File Foto Tidak Bisa Dibuka? Ini Dia Penyebab & Cara Mengatasinya

File Foto Tidak Bisa Dibuka? Ini Dia Penyebab & Cara Mengatasinya

HiPoin.com – Permasalahan foto tidak bisa dibuka sering saya alami saat melihat foto lama yang jarang saya lihat. Selain itu permasalahan ini juga sering saya temui saat mengunduh gambar dari internet. Entah kenapa bisa begitu, tetapi saya yakin kamu juga pernah mengalaminya.

Seperti file video dan aplikasi, foto bisa saja tidak bisa di buka karena faktor dari file tersebut. Sebagai contoh file corrupt. Istilah corrupt seharusnya sudah tidak asing lagi bagi kamu, karena permasalahan ini sering muncul saat kamu menginstall aplikasi tidak dari Play Store.

Foto atau gambar tidak bisa dibuka sebenarnya tidak menjadi masalah yang berarti. Saya pikir untuk sebuah foto yang di potret dari orang biasa seperti kita tidaklah penting. Karena foto yang ditangkap hanya foto pemandangan, foto diri sendiri, atau foto orang yang kita cintai.

Walaupun fotonya tidak penting, minimal kamu tau penyebab kenapa tidak bisa membuka foto yang kita miliki. Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan foto tidak bisa dibuka lewat File Manager atau lewat Galeri. Kamu tidak bisa memperbaiki file foto yang tidak bisa dibuka karena corrupt, tetapi masalah foto tidak bisa dibuka bukan karena itu saja.

Untuk lebih jelasnya mengenai masalah foto atau gambar tidak bisa dibuka, kamu bisa simak beberapa penyebab yang bisa membuat foto yang kamu miliki tidak dapat dibuka. Seperti halnya foto dan video yang tidak muncul di galeri, kamu harus tau cara mengatasinya.

Penyebab Foto Tidak Bisa di Buka di Android

1. File Corrupt

Kasus file foto atau gambar yang corrupt biasanya terjadi pada foto dan gambar yang kamu unduh dari internet, bukan hasil foto dari kiriman seseorang lewat Bluetooth atau hasil foto dari jepretan perangkat yang kamu gunakan. Untuk bisa melihat foto dan gambar yang kamu unduh tadi, kamu bisa download ulang file tersebut.

Penyebab utama sebuah file bisa corrupt yaitu karena file tidak lengkap. Singkatnya proses download belum berhasil 100%, oleh sebab itu file tidak bisa dibuka. File video dan aplikasi juga begitu, jika tidak berhasil 100% maka video tidak bisa diputar dan aplikasi tidak bisa di install.

2. Ukuran File Terlalu Besar

Penyebab berikutnya kenapa foto tidak bisa dibuka yaitu karena file foto terlalu besar. Rata-rata file hasil jepretan kamera ponsel yaitu dibawah 5 MB. Tetapi jika kamu menambahkan foto dari hasil jepretan kamera DSLR yang memiliki ukuran file sangat besar maka foto tidak akan bisa dibuka alias langsung lag.

Selain foto, pada gambar juga bisa terjadi. Sebagai contoh kamu mengunduh foto vector dengan ukuran asli diatas 10 MB, karena perangkat yang kamu gunakan tidak sanggup memproses gambar tersebut jadi gambar tidak bisa dibuka.

3. Format Tidak Didukung

Umumnya untuk format sebuah foto yaitu JPG/JPEG, sedangkan untuk gambar jika tidak JPG/JPEG ya PNG. Nah jika ponsel kamu hanya mendukung kedua format tadi, jika kamu memiliki foto dan gambar selain format diatas maka file foto dan gambar tidak akan bisa dibuka.

Sebagai contoh foto dengan format BMP dan WebP atau gambar dengan format SVG. Tetapi kamu bisa mencoba menginstall aplikasi galeri dari pihak ketiga untuk bisa membuka gambar dan foto dengan format tertentu.

Selain file yang corrupt, kamu mungkin akan bisa melihat foto atau gambar yang awalnya tidak bisa di buka di smartphone. Foto tidak bisa dibuka pada ponsel karena spesifikasi ponsel tidak mumpuni, oleh sebab itu kamu bisa mencoba membuka file foto tadi lewat Komputer atau Laptop.

Jika foto tidak bisa dibuka padahal sudah kamu akses lewat Komputer atau Laptop, kemungkinan yang bermasalah adalah file dari foto atau gambar tadi. Tidak ada yang bisa kamu lakukan, jika awalnya kamu mendapatkan foto dan gambar tersebut dari internet, kamu lebih baik download ulang saja.

Tetapi jika hasil jepretan kamera namun tidak bisa dibuka, ini terjadi karena file asli dari foto telah terhapus dan file yang tersisa hanyalah file .thumbnail dari foto tadi. Karena file .thumbnail memiliki kualitas yang sangat buruk, maka penyebab foto tidak bisa dibuka yang satu ini karena file tersebut bukanlah file asli.