5 Cara Mengatasi Data Seluler Telkomsel Tidak Muncul Saat Diaktifkan

5 Cara Mengatasi Data Seluler Telkomsel Tidak Muncul Saat Diaktifkan

HiPoin.com – Apakah kamu pernah mengalami data seluler Telkomsel tidak muncul atau tidak bisa dihidupkan secara tiba-tiba? saya yakin kamu pernah mengalaminya. Karena ini cukup merepotkan kali ini akan saya bahas cara mengatasi hal tersebut.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan data seluler pada operator Telkomsel tidak bisa diaktifkan. Mulai dari gangguan, error, atau human error atau kesalahan kamu sendiri saat mengatur atau menyetel tertentu.

Walaupun tidak hanya terjadi di Telkomsel saja tetapi juga bisa terjadi di XL, Indosat, 3, Smartfren, dan AXIS. Tetapi untuk pembahasan saya kali ini fokus ke Telkomsel supaya masalah nomor Telkomsel tidak bisa mengaktifkan data seluler bisa segera diatasi.

Baik jaringan 2G, 3G, 4G, atau 5G tidak muncul sama sekali padahal data seluler sudah dalam keadaan aktif. Untuk lebih jelasnya langsung saja kamu simak artikel kali ini sampai selesai supaya tau solusi data seluler nomor Telkomsel tidak aktif dan kamu tidak mengalaminya lagi.

Namun sebelum lanjut kamu bisa baca pembahasan lainnya yang sebelumnya sudah pernah saya bahas. Seperti jika kamu baru menggunakan iPhone dan ingin melihat penggunaan data iPhone kamu bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut.

Aktifkan Mode Penerbangan Terlebih Dahulu

Yang pertama kamu bisa coba aktifkan mode penerbangan atau mode pesawat terlebih dahulu dan tunggu sekitar 1 menit sampai 5 menit. Setelah itu silakan kamu nonaktifkan dan coba hidupkan data seluler apakah muncul atau tidak.

Periksa Access Point Name

Berikutnya apabila kamu mengalami nomor Telkomsel tidak bisa mengaktifkan data seluler atau data seluler yang tidak mau tampil kamu bisa periksa APN, khususnya jika kamu sering mengedit APN yang ada.

Pastikan Jaringan Dipilih Secara Otomatis

Yang berikutnya pastikan jaringan dipilih secara otomatis dan opsi Pilih jaringan secara otomatis hidup. Untuk mengeceknya kamu bisa akses Setelan>Jaringan Seluler>SIM terkait>Jaringan seluler> dan pastikan pilih jaringan secara otomatis aktif.

Operator Telkomsel Sedang Gangguan

Data seluler nomor Telkomsel tidak aktif saat sudah diaktifkan juga bisa terjadi karena operator Telkomsel sedang gangguan. Yang mengalami ini tidak hanya kamu saja tetapi semua pelanggan Telkomsel, jadi kamu tidak perlu panik.

Nomor Tidak Terdaftar

Baik belum terdaftar atau belum berhasil di registrasi atau sudah tidak terdaftar karena tidak sengaja kamu unreg. Jadi silakan kamu periksa dan pastikan nomor Telkomsel yang kamu miliki terdaftar dan berhasil di registrasi.

Itu dia beberapa faktor penyebab serta cara mengatasi masalah data seluler Telkomsel tidak muncul. Untuk nomor yang belum berhasil di daftarkan atau tidak sengaja unreg kamu bisa daftar sampai berhasil atau bisa registrasi ulang.

Karena sangat tidak wajar apabila sinyal penuh tetapi data seluler tidak muncul setelah diaktifkan. Apalagi jika tidak bisa untuk mengirim SMS atau panggilan telepon. Ini sudah dipastikan bahwa nomor tidak terdaftar.

Sekian pembahasan dari saya mengenai data seluler Telkomsel tidak muncul. Sebelum saya akhiri apabila kamu sebal karena sering mengalami koneksi wifi yang mati atau terputus sendiri tanpa sebab kamu bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas mengenai hal tersebut.