Pengertian Sheet, Cell, Range, dan Formula Bar di Microsoft Excel

Pengertian Sheet, Cell, Range, dan Formula Bar di Microsoft Excel

HiPoin.com – Baru beberapa kali menggunakan Microsoft Excel atau sudah sering menggunakan tetapi belum paham beberapa fitur penting yang ada di MS Excel? kamu berada di artikel yang tepat. Karena kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian Sheet, Range, Cell, dan Formula Bar.

Microsoft Excel salah satu aplikasi yang banyak digunakan dari beberapa aplikasi yang ada di program Microsoft Office. Selain Excel, ada juga Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint yang keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Jika diurutkan Microsoft Word di urutan pertama, Microsoft Excel di urutan kedua, sedangkan Microsoft PowerPoint berada di urutan ketiga. Kembali ke topik, Range, Sheet, Cell, dan Formula Bar adalah salah satu fitur yang pasti digunakan saat mengoperasikan Excel.

Kamu mungkin tidak tau apa itu Range dan apa yang dimaksud dengan Cell. Karena Range dan Cell tidak memiliki tempat khusus seperti Sheet dan Formula Bar. Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian Sheet, Formula Bar, Range, dan Cell.

Tidak usah panjang lebar lagi, langsung saja saya jelaskan pengertian dan arti keempat fitur tadi. Namun sebelum lanjut mungkin kamu perlu tau tips menjadi blogger sukses. Karena kemungkinan besar orang yang menggunakan MS Word dan MS Excel suka menulis artikel.

Pengertian Sheet di Microsoft Excel

Pengertian Sheet di Excel

Worksheet atau Sheet adalah lembar kerja Excel berupa baris dan kolom yang membentuk tabel. Oleh karena itu membuat tabel perhitungan akan lebih mudah menggunakan Microsoft Excel dari pada menggunakan Microsoft Word.

Lalu apa yang disebut dengan baris dan kolom? Baris adalah susunan dalam bentuk horizontal ‘mendatar’. Sedangkan Kolom susunan dalam bentuk vertikal ‘tegak’. Ada juga yang menyebutkan bahwa Baris kumpulan dari beberapa kolom sedangkan Kolom kumpulan dari beberapa baris.

Setelah tau pengertian Sheet, mungkin kamu akan bertanya apakah jumlah Sheet bisa ditambah? Tentu saja bisa, akan tetapi defaultnya kamu akan mendapatkan tiga Sheet, yaitu Sheet1, Sheet2, dan Sheet3. Jika dibutuhkan kamu bisa membuat Sheet baru.

Apa itu Cell di Microsoft Excel

Arti Cell di Excel

Saya yakin jika kamu tidak belajar tentang Microsoft Excel kamu tidak akan tau Cell dan Range. Jadi singkatnya Cell di Microsoft Excel adalah pertemuan antara bari dan kolom. Pertemuan antara baris dan kolom akan membuat sebuah Cell, misalnya Cell E5 dan Cell F6.

Apa arti Cell E5 dan Cell F6?. Cell E5 memiliki arti kolom E di baris ke-5. Sedangkan Cell F6 memiliki arti kolom F di baris ke-6. Setiap kamu menginput data di lembar kerja Excel maka kamu menginput data di sebuah Cell. Setelah Cell ada juga yang disebut dengan Range.

Apa itu Range di Microsoft Excel

Arti Range di Excel

Yang berikutnya yaitu Range, apa arti Range dalam Excel? Range adalah kumpulan dari beberapa Cell. Biasanya jika kamu ingin menghitung rumus kamu akan membuat sebuah Range karena harus menyeleksi data yang ingin dihitung.

Misalnya kamu ingin menghitung total biaya yang ada di kolom F. Jadi kamu menyeleksi biaya dari paling atas sampai paling bawah, sebagai contoh F2:F6. Apa arti F2:F6? artinya ialah Range dimulai dari Cell F2 hingga Cell F6. Jika menggunakan rumus SUM akan menjadi seperti ini “=SUM(F2:F6)“.

Fungsi Formula Bar

Fungsi Formula Bar di excel

Yang terakhir yaitu Formula Bar. Formula Bar berfungsi sebagai letak rumus atau formula yang digunakan di Microsoft Excel. Semua rumus dan formula yang kamu gunakan akan tampil di Formula Bar jika kamu menekan pada Cell terkait.

Misalnya kamu sudah menggunakan rumus SUM di Cell F7. Maka saat kamu mengarahkan kursor ke Cell F7 dan menekannya maka di Formula Bar akan tampilan rumus yang kamu gunakan. Misalnya akan tampil rumus =SUM(F2:F6).

Jadi itu dia penjelasan saya mengenai pengertian Sheet, arti Cell dan Range, serta apa fungsi dari Formula Bar. Supaya kamu lebih paham, saya sertakan juga gambar tangkap layar yang saya ambil dari aplikasi Microsoft Excel tahun 2013.

Misalnya kamu menggunakan versi tahun yang lebih rendah seperti tahun 2010 dan 2007 atau tahun yang lebih tinggi tahun 2016, untuk keempat fitur tadi tidak ada yang berbeda. Karena keempatnya adalah komponen basic Microsoft Excel.

Mungkin itu saja penjelasan saya mengenai pengertian Sheet atau Worksheet, Range, Cell, dan Formula Bar. Semoga pembahasan saya mengenai pengertian Sheet hingga Formula Bar bermanfaat bagi kamu. Jika kamu belum tau cara membuat tabel di Microsoft Excel kamu bisa baca artikel tentang pembahasan tersebut.