Cara Menggabungkan Layer di Photoshop

Cara Menggabungkan Layer di Photoshop

HiPoin.com – Saat melakukan proses editing menggunakan Photoshop pasti kamu akan membutuhkan beberapa layer. Menggabungkan layer di Photoshop perlu kamu lakukan supaya proses editing tidak terganggu dengan layer-layer yang sudah kamu buat tadi.

Supaya proses editing maksimal, layer atau lapisan di Photoshop memang harus di maksimalkan. Karena kelebihan Adobe Photoshop dari beberapa program editing foto lainnya yaitu pada bagian layer. Dengan bantuan layer kamu bisa memindahkan posisi objek dengan lebih mudah.

Kamu bisa dengan mudah merubah posisi objek ingin di depan atau di belakang objek lainnya. Misalnya antara beberapa objek menjadi satu kesatuan, untuk menghemat ruang layer kamu bisa menyatukan layer tersebut. Karena menyatukan layer di Photoshop adalah tindakan yang cukup menguntungkan.

Semakin banyak kamu menggunakan layer maka semakin bagus hasil editing yang bisa kamu hasilkan. Akan tetapi perlu di ingat, semakin banyak layer semakin rumit proses editing dan semakin berat juga kinerja aplikasi Photoshop yang kamu gunakan.

Para editor biasanya menggabungkan layer di Photoshop untuk mempermudah, sedangkan untuk urusan kinerja aplikasi Photoshop tidak terlalu diperhatikan. Lalu bagaimana cara menggabungkan beberapa layer yang ada di Photoshop supaya menjadi satu layer?

Caranya sangat mudah sekali, oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan cara menggabungkan atau cara merge layer di Photoshop. Apa bedanya merger layer dengan Smart Object? untuk tau bedanya kamu bisa baca artikel tentang Smart Object terlebih dahulu.

Langkah Menggabungkan Layer di Photoshop

Langkah ke-1: Silakan kamu buka aplikasi Photoshop terlebih dahulu

Tutorial Menggabungkan Layer di Photoshop

Langkah ke-2: Selanjutnya kamu pilih layer mana yang ingin kamu gabungkan. Sebagai contoh saya akan menyatukan layer 1 dan layer 2, setelah itu klik kanan

Pilih Layer Yang Ingin Digabungkan

Langkah ke-3: Kemudian pilih Merge Layers

Pilih Merge Layers

Langkah ke-4: Maka layer yang sudah kamu pilih akan menjadi satu dan otomatis semua objek dan efek yang ada di masing-masing layer juga ikut bergabung

Berhasil Menggabungkan Layer

Sangat mudah bukan menyatukan layer di Photoshop atau menggabungkan layer di Photoshop. Sebagai tambahan, Merge Layers bisa kamu gunakan untuk menggabungkan beberapa layer. Untuk menggabungkan semua layer kamu bisa pilih Merge Visible.

Ingin mengelompokan layer? kamu bisa menggunakan Group Layers, ingin menggabungkan layer tanpa ingin disatukan? kamu bisa menggunakan Link Layers. Sedangkan untuk menggabungkan dan menghapus layer yang tidak terlihat kamu bisa menggunakan Flatten Image.

Itu saja yang bisa saya jelaskan tentang merge layer di Photoshop, semoga bermanfaat bagi kamu semua. Ingin tau cara menghilangkan objek di Android? kamu bisa menggunakan aplikasi Touch Retouch.