Jaringan 5G Tidak Muncul di Ponsel? Jangan Panik

Jaringan 5G Tidak Muncul di Ponsel? Jangan Panik

HiPoin.com – Jaringan 4G yang sudah tersedia beberapa tahun yang lalu sebenarnya belum maksimal di Indonesia. Tetapi kini jaringan 5G sudah muncul dan sudah mulai populer dan banyak pengguna yang mengatakan jaringan 5G tidak muncul.

Hal yang sangat wajar dan kamu seharusnya tau kenapa jaringan 5G belum muncul saat ini. Jaringan 5G merupakan jaringan seluler generasi kelima yang menawarkan kecepatan internet lebih tinggi dan lebih cepat dari pada generasi sebelumnya yaitu 4G.

Ada banyak sekali kelebihan jaringan 5G dari pada 4G dan yang pasti kemungkinan besar kekurangan jaringan seluler yang ada di generasi keempat atau 4G akan teratasi di jaringan seluler generasi kelima atau 5G.

Kepopuleran 5G yang selalu digembar-gemborkan membuat banyak pengguna penasaran dan ingin mengaktifkan jaringan 5G. Sebenarnya tidak perlu diaktifkan, asal semua faktor pendukung sudah mendukung jaringan 5G, jaringan 5G akan muncul dengan sendirinya.

Penasaran dan ingin tau boleh, akan tetapi kamu harus tau apa saja yang dibutuhkan supaya jaringan 5G bisa kamu gunakan. Misalnya jaringan 5G di perangkat kamu tidak muncul ada beberapa faktor yang memang belum mendukung.

Dan ini sangat wajar karena saat 4G muncul, tidak semua perangkat bisa menggunakannya dan tidak semua wilayah tersedia. Jadi butuh proses dan kamu harus tau apa saja yang dibutuhkan untuk menikmati koneksi jaringan terbaru tersebut.

Supaya kamu tau kali ini saya akan menjelaskan apa saja yang mempengaruhi dan yang bisa menyebabkan koneksi 5G tidak tersedia dan tidak tampil. Namun sebelum lanjut kamu bisa baca cara menonaktifkan akses internet di router dan modem wifi.

Penyebab Jaringan 5G Tidak Muncul

1. Perangkat Belum Mendukung 5G

Sebelum kamu memikirkan hal yang lain kamu harus memastikan perangkat yang kamu miliki sudah mendukung jaringan atau koneksi 5G. Ini adalah hal yang utama karena jika faktor lainnya mendukung tetapi perangkat yang digunakan tidak mendukung maka hasilnya tidak ada.

Jika perangkat kamu tidak mendukung 5G kamu tidak perlu memikirkan koneksi 5G yang sedang populer. Kecuali kamu memiliki keinginan kedepannya untuk mengganti perangkat yang salah satu syaratnya sudah mendukung koneksi 5G.

2. Cari Info Apakah Kartu Lama Mendukung 5G

Untuk 4G hampir semua kartu perdana atau kartu SIM perlu diganti. Hanya kartu perdananya sedangkan nomor bisa menggunakan nomor yang sebelumnya. Kemungkinan besar kartu perdana yang beredar sebelumnya belum mendukung koneksi 4G yang baru tersedia.

Sedangkan untuk 5G saya belum tau, kemungkinan besar iya kemungkinan besar tidak. Tetapi seharusnya pihak operator seluler sudah sadar bahwa perkembangan teknologi sangat cepat, jadi sudah mempersiapkan dukungan jaringan 5G di kartu perdana 4G yang sudah lebih dahulu tersedia.

3. Pastikan Jangkauan Jaringan 5G

Sama seperti saat kemunculan jaringan 4G, jangkauan 5G tidak akan langsung merata. Jadi masalah koneksi 5G tidak tersedia selain karena perangkat yang tidak dukung bisa juga karena di daerah kamu belum terjangkau jaringan ini.

Asalkan perangkat yang kamu gunakan sudah mendukung 5G dan mengecualikan penyebab kedua, kamu hanya perlu menunggu sampai jangkauan 5G sampai di daerah kamu ‘tergantung masing-masing operator seluler‘.

Kesimpulannya sebelum kamu bertanya bagaimana cara mengaktifkan jaringan 5G, kamu bisa memastikan semua faktor yang sudah saya sebutkan diatas kamu penuhi mulai dari perangkat yang mendukung, kartu SIM yang mendukung, dan jangkauan yang tersedia.

Operator seluler pasti akan mendukung koneksi 5G dengan cepat baik Telkomsel, Indosat Ooredoo dan Tri , XL dan Axis, serta Smartfren. Yang menjadi masalah yaitu jangkauannya selain di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Semarang.

Daripada kamu memikirkan masalah jaringan 5G tidak muncul lebih kamu nikmati jaringan 4G karena saya kira 4G sudah lebih dari cukup. Semakin cepat koneksi jaringan pemakaian kuota dan baterai akan lebih boros lagi.

Jadi saya pikir untuk semua kebutuhan 4G sudah lebih dari cukup. Itu saja yang bisa saya bahas mengenai penyebab jaringan 5G tidak muncul. Selain pembahasan diatas kamu bisa baca kenapa pembaruan sistem tiba-tiba hilang dan ini sangat sering terjadi.