Tips Menjadi Publisher Google AdSense Bagi Pemula

Tips Menjadi Publisher Google AdSense Bagi Pemula

HiPoin.com – Pasti kamu pernah mendengar istilah mengenai Publisher Adsense dan seketika kamu ingin menjadi Publisher juga. Saya kira kini sudah banyak orang yang tau mengenai Publisher dan Content Creator. Karena kedua pekerjaan tadi bisa kita lakukan di rumah seperti halnya memulai usaha.

Salah satu yang perlu kamu ketahui yaitu perbedaan Blogger dan Publisher. Blogger dan Publisher menggunakan media yang sama yaitu sebuah blog atau situs. Jika kamu menggunakan layanan dari Google Adsense untuk mendapatkan uang maka kamu bisa disebut Publisher Google Adsense.

Lalu apa perbedaan antara Publisher dan Blogger? Blogger adalah seseorang yang menulis sebuah konten untuk dirinya sendiri dan orang lain tanpa memikirkan pendapatan. Bisa disimpulkan bahwa seorang Blogger adalah orang yang menulis karena hobi.

Sedangkan seorang Publisher adalah orang yang menulis konten pada sebuah blog atau situs untuk tujuan mencari uang atau pendapatan. Karena berkaitan dengan pendapatan, Publisher bisa dikatakan sebagai sebuah pekerjaan. Pekerjaan Publisher sama seperti seorang Blogger, yaitu menulis sebuah konten.

Karena tujuannya berbeda, gaya penulisan antara Publisher dan Blogger sangat jauh berbeda. Untuk menjadi Publisher yang handal kamu harus bisa membuat konten sebaik mungkin untuk para pembaca dan untuk mesin pencarian atau Search Engine.

Untuk itu kali ini saya akan membahas tentang beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya kamu bisa menjadi Publisher yang sukses. Sukses disini dalam artian konten yang kamu terbitkan bermanfaat serta situs kamu mempunyai pengunjung yang banyak.

Sebelum kita lanjutkan pembahasannya, kamu bisa baca terlebih dahulu solusi verifikasi domain di Google Search Console yang gagal. Karena melakukan verifikasi domain yang kita miliki ke Webmaster sangatlah penting jika kamu seorang Publisher, karena ini salah satu syarat untuk mendatangkan pengunjung.

Menjadi Publisher Tidak Mudah

Karena Publisher tergolong pekerjaan, maka untuk menjadi seorang Publisher tidak semudah yang kamu pikirkan. Kamu tidak disarankan membuat konten artikel sembarangan, karena tujuan Publisher membuat konten untuk mendatangkan pengunjung.

Semakin banyak pengunjung di artikel-artikel yang sudah kamu terbitkan akan sebanding dengan pendapatan yang akan kamu dapatkan. Oleh sebab itu seorang Publisher harus benar-benar memiliki passion dalam membuat sebuah artikel yang dapat menarik pengunjung.

Membuat Situs

Umumnya para Publisher dan Blogger menggunakan platform Blogger.com atau WordPress.org. Untuk tingkat pemula saran saya lebih baik kamu menggunakan Blogger.com saja karena ini gratis kecuali domain dan template yang ingin kamu gunakan.

Tetapi jika kamu pemula dalam dunia blogging tetapi kamu memiliki dana yang cukup saran saya kamu bisa mencoba WordPress.org. Di WordPress Selft Hosted selain butuh domain dan theme kamu juga perlu Hosting untuk bisa menjalankan situs yang kamu miliki.

WordPress jelas sangat bagus bagi pemula, karena kamu dapat menginstall plugin tambahan supaya artikel yang sudah kamu terbitkan bisa berada di halaman satu atau page one dengan mudah. Untuk masalah pembuatan situs saya serahkan ke diri kamu sendiri, sesuai kemampuan kamu dalam mengelola sebuah situs.

Konten Bermanfaat dan Tetarget

Salah satu yang perlu Publisher miliki jika ingin menjadi Publisher yang berhasil dan sukses yaitu dapat membuat konten yang tetarget dan bermanfaat. Karena tujuan utama untuk mendapatkan penghasilan, kamu perlu mendatangkan pengunjung yang banyak pada situs yang kamu kelola.

Selain membuat konten artikel yang bermanfaat, kamu juga wajib belajar mengenai SEO (Search Engine Optimization). Wajib hukumnya kamu belajar mengenai SEO. Karena faktor SEO banyak, saya berharap kamu tau salah satu faktor optimasi supaya situs kamu bisa lebih berkembang.

Baik On-Page SEO atau Off-Page SEO minimal kamu tau apa perbedaan antara teknik On-Page dan Off-Page. Salah satu yang bisa kamu lakukan jika kamu ingin menjadi Publisher sukses yaitu buatlah konten How-To dan konten Evergreen.

Daftar Google Adsense

Ada banyak artikel di internet mengenai cara daftar Google Adsense supaya tidak ditolak. Yang perlu kamu ketahui, jika sudah menjadi seorang Publisher kamu harus menjaga situs dan akun Adsense kamu supaya tidak mendapatkan masalah. Untuk itu kamu bisa membaca Kebijakan Adsense bagi pemula.

Dari pembahasan diatas, saya simpulkan jika kamu ingin menjadi Publisher Adsense yang berhasil dan sukses, berpikirlah secara maju. Saya akui pengunjung adalah kunci utama seperti halnya seorang Youtuber yang membuat konten video menarik supaya video yang mereka unggah mendapatkan views yang banyak.

Tidak mudah melakukannya, tetapi jika kamu memiliki passion sebagian Publisher dan ingin menjadi Publisher saya yakin kamu akan bisa. Butuh proses, butuh waktu layaknya kita mendirikan usaha dan perusahaan besar. Kamu hanya perlu tau bahwa Publisher adalah sebuah pekerjaan bukanlah sebuah hobi.