlu kamu hindari supaya battery health iPhone kamu tidak turun. Selain mencegah kesehatan baterai turun kamu juga bisa merawat baterai kamu supaya tetap awet dan tidak cepat drop. Karena jika sudah drop baterai akan terasa sangat boros padahal baru saja di isi daya.

Semoga artikel kali ini tentang perawatan baterai supaya battery health iPhone tidak turun bermanfaat bagi kamu semua. Misalnya battery health atau BH sudah sangat turun dibawah 50%, jangan terburu-buru melakukan penggantian baterai.

Tunggu sampai perangkat mati sendiri saat baterai sedang penuh karena itu ciri bahwa baterai sudah benar-benar drop. Sebelum saya akhiri pembahasan tentang battery health iPhone, kamu perlu tau fungsi Optimisasi MIUI yang ada di perangkat Xiaomi. Fitur yang bisa memberikan efek baik dan buruk tergantung penggunanya.