3 Solusi Mengatasi File dan Folder OBB Tidak Ada di Penyimpanan

3 Solusi Mengatasi File dan Folder OBB Tidak Ada di Penyimpanan

HiPoin.com – OBB adalah data yang perlu kamu tambahkan jika aplikasi dan game yang kamu install memerlukan data tersebut. Sayangnya banyak pemula yang kebingungan saat mengetahui folder OBB tidak ada dan kebingungan ingin meletakkan data OBB yang sudah mereka miliki.

Secara umum file OBB harus diletakkan di folder aplikasi yang ada di dalam folder Android. Ada 2 pilihan yang biasanya dipilih oleh pengguna tergantung dari perizinan perangkat. Mudahnya ada perangkat yang bisa membaca data OBB di memori internal dan memori eksternal.

Sedangkan di beberapa perangkat data OBB hanya bisa dibaca jika diletakkan di memori internal saja. Selain folder OBB yang tidak ditemukan ternyata banyak juga yang tidak bisa melihat file OBB. Selama kamu bisa membuka folder yang tepat kamu akan menemukan file OBB.

Jika kamu mencoba mencari folder OBB dan folder OBB tidak ada maka kamu tidak akan bisa menemukan data OBB yang kamu cari. Supaya kamu tidak mengalami permasalahan seperti itu kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menemukan folder dan data OBB.

File OBB tidak ada bisa terjadi karena memang belum ada data OBB di folder aplikasi tadi atau kamu mengakses folder yang salah. Sebelum lanjut kamu bisa baca cara mengatasi tidak bisa install aplikasi Kinemaster karena masalah ini cukup sering terjadi.

Solusi Folder OBB Tidak Ada

1. Install Aplikasi Terlebih Dahulu

Kamu wajib install aplikasi dan game terlebih dahulu supaya folder terbuat secara otomatis. Jika game dan aplikasi belum kamu install maka folder belum akan muncul pada folder OBB. Membuat folder atau menambahkan folder secara manual sebenarnya bisa kamu lakukan.

Akan tetapi kemungkinan namanya akan berbeda. Kamu bisa menambahkan folder secara manual jika folder tidak terbuat secara otomatis setelah aplikasi terinstall. Jangan lupa buka aplikasi dan game beberapa detik supaya folder terbuat secara otomatis.

2. Salah Lokasi Penyimpanan

Misalnya kamu tidak bisa melihat file OBB di memori internal kamu tidak usah cemas. Seperti yang sudah saya katakan tadi data OBB bisa ada di penyimpanan telepon atau di kartu SD. Jika di penyimpanan telepon tidak ada berarti berada di kartu SD dan sebaliknya.

Masalah pembatasan meletakkan data aplikasi menjadi salah satu permasalahan tersendiri bagi mereka yang suka menginstall game berat tetapi hanya memiliki perangkat dengan penyimpanan yang sedikit. Karena ukuran data OBB minimal 500MB dan bisa sampai 5GB.

3. Fitur Hidden Tersembunyi

Fitur hidden yang ada di File Manager bisa menyembunyikan beberapa folder sistem supaya tidak diakses oleh pengguna. Karena folder Android juga termasuk folder sistem maka terkadang folder tersebut juga ikut tersembunyi.

Sebagai tambahan folder aplikasi untuk meletakkan data OBB ada di Android>OBB>Folder Aplikasi>Data OBB. Jika folder Android tersembunyi kamu tidak akan bisa mengakses folder OBB karena folder OBB ada di dalam folder Android.

Nah itu dia beberapa penyebab yang bisa membuat folder OBB tidak ada. Dari beberapa penyebab yang sudah saya sebutkan penyebab yang paling umum terjadi yaitu karena salah mengira lokasi penyimpanan. Karena bisa di memori internal dan di memori eksternal.

Berbeda jika file OBB tidak ada, folder OBB tidak ada sebenarnya tidak mungkin terjadi karena secara otomatis folder tersebut akan ada setelah menginstall aplikasi yang membutuhkan data OBB. Aplikasi yang tidak membutuhkan data OBB tidak akan membuat folder khusus di dalam folder OBB.

Mungkin itu saya yang bisa saya jelaskan tentang masalah folder OBB tidak ada, jika kamu tidak bisa menghentikan aplikasi di Android kamu bisa baca artikel tentang aplikasi Android yang tidak bisa dihentikan.