4 Solusi Mengatasi iPhone Tidak Menampilkan Notifikasi WhatsApp

4 Solusi Mengatasi iPhone Tidak Menampilkan Notifikasi WhatsApp

HiPoin.com – Terlihat lebih baik dari pada Android, sistem operasi iOS yang ada di iPhone tidak sebagus yang kamu semua kira. Sebagai contoh aplikasi WhatsApp yang kini digunakan oleh banyak orang, terkadang perangkat iPhone tidak menampilkan notifikasi WhatsApp dengan faktor penyebab yang tidak jelas.

Di Android umumnya jika notifikasi atau pemberitahuan tidak muncul disebabkan oleh aplikasi terkait dibatasi saat berjalan di latar belakang. Singkatnya aplikasi tidak berjalan dan saat ada notifikasi masuk notifikasi tidak akan muncul karena aplikasi tidak berjalan.

Solusinya pengguna Android harus mengatasi supaya aplikasi tersebut tetap berjalan di latar belakang. Berbeda dengan Android, notifikasi WhatsApp iPhone tidak muncul atau telat tampil rata-rata disebabkan oleh bug.

Baik bug iOS atau bug dari aplikasi WhatsApp itu sendiri. Sangat jelas bahwa aplikasi versi Android dan iOS sangat berbeda sekali. Karena iOS sedikit berbeda kemungkinan developer sedikit kesulitan untuk menyetabilkan aplikasi dan menemukan bug yang ada.

Walaupun begitu tetap ada faktor lain yang bisa menyebabkan pesan dan notifikasi WhatsApp tidak muncul di iPhone. Cukup di sayangkan memang padahal iOS yang ada di iPhone bisa memanajemen RAM dengan baik walaupun aplikasi sedang tidak berjalan seharusnya notifikasi atau pemberitahuan tetap akan tampil.

Supaya lebih jelas langsung saja saya bahas apa saja penyebab dan solusi mengatasi pemberitahuan WhatsApp telat masuk di iPhone atau tidak masuk sama sekali. Selain itu bagi pengguna Xiaomi kamu bisa mengatur notifikasi di layar kunci supaya privasi tetap terjaga.

Penyebab dan Solusi iPhone Tidak Menampilkan Notifikasi WhatsApp

1. Update Aplikasi WhatsApp

Untuk langkah pertama saya rekomendasikan memperbarui aplikasi WhatsApp terlebih dahulu. Entah kenapa jika ada pembaruan WhatsApp di App Store dan tidak diperbarui setelan notifikasi WhatsApp di Pengaturan akan hilang.

Kemungkinan besar karena setelan notifikasi hilang notifikasi WhatsApp tidak muncul khususnya saat diluar aplikasi WhatsApp. Jadi langkah pertama update aplikasi WhatsApp atau coba uninstall dan install ulang.

2. Pastikan Izin Pemberitahuan Aktif

Sama seperti Android versi terbaru, supaya pengguna tidak terganggu notifikasi atau pemberitahuan di masing-masing aplikasi bisa di atur. Di iPhone kamu juga bisa mengaturnya dengan mudah dan pastikan izin pemberitahuan aplikasi WhatsApp aktif.

Misalnya izin tidak aktif wajar saja jika notifikasi WhatsApp iPhone tidak muncul saat ada pesan masuk. Untuk mengetahuinya apakah sudah aktif atau belum silakan buka Pengaturan>Pemberitahuan>WhatsApp>Izin Pemberitahuan harus aktif.

3. Pastikan Notifikasi di Aplikasi WhatsApp Menyala

Selain lewat pengaturan perangkat pengguna dapat mengatur notifikasi atau pemberitahuan untuk aplikasi WhatsApp langsung di dalam aplikasi. Setidaknya ada 3 pengaturan notifikasi yaitu Pesan, Grup, dan Panggilan.

Jika kamu merasa saat ada pesan masuk baik pesan pribadi atau pesan dari grup tetapi tidak ada notifikasi pastikan setelan notifikasi di aplikasi WhatsApp hidup. Jika tidak semua notifikasi tidak akan tampil walaupun di setelan perangkat sudah kamu aktifkan.

4. Faktor Bug

Yang terakhir karena faktor bug, baik bug iOS atau bug aplikasi WhatsApp. Tidak ada yang bisa kamu lakukan jika pemberitahuan WhatsApp telat masuk di iPhone disebabkan karena faktor bug.

Karena apapun yang akan kamu lakukan tidak akan berpengaruh jika bug tersebut masih ada. Karena bug berada di sistem dan kamu tidak bisa menghilangkannya kecuali pihak pengembang menghilangkan dan memperbarui ke versi yang lebih terbaru.

Tambahan, pastikan kamu tidak membisukan semua pesan yang ada di WhatsApp. Jika kamu bisukan memang semua notifikasi dari pesan yang dibisukan tidak akan tampil dan ini memang memiliki fungsi tersendiri.

Terlihat menarik dan keren, tetapi itulah fakta perangkat iPhone. Selain tampilannya yang berbeda tidak bisa ditambahkan penyimpanan eksternal membuat perangkat ini kurang cocok digunakan sebagai perangkat chatting yang sangat intensif.

Kenapa begitu? selain karena terkadang iPhone tidak menampilkan notifikasi WhatsApp, data WhatsApp yang banyak bisa memakan penyimpanan perangkat iPhone. Khususnya iPhone dengan penyimpanan 64 GB kebawah, apalagi jika ditambah aplikasi Telegram.

Itu saja yang bisa saya jelaskan mengenai solusi iPhone tidak menampilkan notifikasi WhatsApp, cukup sekian dan saya tidak akan membahas yang lainnya. Ingin mengirim pesan suara atau broadcast di WhatsApp? simak artikel yang pernah saya bahas sebelumnya.