Mengenal Teknologi Anti Glare di Layar Laptop dan Keunggulannya

Mengenal Teknologi Anti Glare di Layar Laptop dan Keunggulannya

HiPoin.com – Banyak sekali pertimbangan yang perlu kamu nilai secara benar-benar saat ingin membeli sesuatu salah satunya Laptop. Tidak hanya jenis layar yang digunakan kamu juga harus memastikan bahwa ada teknologi Anti Glare atau Anti-Glare yang tidak akan membuat kamu kesulitan kedepannya.

Kenapa saya katakan harus kamu pastikan? karena memang teknologi ini sangat bermanfaat dan pasti sangat berguna. Selain itu Anti-Glare bisa ditemukan di perangkat Laptop yang menggunakan layar TN (Twisted Nematic) sekalipun.

Karena cukup sulit menemukan Laptop dengan harga yang pas tetapi menggunakan layar IPS, kamu tidak terlalu rugi jika membeli Laptop dengan layar TN atau VA (Vertical Alignment) tetapi sudah mendukung Anti Glare.

Layar Anti Glare tidak selalu ada karena teknologi ini tidak termasuk teknologi wajib atau bawaan. Karena banyak Laptop yang menggunakan layar IPS , spesifikasi atas, dan harga mahal tidak memiliki Anti-Glare.

Sedangkan Laptop yang murah dengan layar TN atau VA banyak yang sudah mendukung Anti-Glare. Supaya kamu tau, tidak bingung, dan bisa menjadi pertimbangan saat membeli Laptop kali ini saya akan menjelaskan mengenai apa itu yang dinamakan Anti-Glare.

Jika tidak ada keterangan Anti Glare berarti Laptop tersebut masih menggunakan jenis Glossy. Bagus mana antara Glossy dan Anti-Glare? tentu saja kelebihan Anti Glare sangat banyak dan fungsional oleh sebab itu Anti-Glare ditulis pada spesifikasi.

Sebelum lanjut apakah kamu baru memiliki iPhone dan membelinya secara bekas atau second?. Jika iya kamu bisa baca membedakan layar iPhone asli atau palsu dan apa efeknya jika iPhone tidak menggunakan layar original.

Antara Teknologi Anti Glare dan Glossy Pada Layar

Anti-Glare memiliki jenis permukaan layar yang bisa mengurangi refleksi cahaya lebih banyak dan lebih baik. Efek lapisan Anti-Glare akan bermanfaat saat kamu mengoperasikan Laptop di tempat yang banyak cahaya.

Baik cahaya alam seperti matahari saat di luar ruangan atau dari cahaya lampu saat berada di dalam ruangan. Anti Glare tidak memantulkan bayangan secara penuh dan bisa mereduksi pantulan dari sinar matahari dengan baik.

Berbeda dengan layar Anti Glare, layar dengan jenis Glossy mudah ditemui karena jika tidak mendukung Anti Glare maka layar tersebut Glossy. Layar jenis Glossy tidak mampu mengurangi refleksi cahaya dengan baik.

Pantulan cahaya dan benda di depan layar akan terlihat jelas dan bisa dikatakan bisa kamu gunakan sebagai cermin dadakan. Walaupun sangat sensitif dengan cahaya layar Gossy memiliki karakter yang lebih jelas dan tajam.

Kontras di layar Gossy sangat kuat dan sering digunakan pada Laptop berjenis 2in1 atau 3in1 yang sudah mendukung layar sentuh. Karena dengan kontras serta gambar yang lebih tajam dan jelas layar Glossy sangat cocok untuk urusan editing.

Menilai Kelebihan Anti Glare Serta Kekurangannya

Masing-masing memiliki kelebihan tersendiri dan bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Mengecualikan spesifikasi Laptop kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kamu nantinya.

Bagi pekerja kantoran yang bekerja di dalam ruangan serta pekerja lapangan yang sering menggunakan Laptop di luar ruangan kamu bisa memilih yang sudah mendukung Anti-Glare.

Sedangkan untuk editor memang disarankan memilih yang tipe Glossy khususnya yang sering mengatur dan merubah kontras, saturasi, dan lainnya. Tetapi jika hanya editing tanpa ada color grading memilih yang sudah menggunakan teknologi Anti-Glare bukanlah pilihan yang buruk.

Teknologi Anti Glare salah satu teknologi yang dikhususkan untuk layar demi membuat pengguna nyaman melihat layar di situasi apapun dan kondisi apapun dalam jangka waktu yang lama. Tetapi ingat kamu harus cek secara benar spesifikasi Laptop yang ingin kamu beli.

Biasanya teknologi Anti Glare akan dituliskan pada spesifikasi Laptop yang ada di box nya. Untuk memastikan kamu bisa cek di mesin pencarian dengan tipe Laptop yang ingin kamu beli secara lengkap.

Atau misalnya kamu ingin membeli Laptop merek HP kamu bisa cek spesifikasinya secara lengkap di situs Official HP dan ketik pada kolom pencarian. Itu saja pembahasan mengenai teknologi Anti Glare, sebelum saya akhiri kamu perlu tau fitur layar terpisah yang ada di Android layaknya jendela di perangkat Windows.