Foto dan Video Tidak Muncul di Galeri? Ini Dia Solusinya

Foto dan Video Tidak Muncul di Galeri? Ini Dia Solusinya

HiPoin.com – Bagi kamu yang sering mengunduh gambar dari internet pasti pernah mengalami permasalahan foto atau gambar yang baru kamu download tidak muncul di galeri. Saya yakin kamu pernah mengalami permasalahan seperti itu.

Selain gambar dan foto yang tidak muncul, video yang baru kamu download pasti juga pernah tidak ada di galeri padahal proses download sudah selesai dan berhasil. Kasus ini sering terjadi jika kita menggunakan browser Google Chrome, Opera Browser dan UC Browser.

Singkatnya file media yang berhasil di download dapat dilihat dari aplikasi browser yang kamu gunakan untuk mengunduh file tadi. Tetapi setelah kamu cek lewat galeri ternyata video, foto, dan gambar yang baru saja kamu download ternyata tidak ada.

Selain tidak bisa muncul di galeri terkadang file tadi tidak bisa di buka di File Manager dan hanya bisa dibuka lewat aplikasi browser yang kamu gunakan untuk mendownload file tersebut. Jika foto dan video tidak muncul di galeri, apa penyebab dan cara mengatasinya?

Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan file media tidak muncul di galeri, salah satu penyebab tadi juga bisa menyebabkan aplikasi galeri tidak bisa dibuka. Kasus seperti bisa terjadi di ponsel Android merk apa saja mulai dari Samsung, Oppo, Xiaomi, Huawei, hingga Nokia.

Untuk lebih jelas mengenai galeri yang tidak menampilkan foto dan video kamu bisa simak beberapa penyebab dan solusi mengatasi file media yang tidak ada di galeri. Selain itu kamu juga perlu tau solusi jika ruang penyimpanan internal hampir penuh di Android.

Penyebab Foto dan Video Tidak Muncul di Galeri

1. File Foto dan Video Tidak Memiliki Format

Penyebab pertama yang paling sering terjadi yaitu format file foto, gambar, atau video hilang saat proses download. Ini sering terjadi jika kita mengunduh file gambar dan video dari UC Browser dan Google Chrome. Selain faktor browser yang digunakan, faktor sumber file juga sangat berpengaruh.

Untuk bisa menampilkan video dan gambar yang formatnya hilang kamu hanya perlu mengubah nama atau rename file gambar dan video tadi lalu tambahkan format. Jika foto dan gambar silakan tambahkan “.jpg“, “.png“, atau”.jpeg“. Sedangkan untuk file video silakan tambahkan “.mp4“, “.mkv“, atau “.3gp“.

Format file tadi hanya contoh saja karena umumnya format foto atau gambar dan video yang sering digunakan ialah jpg, png, dan jpeg serta mp4, mkv, dan 3gp.

2. Format Tidak Didukung

Jika format tidak didukung memang file video dan foto tidak akan muncul di galeri. Tetapi ini tergantung aplikasi galeri yang kamu gunakan. Sebagai contoh di ponsel Android Asus file .mkv tidak akan muncul di galeri karena aplikasi galeri tidak mendukung.

Tetapi di ponsel Android Samsung file .mkv dapat muncul dan bisa diputar tanpa aplikasi pemutar video pihak ketiga. Sedangkan untuk file foto dan gambar rata-rata dapat dibuka di galeri, kecuali file yang memiliki ukuran yang sangat besar.

3. Aplikasi Galeri Error

Untuk penyebab terakhir yang bisa menyebabkan foto dan video tidak muncul di galeri yaitu karena aplikasi galeri sedang error. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika aplikasi galeri bermasalah, salah satunya dengan menghapus data aplikasi dan cache aplikasi galeri.

Atau jika ponsel kamu sudah usang karena merupakan ponsel Android keluaran lama kamu bisa menggunakan aplikasi galeri dari pihak ketiga yang bisa kamu install dari Play Store. Sebagai contoh aplikasi Simple Gallery, Gallery Go, atau Google Foto.

Itu dia beberapa penyebab kenapa file media seperti foto, gambar, dan video tidak muncul di galeri beserta solusinya. Jika file-file tadi tidak ada di galeri, kamu bisa langsung cek saja di folder lewat File Manager di mana file tersebut tersimpan.

Jika menggunakan browser Chrome maka akan tersimpan di folder Download sedangkan jika menggunakan UC Browser akan tersimpan di folder UC Browser. Selain itu jika file dari aplikasi WhatsApp dan SHAREit tidak muncul di galeri, kamu bisa langsung cek di penyimpanan internal atau SD Card.