5 Cara Mengatasi Face ID Tidak Berfungsi di iPhone dan Tidak Bisa Mendeteksi Wajah

5 Cara Mengatasi Face ID Tidak Berfungsi di iPhone dan Tidak Bisa Mendeteksi Wajah

HiPoin.com – Face ID sebagai sistem keamanan iPhone yang sudah menggunakan teknologi TrueDepth akan bermasalah jika kamu tidak bisa menggunakan Face ID karena Face ID tidak berfungsi. Face ID yang tidak berfungsi berbeda dengan Face ID off.

Untuk kasus Face ID off atau nonaktif yaitu keamanan ini benar-benar mati dan tidak bisa digunakan. Sedangkan kasus tidak berfungsi fitur Face ID masih tersedia dan masih bisa untuk memindai wajah, hanya saja tidak berhasil.

Penyebabnya bermacam-macam mulai dari human error, bug setelah update iOS, sampai tiba-tiba tidak berfungsi tanpa sebab. Salah satu penyebab tidak berfungsinya sistem keamanan Face ID yaitu karena Face ID tidak bisa membaca wajah.

Supaya bisa berfungsi kembali dan bisa memindai wajah kamu bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan atau beberapa hal yang bisa kamu pastikan bahwa kamu benar saat ingin mengaktifkan Face ID.

Selama fitur Face ID masih ada di pengaturan dan bisa untuk memindai wajah saat ingin kamu aktifkan kemungkinan besar masih bisa digunakan cukup tinggi. Untuk lebih jelasnya langsung saja saya bahas solusi wajah tidak terdeteksi Face ID yang membuat Face ID di iPhone menjadi tidak berfungsi.

Selain Face ID keamanan Fingerprint masih menjadi sistem keamanan utama di smartphone. Apabila Fingerprint atau Pemindai Sidik Jari di HP kamu ternyata tidak ada di pengaturan atau setelan dan tiba-tiba hilang kamu bisa baca artikel untuk mengembalikannya supaya kamu bisa memindai ulang sidik jari kamu.

Bersihkan Lensa Kamera Depan dan Sensor TrueDepth

Yang pertama kamu wajib membersihkan lensa kamera depan dan sensor TrueDepth. Cukup kamu lap dengan pakaian atau jika kamu takut lecet kamu bisa gunakan tisu untuk mengelap dan membersihkan lensa kamera depan dan sensor TrueDepth.

Lalukan Pemindaian Ulang Dari Awal

Apabila Face ID tidak bisa membaca wajah atau muka kamu dan muncul keterangan seperti “Turunkan iPhone sedikit lagi” dan “Posisikan wajah Anda dalam bingkai” tetapi tetap tidak bisa dan blur kamu bisa mulai dari awal proses pemindaian wajahnya.

Mulai Ulang iPhone Yang Kamu Miliki

Apabila masih tidak berhasil dan masih tetap gagal saat ingin mendaftarkan wajah kamu ke Face ID kamu bisa mulai ulang iPhone yang kamu miliki. Caranya silakan matikan iPhone yang kamu miliki dan hidupkan lagi. Tunggu beberapa menit dan coba lagi daftarkan wajah kamu ke Face ID.

Efek Bug iOS

Wajah tidak terdeteksi Face ID juga bisa terjadi karena bug iOS. Untuk kendala ini sebelum ada update ke versi iOS yang terbaru kamu belum bisa memperbaikinya. Jadi saran saya sabar saja dan jangan terlalu gegabah mengira bahwa Face ID di iPhone kamu sudah rusak.

Face ID dan TrueDepth Bermasalah

Terakhir jika kamu sudah update iOS ke versi yang baru tetapi tetap belum bisa maka bisa disimpulkan keamanan Face ID pada iPhone yang kamu miliki error dan bisa saja rusak. Yang jelas sudah tidak dapat digunakan dan untuk mengidentifikasi kerusakannya bisa kamu bawa ke service center resmi Apple atau ke tempat servis kepercayaan kamu.

Apabila kamu beli iPhone bekas dan ternyata ada riwayat penggantian layar atau LCD jika Face ID tidak berfungsi tiba-tiba kamu alami maka sudah dipastikan karena penggantian LCD tadi. Kamu tidak perlu cari penyebabnya dan untuk mengatasinya bisa langsung bawa ke tempat servis.

Dari kelima penyebab dan solusi yang sudah saya sebutkan penyebab utamanya yaitu biasanya karena bug iOS dan karena memang Face ID sudah error dan bermasalah. Sabar saya jika kamu mengalaminya setelah update iOS, tetapi jika tiba-tiba error kemungkinan ada masalah pada Face ID tersebut.

Sekian pembahasan mengenai solusi Face ID tidak berfungsi. Jika tidak berfungsi dan tidak bisa digunakan sama halnya dengan Face ID off kamu tidak bisa menggunakannya untuk membuka kunci layar. Ingin menukar kode hadiah dari Apple yang kamu dapatkan secara gratis? kamu bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut.