Penyebab & Solusi Aplikasi Kamera Memproses Padahal Tidak Digunakan di Android

Penyebab & Solusi Aplikasi Kamera Memproses Padahal Tidak Digunakan di Android

HiPoin.com – Aplikasi kamera di ponsel Android sering mengalami masalah seperti tidak bisa dibuka, aplikasi berhenti, atau mengalami kesalahan. Nah permasalahan lainnya yang baru saya temui ialah aplikasi kamera memproses pada saat tidak kita gunakan.

Saya sendiri sedikit bingung kenapa aplikasi kamera memproses saat tidak digunakan. Pemberitahuan memproses ini muncul di status bar ponsel pintar Android saya, karena sebelumnya belum pernah mengalami hal seperti itu.

Dan saya juga bingung kenapa bisa seperti itu, karena selama ini tidak pernah mengalami kejadian aneh pada aplikasi kamera di ponsel Android yang saya gunakan. Mungkin yang sering terjadi yaitu aplikasi kamera berhenti atau kesalahan pada aplikasi kamera.

Setelah saya telusuri, ternyata ada salah satu pengaturan kamera yang menyebabkan aplikasi kamera mengalami pemrosesan padahal sedang tidak kita gunakan. Fitur tersebut membuat aplikasi selalu stand-by supaya jika aplikasi kamera di gunakan untuk memotret maka fitur tadi sudah aktif dan bisa digunakan.

Apasih fitur yang membuat aplikasi kamera pada ponsel Android tiba-tiba memproses? Jika kamu ingin tau kamu bisa baca artikel ini sampai akhir karena saya akan menjelaskan bagaimana mengatasi permasalahan mengenai aplikasi kamera Android yang tidak digunakan tetapi tetap memproses.

Untungnya fitur yang ada di kamera tersebut tidak membuat daya baterai menjadi boros, jadi kita tetap bisa menghemat daya tahan baterai. Berikut ini cara mengatasi aplikasi kamera di Android yang selalu memproses secara tiba-tiba padahal tidak dibuka dan tidak digunakan.

Cara Mengatasi Aplikasi Kamera Memproses Secara Tiba-Tiba di Android

Langkah ke-1: Kamu buka aplikasi Kamera pada ponsel Android yang kamu miliki, lalu pilih menu Pengaturan Kamera

Memperbaiki Kamera Memproses di Android

Langkah ke-2: Carilah pengaturan HDR pada menu pengaturan kamera

Menu HDR di Pengaturan Kamera

Langkah ke-3: Jika Mode HDR selalu Aktif atau Otomatis, silakan kamu Nonaktifkan saja

Nonaktifkan Pengaturan HDR Mode

Jika mode HDR pada pengaturan tidak aktif, maka aplikasi kamera tidak akan stand-by untuk mengaktifkan mode tersebut. Jika sudah di nonaktifkan dan tidak dipilih aktif atau otomatis, permasalahan aplikasi kamera memproses tidak akan terjadi lagi.

Di beberapa aplikasi kamera mungkin jika mode HDR selalu aktif tidak akan mengalami permasalahan seperti itu. Namun banyak kasus di beberapa aplikasi kamera beberapa vendor smartphone mengalami hal yang serupa, yaitu aplikasi kamera memproses saat tidak digunakan.

Karena jika kita menggunakan mode HDR, hasil dari jepretan kamera akan terlihat lebih jelas khusus nya pada situasi dimana banyak cahaya. Walaupun terlihat sangat sederhana, namun sistem dan aplikasi butuh kerja keras untuk bisa menggunakan mode kamera yang satu ini. Maka dari itu di beberapa kesempatan aplikasi kamera memproses walaupun tidak dibuka dan digunakan.