4 Solusi Format Tidak Didukung Pada File dan Video

4 Solusi Format Tidak Didukung Pada File dan Video

HiPoin.com – Perlu di ingat format tidak didukung bisa kamu atasi jika kamu tau penyebabnya. Saya sendiri pernah mengalami permasalahan ini dan seketika saya tau apa yang harus saya lakukan. Sebagai contoh saat kamu ingin memutar video.

Kamu mendapatkan video dari teman kamu dengan format .mkv. Saat kamu tonton video tadi di ponsel teman kamu video tersebut dapat di putar dengan lancar. Karena menarik kamu meminta video tersebut dan ingin kamu tonton juga lewat ponsel yang kamu miliki.

Akan tetapi setelah kamu buka ternyata video tidak bisa dibuka dan diputar. Itu dia salah satu hal yang akan terjadi jika format file tidak didukung. Kasus serupa juga bisa terjadi di aplikasi WhatsApp, aplikasi editing video Kinemtaser, atau di situs tertentu.

Sedikitnya ada 2 hal yang perlu kamu ketahui tentang masalah ini. Format file tidak mendukung akan terus muncul jika program atau aplikasi yang kamu gunakan tidak mendukung format tersebut. Tetapi masalah tersebut bukan masalah yang besar.

Kamu bisa mengatasi format tidak didukung dengan mudah. Hanya saja bagi orang awam tidak tau kenapa hal itu bisa terjadi. Oleh karena itu selain saya jelaskan penyebab dan cara mengatasinya, saya juga akan menjelaskan sedikit kenapa hal tersebut bisa terjadi.

Seperti kasus format video tidak didukung yang kamu alami. Namun sebelumnya kamu perlu baca juga kenapa foto tidak bisa dibuka. Foto atau gambar yang tidak bisa dibuka salah satu penyebabnya karena format foto dan gambar tidak didukung oleh galeri atau media.

Penyebab dan Cara Mengatasi Format Tidak Didukung

1. Gunakan Aplikasi Yang Mendukung Format Tersebut

Yang paling mudah yaitu kamu bisa menggunakan aplikasi atau software yang mendukung format file yang kamu miliki. Sebagai contoh video dengan format .mkv. Kamu bisa install Video Player yang mendukung format .mkv tidak hanya .mp4 saja.

Perlu di ingat, format .mkv dengan resolusi yang tinggi cukup berat. Bagi kamu pengguna Laptop atau Komputer dengan spesifikasi yang pas-pasan jangan memaksakan menonton video .mkv dengan resolusi tinggi jika tidak mau mengalami lag atau hang.

2. Ubah Format File

Selain dari sisi aplikasi, kamu juga bisa mengubah format dari sisi file yang ingin kamu buka atau yang ingin kamu kirimkan. Mengatasi format tidak didukung dengan cara ini paling cocok untuk mengatasi gambar atau foto yang formatnya tidak didukung.

Sebagai contoh kamu memiliki gambar dengan format .webp dan saat ingin kamu kirim lewat WhatsApp ternyata tidak bisa. Untuk mengatasinya kamu bisa merubah format gambar tadi menjadi .jpg atau .png lewat aplikasi edit foto.

3. Simpan Dengan Format Lain

Dari pada mengubah format, lebih baik kamu menyimpan video, foto, atau gambar dengan format yang didukung. Sebagai contoh kamu mengalami format video tidak didukung saat ingin mengunggah video. Dari pada kamu edit lagi lalu di export dengan format lain lebih baik kamu simpan dengan format yang telah didukung.

Jika video sudah jadi lalu kamu edit kembali kualitasnya akan turun. Tetapi jika kamu export dan render dengan format yang telah didukung kamu akan mendapatkan format file yang sesuai dengan kualitas video yang sama alias tetap baik.

4. Kompres Menjadi ZIP dan RAR

Dan yang terakhir kamu bisa mengkompres file menjadi .zip atau .rar. Solusi ini jika format tidak didukung saat ingin mengunggah file dalam jumlah yang banyak. Sebagai contoh situs tertentu hanya mendukung format .doc, .zip, dan .rar.

Akan tetapi yang ingin kamu unggah berformat .xls alias Excel. Karena situs tersebut mendukung ZIP dan RAR maka kamu bisa mengkompres file .xls yang kamu miliki supaya menjadi .zip atau .rar. Setelah itu kamu unggah, pasti bisa dan berhasil.

Nah itu dia keempat cara untuk mengatasi format tidak didukung yang sering kamu alami. Selain dari keempat cara diatas sebenarnya masih ada yang lain, akan tetapi saya rasa tidak perlu saya bahas karena keempat pembahasan yang sudah saya sebutkan sudah lebih dari cukup.

Misalnya format file tidak didukung saat membuka video maka pilihan yang bisa kamu pilih yaitu merubah format video atau menginstall pemutar video yang mendukung format tadi. Intinya sesuaikan saja dengan file dan kebutuhan kamu.

Sebelum saya akhiri pembahasan mengenai format tidak didukung kamu perlu tau cara upload video ke Twitter. Perlu di ketahui hanya aplikasi Twitter saja yang bisa kamu gunakan untuk mengunggah video, sedangkan di Twitter Lite tidak bisa.