4 Cara Mengatasi Launcher Berhenti di Android

4 Cara Mengatasi Launcher Berhenti di Android

HiPoin.com – Launcher pihak ketiga bisa kamu gunakan jika dirasa launcher bawaan kurang menarik. Akan tetapi jangan gunakan launcher atau peluncur yang berat supaya launcher berhenti tidak kamu alami. Tidak hanya launcher dari pihak ketiga, peluncur bawaan juga bisa berhenti.

Entah kenapa masih banyak orang yang menggunakan aplikasi launcher dari pihak ketiga. Saya pribadi sudah sangat cukup dengan launcher bawaan dari masing-masing tipe ponsel Android. Biasanya saya hanya mengecilkan ukuran font dan ikon saja.

Alhasil peluncur bawaan sudah sangat cukup sekali. Tidak ada salahnya memang menggunakan launcher dari pihak ketiga. Akan tetapi perlu kamu ingat, launcher selalu menggunakan RAM setiap saat selama launcher tersebut aktif.

Peringatan peluncur telah berhenti akan kamu alami saat kapasitas RAM penuh. Jika RAM sudah penuh pasti kinerja launcher pihak ketiga kurang maksimal. Alhasil launcher akan force close dan kembali menggunakan tampilan peluncur sistem bawaan.

Sebenarnya launcher berhenti bisa terjadi pada launcher default dan launcher pihak ketiga. Tentu saja, launcher bawaan atau default lebih tahan dan jarang force close karena termasuk aplikasi sistem dan sangat di prioritaskan.

Jika launcher dari pihak ketiga yang kamu install terus berhenti atau peluncur sistem telah berhenti, bagaimana cara mengatasinya? Bagaimana cara mengatasinya tergantung dari penyebabnya, oleh karena itu kamu harus tau penyebabnya terlebih dahulu.

Supaya kamu tau kali ini saya akan menjelaskan penyebab dan solusi mengatasi launcher telah berhenti. Namun sebelum lanjut ke artikel tentang peluncur yang berhenti sendiri kamu bisa baca artikel lainnya tentang cara menghapus widget yang ada di layar depan Android.

Solusi Launcher Berhenti di Perangkat Android

1. Gunakan Launcher Pihak Ketiga Yang Ringan

Yang pertama saya anggap launcher yang bermasalah adalah launcher pihak ketiga yang bisa kamu download dan install dari Play Store. Saran dan solusi dari saya yaitu gunakan launcher yang sesuai dengan perangkat kamu dan jangan dipaksakan.

Sebagai contoh ponsel Android yang kamu miliki hanya memiliki RAM 2GB. Saran saya gunakan launcher yang ringan, minimalis, dan minim fitur. Karena semakin banyak fitur launcher maka penggunaan launcher sangat membebani RAM.

2. Install 1 Launcher Saja

Walaupun saat tidak digunakan launcher pihak ketiga tidak terlalu membebani RAM, akan tetapi lebih baik kamu copot pemasangan launcher yang tidak kamu gunakan. Sebagai contoh kamu sering gonta-ganti launcher antara Nova Launcher, Go Launcher, atau CM Launcher.

Dari ketiga launcher tadi pilihlah salah satu dan uninstall yang lainnya. Selain melegakan RAM, uninstall aplikasi yang tidak digunakan juga bisa melegakan kapasitas penyimpanan internal. Jadi selain menghindari launcher berhenti kamu juga menghindari ruang penyimpanan penuh.

3. Tutup Semua Aplikasi Untuk Mengatasi Peluncur Sistem Telah Berhenti

Setelah kita bahas solusi launcher berhenti pada launcher pihak ketiga, kini saatnya saya jelaskan solusi jika peluncur sistem berhenti. Ada beberapa solusi untuk mengatasi peluncur bawaan yang berhenti, salah satunya dengan menutup semua aplikasi yang ada di recent apps.

Menutup aplikasi yang sedang berjalan bisa menghilangkan masalah peluncur telah berhenti atau launcher tidak menanggapi tingkat ringan. Kenapa saya sebut sebagai tingkat ringan? karena dengan melegakan RAM dan menurunkan penggunaan prosesor masalah tersebut bisa teratasi.

4. Reboot Perangkat dan Tingkat Lanjut

Dan yang terakhir kamu bisa reboot perangkat Android jika dengan menghapus semua aplikasi di recent apps belum berhasil. Cara ini sangat cocok saat peringatan peluncur telah berhenti muncul terus dan tidak mau hilang.

Misalnya sudah di reboot akan tetapi tetap saja muncul peringatan launcher berhenti kemungkinan ada masalah serius. Pastikan ada kartu SIM yang terpasang di perangkat kamu. Atau kamu cari aplikasi yang mencurigakan dan uninstall aplikasi tersebut.

Nah itu dia beberapa solusi untuk mengatasi launcher berhenti di perangkat Android. Solusi di atas tidak menjamin berhasil, karena masing-masing perangkat bisa saja cara mengatasinya berbeda. Khususnya untuk peluncur sistem.

Peluncur sistem di masing-masing brand berbeda seperti Vivo, Oppo, Xiaomi, dan Samsung. Contoh mudahnya bisa saja masalah peluncur berhenti diatasi dengan cara reboot di perangkat Samsung. Akan tetapi setelah kamu coba di perangkat Oppo ternyata tidak bisa.

Itu saja yang bisa saya jelaskan semoga sedikit membantu kamu semua. Sebelum saya akhir kamu perlu tau cara menggunakan aplikasi PicSay dan PicSay Pro. Kedua aplikasi tersebut adalah aplikasi editing foto dan gambar teringan dan terbaik yang ada di perangkat Android.