3 Cara Mengatur Aplikasi Kamera Supaya Hasilnya Terang dan Tidak Gelap

3 Cara Mengatur Aplikasi Kamera Supaya Hasilnya Terang dan Tidak Gelap

HiPoin.com – Kamu bisa mengatur aplikasi kamera saat memotret di tempat yang gelap supaya hasilnya terang dan tidak terlalu buruk. Karena jika kamu asal tekan tombol shutter maka hasilnya tidaklah bagus bahkan sangat buruk.

Mengambil foto di malam hari atau low light memang sangat sulit. Tanpa cahaya yang memadahi kamera akan kesulitan menangkap objek yang ingin kamu foto. Jika untuk foto saja sangat buruk apalagi video.

Jelas hasilnya tidak jelas dan tidak layak untuk kamu tonton dan simpan. Karena memotret dan merekam video di objek yang gelap sangat sulit teknologi kamera di smartphone semakin di tingkatkan.

Dengan menyematkan teknologi kekinian diharapkan hasil kamera kurang terang bisa didapatkan. Karena jika sebelumnya objek tidak terlihat sama sekali tetapi berkat teknologi yang disematkan objek bisa terlihat walaupun kurang jelas dan banyak noise nya.

Apa saja yang bisa membuat hasil kamera menjadi lebih baik di saat kondisi cahaya yang sangat kurang? ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Jadi dengan apa yang akan saya sebutkan nantinya diharapkan hasil kamera gelap akan sedikit berkurang.

Kamera di HP kamu memiliki lensa makro? apa fungsi dan cara menggunakannya?. Lensa makro memang jarang yang suka dan lebih banyak yang mengharapkan lensa wide atau ultra wide. Tetapi jika di HP kamu ada lensa makro nya kamu bisa memanfaatkan untuk menghasilkan foto makro yang bagus.

Cara Mengatur Aplikasi Kamera Saat Memotret di Kondisi Gelap

1. Aktifkan dan Gunakan Flash

Flash Light atau lampu Blitz menjadi fitur wajib yang ada di sebuah HP. Kenapa saya sebutnya HP bukan smartphone? karena memang sebelum era smartphone ada yaitu era Java, HP yang ada memang sudah mendukung Flash Light atau Blitz.

Hanya saja terkadang masing-masing perangkat memiliki lampu yang berbeda yang mempengaruhi hasil foto dan video. Menurut saya yang bagus yaitu flash dengan lampu putih, tetapi nyatanya yang menggunakan lampu kekuningan juga banyak.

2. Aktifkan Mode Malam

Mode Malam atau Night Mode menjadi salah satu fitur kekinian yang ada di smartphone baik di iOS atau Android. Yang sebelumnya hasilnya gelap sama sekali akan menjadi kurang terang bahkan menjadi terang tanpa mengaktifkan flash.

Hasil kamera kurang terang itu sudah hasil yang bagus jika situasi benar-benar gelap. Jadi untuk hasil yang maksimal kamu bisa menggunakan flash light bersamaan dengan mode malam supaya hasilnya lebih bagus lagi.

3. Naikan ISO

Untuk mengakali hasil kamera gelap, langkah terakhir kamu bisa menaikan ISO. Semakin tinggi ISO maka sensor akan semakin sensitif sehingga nantinya kamera akan semakin banyak menangkap gambar yang lebih cerah karena cahaya yang masuk semakin banyak.

Sayangnya mengatur ISO tidak mudah karena kamu harus mengaturnya secara manual. Sedangkan di Mode Malam atau Night Mode ISO dibuat tinggi dengan sistem jadi tau berapa ISO yang diperlukan supaya kamera dapat menangkap cahaya lebih banyak tetapi tidak berlebihan.

Bagi kamu yang memiliki smartphone baik iOS atau Android yang sudah mendukung mode malam saya sarankan manfaatkan mode ini. Jika kurang terang aktifkan flash sebagai pendukung supaya hasilnya lebih terang dan minim noise.

Menggunakan flash light saja sebenarnya sudah cukup, tetapi jika bisa kamu bisa atur ISO nya supaya lebih baik lagi. Mengambil foto di malam hari memang terkadang bagus untuk di posting ke sosial media tetapi untuk mendapatkan hasil yang layak sangatlah sulit.

Itu saja pembahasan kali ini mengenai cara mengatur aplikasi kamera saat ingin memotret malam hari semoga bermanfaat bagi kamu semua. Aplikasi kamera bawaan tidak bisa dibuka atau diproses terus saat dibuka? kamu bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.