3 Solusi Mengatasi Wallpaper Tidak Bisa Diganti

3 Solusi Mengatasi Wallpaper Tidak Bisa Diganti

HiPoin.com – Mengganti dan mengubah wallpaper bisa kamu lakukan supaya tampilan perangkat kamu menjadi lebih keren dan menarik. Mengganti wallpaper bisa dilakukan dengan mudah tetapi banyak kasus wallpaper tidak bisa diganti.

Kenapa wallpaper tidak bisa diubah atau diganti? sebenarnya ada beberapa faktor kenapa wallpaper tidak bisa diganti baik di layar utama atau layar kunci. Penyebabnya pun bervariasi antara di perangkat desktop seperti Komputer dan Laptop serta perangkat mobile seperti Android dan iOS.

Ada 2 cara yang biasanya dilakukan untuk mengubah wallpaper, yang pertama langsung dari layar utama dan yang kedua lewat Setelan atau Pengaturan. Atau kamu juga bisa langsung mengakses Galeri dan cari foto atau gambar yang ingin digunakan sebagai wallpaper lalu pilih Gunakan sebagai.

Tidak bisa mengubah wallpaper menjadi masalah tersendiri jika kamu sudah merasa bosan dengan wallpaper yang sekarang. Tampilan menjadi membosankan karena wallpaper tidak bisa diubah dengan foto atau gambar yang kamu inginkan.

Apa ada solusinya? supaya wallpaper bisa diganti dan diubah dengan foto dan gambar yang kita inginkan. Bisa atau tidak tergantung faktor penyebabnya. Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan penyebab dan solusi mengatasi wallpaper yang tidak bisa diganti.

Ingin mengaktifkan USB Debugging tetapi tidak tau letaknya? kamu bisa baca artikel cara mengaktifkan fitur USB Debugging di Android. USB Debugging perlu kamu aktifkan jika kamu membutuhkan akses tersebut seperti pada saat menghubungkan perangkat Android ke perangkat Windows.

Penyebab Wallpaper Tidak Bisa Diganti

1. Sistem Tidak Mengizinkan Penggantian Wallpaper

Mungkin kamu hanya tau bahwa di semua perangkat Android wallpaper layar depan dan layar kunci bisa diganti atau diubah, tetapi nyatanya tidak. Ada beberapa perangkat Android yang tidak memiliki opsi mengganti wallpaper sama sekali walaupun hanya wallpaper default.

Pada perangkat Android versi terbaru kemungkinan besar sudah tidak ada lagi, akan tetapi ada perangkat Android keluaran lama yang wallpapernya tidak bisa diganti. Menggunakan launcher pun sama saja wallpaper tidak akan bisa diganti.

2. File Wallpaper Bermasalah

Gagal mengubah wallpaper juga bisa terjadi karena ada masalah pada file foto atau file gambar yang ingin kamu gunakan sebagai wallpaper. Ada beberapa faktor dan penyebab, oleh karena itu saya satukan dan saya sebut sebagai file wallpaper bermasalah.

Ada 2 faktor penyebab yang paling umum terjadi yaitu karena file corrupt dan yang kedua karena ukuran file terlalu besar. Jika file corrupt file tidak akan bisa dibuka dan jika terlalu besar sistem akan terbebani dengan wallpaper tersebut.

3. Perlu Aktivasi

Dan penyebab tidak bisa mengubah wallpaper yang berikutnya khusus pada perangkat Windows. Ada kemungkinan jika Windows belum diaktifkan kamu tidak bisa mengakses menu Personalization khususnya Background.

Baik Windows 7, Windows, 8, atau Windows 10 kamu perlu melakukan aktivasi Windows terlebih dahulu. Ada banyak kelebihan yang akan kamu dapatkan setelah Windows Diaktifkan, salah satunya tulisan “Activate Windows” akan hilang.

Dari yang saya ketahui hanya itu saja yang bisa menyebabkan wallpaper di perangkat desktop dan mobile tidak bisa diganti. Kamu bisa tentukan sendiri penyebab mana yang sedang kamu alami, jika di perangkat Windows dan Windows belum diaktifkan kemungkinan karena penyebab yang terakhir.

Saya sendiri belum pernah mengalami wallpaper tidak bisa diganti, kecuali karena penyebab yang terakhir. Dan untuk penyebab yang pertama memang ada beberapa perangkat Android murahan yang tidak mengizinkan pengguna mengubah dan mengganti wallpaper.

Itu saja yang bisa saya jelaskan tentang solusi mengatasi gagal mengubah wallpaper atau background layar, semoga bermanfaat. Tema di perangkat Xiaomi ingin kamu ganti? kamu bisa baca artikel cara mengganti tema yang ada di perangkat Xiaomi dengan mudah.