5 Tips Memotret Saat Malam Hari Menggunakan Smartphone

5 Tips Memotret Saat Malam Hari Menggunakan Smartphone

HiPoin.com – Tidak hanya siang hari, memotret saat malam hari bisa kamu lakukan supaya mendapatkan foto yang bagus. Salah satu kelebihan memotret saat kondisi malam hari yaitu mendapatkan cahaya-cahaya lampu yang tidak akan kita dapatkan saat siang hari.

Cahaya yang berasal dari lampu membuat efek secara natural yang dapat kita manfaatkan. Sayangnya untuk mendapatkan hasil yang bagus tidaklah mudah. Selain harus memilih lokasi dan tempat yang cocok, kamera yang digunakan juga harus mendukung beberapa fitur.

Salah satunya harus memiliki megapixel yang besar. Karena kelemahan mengambil foto di malam hari yaitu noise yang bermunculan. Noise memang selalu muncul saat mengambil foto dengan dukungan cahaya yang kurang.

Untuk mengurangi noise, megapixel yang besar bisa mengurangi noise yang bermunculan. Selain itu fitur Night Mode juga bisa dimanfaatkan. Night Mode salah satu fitur wajib yang ada di perangkat ponsel pintar Flagship. Oleh karena itu kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut.

Supaya kamu bisa menghasilkan foto yang bagus maka kali ini saya akan menjelaskan beberapa tips memotret saat malam hari supaya hasil foto yang dihasilkan maksimal. Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan supaya hasil foto yang kamu ambil bagus dan jelas.

Tentu saja hasil memotret di tempat gelap kualitasnya tidak sebagus memotret di tempat yang terang. Akan tetapi foto yang dihasilkan bisa lebih bagus karena ada beberapa komponen pendukung lainnya yang tidak ada saat siang hari.

Tanpa panjang lebar lagi langsung saja saya jelaskan apa saja tipsnya. Namun sebelum lanjut ke tips mengambil foto di malam hari kamu perlu tau cara menerjemahkan tulisan yang ada di foto dan gambar. Kamu bisa menerjemahkan tulisan tersebut dengan bantuan aplikasi Google Lens.

Tips Memotret Saat Malam Hari

1. Cari Tempat Terbaik

Tips memotret saat malam hari yang pertama yaitu kamu bisa mencari dan menentukan lokasi yang bagus. Lokasi yang bagus seperti apa? hanya kamu yang bisa menentukannya. Akan tetapi ada 2 faktor penting yang bisa kamu jadikan pertimbangan.

Yang pertama kamu bisa mencari lokasi yang bagus. Tentu saja lokasi yang bagus tergantung selera kamu. Tidak hanya bagus, kamu juga perlu memperhatikan faktor pencahayaan. Jangan gunakan lokasi yang benar-benar gelap, carilah lokasi yang memiliki pencahayaan bagus dari lampu di sekitar.

2. Gunakan Tripod Bila Perlu

Tripod dibutuhkan karena saat memotret di cahaya kurang shutter speed atau kecepatan rana akan sedikit lama. Ada alasan tersendiri tentang hal ini, karena lamanya shutter speed berkaitan dengan cahaya yang di tangkap.

Semakin lama shutter speed atau kecepatan rana maka cahaya yang ditangkap akan semakin banyak juga. Walaupun kamu menggunakan mode otomatis, kecepatan shutter saat malam hari akan lebih lama dari pada siang hari.

3. Tambah Dukungan Cahaya

Tips yang berikutnya saat memotret di tempat gelap yaitu dengan menambah pencahayaan. Kamu bisa memanfaatkan lampu flash yang ada di ponsel kamu. Untuk hasil yang maksimal pastikan lampu flash yang kamu gunakan berwarna putih bukan kuning.

4. Gunakan Mode Manual

Memotret saat malam hari bukanlah masalah besar jika kamu bisa mengunakan mode manual. Salah satu fitur yang bisa kamu gunakan saat menggunakan mode manual yaitu mengatur shutter speed supaya lebih lama. Untuk hasil yang maksimal jangan lupa gunakan Tripod.

5. Manfaatkan Night Mode

Tips yang terakhir kamu bisa memanfaatkan fitur Night Mode. Tanpa mengatur beberapa setelan seperti mode manual, dengan Night Mode kamu hanya perlu menekan tombol shutter saja. Hasilnya? sangat bagus dan sangat saya rekomendasikan.

Nah itu dia beberapa tips memotret saat malam hari supaya hasil foto yang dihasilkan bagus dan tidak banyak noisenya. Misalnya hasilnya masih kurang bagus kamu bisa mengedit foto tadi dengan beberapa setelan seperti filter, kontras, dan exposure.

Tidak mudah memang memotret saat malam hari, oleh karena itu sangat jarang fotografi melakukan pemotretan saat malam hari. Kecuali sengaja mengambil moment malam hari untuk beberapa keperluan khusus.

Itu saja yang bisa saya jelaskan, semoga bermanfaat bagi kamu semua. Sebelum saya akhiri mungkin kamu perlu tau solusi mengatasi format tidak didukung. Format tidak didukung sering muncul saat membuka file atau saat mengunggah file.