Kelebihan Layar IPS, TN, dan VA Serta Lebih Baik Yang Mana

Kelebihan Layar IPS, TN, dan VA Serta Lebih Baik Yang Mana

HiPoin.com – Ada layar IPS, TN, dan VA tetapi mana yang bagus dan apa kelebihan dari masing-masing tipe layar?. Untuk tau jawabannya kali ini saya akan jelaskan kelebihan layar IPS, TN, dan VA serta kamu perlu memilih yang mana.

Saat membeli perangkat smartphone cukup banyak pengguna yang mempertimbangkan panel layar yang digunakan. Sebagai contoh antara IPS dan AMOLED, ada yang membeli smartphone karena layarnya sudah AMOLED dan ada yang tidak suka karena perangkat tersebut tidak menggunakan panel IPS.

Nah saya heran saat membeli perangkat Laptop cukup banyak pengguna atau calon pembeli yang menilai bahwa layar yang ada di Laptop semuanya sama. Mereka hanya mempertimbangkan prosesor yang digunakan, kapasitas RAM atau memory, serta penyimpanan antara HDD atau SSD.

Padahal jika kamu menggunakan Laptop dalam jangka waktu yang lama memilih panel yang baik adalah pilihan yang tepat. Ada 3 panel yang biasa ditemui di perangkat Laptop yaitu TN, VA, dan IPS. Kelebihan layar TN bagi produsen membuat tipe panel ini masih cukup banyak digunakan.

TN banyak ditemui di tipe Laptop low-end dengan harga yang tidak cukup mahal. Dari spesifikasi tidak bisa dikatakan biasa saja, tetapi entah kenapa panel TN masih cukup banyak digunakan di spesifikasi Laptop yang terbilang sudah cukup mumpuni.

Di tengah-tengah TN dan IPS ada yang namanya panel VA. Selain IPS dan TN saya juga akan bahas kelebihan layar VA dari kedua panel lainnya. Oleh karena itu jika kamu bingung dan tidak tau perbedaan antara ketiganya kamu bisa baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut bagi kamu pengguna Android jika saat ingin menggunakan fitur layar terpisah tidak bisa karena aplikasi tidak mendukung kamu bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas. Di artikel tersebut saya jelaskan faktor penyebab dan solusi mengatasinya.

TN (Twisted Nematic) dan Kelebihan Layar TN

Panel TN adalah panel yang sudah ada sejak lama dan bisa dikatakan biaya produksinya paling terjangkau dari ketiga panel yang sudah saya sebutkan diatas. TN atau Twisted Nematic merupakan teknologi panel yang paling banyak digunakan sampai saat ini.

Cara kerja panel TN yaitu dengan menampilkan gambar dengan efek Twisted Nematic, efek yang memungkinkan molekul kristal cair dikontrol dengan tegangan listrik. Ketika mendapat tegangan kristal cair akan berputar 90 derajat yang dikombinasikan oleh lapisan polarisasi yang memungkinkan cahaya melewatinya.

Sedangkan jika tidak mendapatkan tegangan kristal-kristal tadi tidak diputar sehingga menghalangi cahaya. Salah satu keunggulan atau kelebihan tipe layar TN yaitu memiliki response time yang paling baik tetapi selain itu panel TN biasa-biasa saja.

VA (Vertical Alignment) dan Kelebihan Layar VA

Vertical Alignment atau VA merupakan teknologi yang ada untuk membuat sebuah layar yang lebih murah dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Karena layar biasanya adalah komponen yang mudah dipangkas, contohnya Laptop sudah menggunakan Dedicated Graphics card tetapi masih mengusung layar TN.

Supaya spesifikasi dan panel layar tidak njomplang efek dari biaya produksi layar VA bisa menjadi alternatif karena diantara TN dan IPS. Seperti namanya VA menggunakan kristal cair yang tegak lurus atau vertikal terhadap substrat.

Jika panel TN menawarkan response time yang paling baik, VA atau Vertical Alignment menawarkan reproduksi warna serta viewing angle yang lebih baik tetapi untuk response time tidak sebagus TN. VA kini cukup sering ditemui karena panel ini mirip-mirip dengan IPS dan menjadi alternatif layar IPS. Jadi kelebihan layar VA sangat cocok bagi kamu yang mengutamakan kenyamanan mata.

IPS (In-Plane Switching) dan Kelebihan Layar IPS

Teknologi layar paling populer karena dari sisi kelebihan dan kekurangannya bisa dimaklumi. Karena itulah banyak perangkat elektronik menggunakan layar dengan panel IPS mulai dari smartphone, TV, Laptop, Monitor, dan masih banyak yang lainnya.

IPS atau In-Plane Switching dikembangkan untuk menyelesaikan masalah yang ada di panel TN. Cara kerja panel IPS yaitu menyejajarkan kristal dengan substrat kaca sedangkan di panel TN memutar kristal untuk memodifikasi jumlah cahaya yang masuk.

Panel ini memiliki kelebihan yang banyak mulai dari kualitas gambar yang bagus, viewing angle luas, serta reproduksi warna yang baik. Untuk response time juga terbilang cukup bagus hanya sedikit lebih lambat dari panel TN.

Setelah membaca penjelasan diatas mengenai kelebihan layar IPS, kelebihan layar TN dan layar VA mungkin kamu akan tau, tetapi jika tidak mencoba dan melihatnya secara langsung kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhan kamu.

Untuk sekedar menggunakan Microsoft Word, browsing, serta keperluan ringan lainnya layar TN sudah cukup bagus. Untuk kebutuhan editing tingkat lanjut atau penggunaan layar yang lebih lama saya sarankan minimal pilih panel VA.

Tetapi jika ada uang lebih untuk layar jika bisa harus IPS karena kenyamanan saat memandang itu nomor satu. Sedangkan prosesor disesuaikan dengan kebutuhan dan RAM serta penyimpanan pilih yang terdapat opsi upgrade arau upgradeable.

Cukup sekian penjelasan dari saya mengenai kelebihan layar IPS, TN, dan VA serta cara kerja masing-masing panel. Sebelum saya akhiri wajib bagi pengguna HDD kamu harus defrag Hardisk yang kamu miliki supaya tidak bermasalah di waktu yang akan datang.