3 Solusi Tidak Bisa Update Aplikasi di Android

3 Solusi Tidak Bisa Update Aplikasi di Android

HiPoin.com – Aplikasi yang ada di Android bisa kamu perbarui dengan mudah lewat Play Store. Tetapi kamu pernah tidak mengalami tidak bisa update aplikasi padahal sudah kamu coba berulang kali?. Saya sendiri pernah dan untuk mengatasinya ada berbagai cara.

Saya kurang tau kenapa proses pembaruan aplikasi terkadang lama bahkan sering gagal. Masalah ini sering terjadi walaupun koneksi internet yang digunakan sudah cukup kencang dan stabil. Kamu bisa melakukan pembaruan semua aplikasi lewat Play Store.

Asalkan aplikasi tersebut terdaftar di Google Play. Walaupun versi aplikasi sudah sangat lawas tetapi tersedia di Google Play Store maka kamu bisa memperbaruinya lewat Play Store dengan mudah dan cepat. Tidak bisa memperbarui aplikasi umumnya terjadi setelah penggunaan perangkat yang cukup lama.

Singkatnya proses download dan update aplikasi tidak secepat perangkat Android baru. Entah kenapa bisa begitu tetapi sepengalaman saya memang seperti itu. Supaya proses update atau pembaruan aplikasi berhasil maka kali ini saya akan menjelaskan solusinya untuk kamu semua.

Saya akan menjelaskan solusi mengatasi tidak bisa update aplikasi di Android supaya masalah update aplikasi yang tidak berjalan segera teratasi. Namun sebelum lanjut ke pembahasan dan solusinya kamu bisa baca artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas.

Sebelum lanjut kamu bisa baca artikel tentang cara menggunakan aplikasi Clean Master untuk menghapus sampah di Android. Tanpa panjang lebar lagi langsung saja saya jelaskan solusi aplikasi tidak bisa diperbarui di Android.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Update Aplikasi

1. Pastikan Ruang Penyimpanan Mencukupi

Ruang penyimpanan yang terbatas adalah salah satu penyebab yang bisa menyebabkan aplikasi tidak bisa di update atau diperbarui. Karena jika ruang penyimpanan tidak mencukupi proses install aplikasi tidak bisa berlangsung.

Oleh karena itu setelah menekan tombol perbarui kemungkinan besar proses pembaruan tidak akan berlangsung jika ruang penyimpanan tidak mencukupi. Untuk mengatasinya tentu saja kamu harus mengosongkan ruang terlebih dahulu.

2. Koneksi Internet Bermasalah

Solusi tidak bisa update aplikasi yang berikutnya yaitu pastikan koneksi internet yang kamu gunakan kuat dan stabil. Sebenarnya hal ini bisa diabaikan asalkan proses pembaruan dan downloading aplikasi sudah berjalan. Tetapi untuk langkah awal koneksi yang kuat sangat dibutuhkan.

Karena proses awal terhubung ke server membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika tidak beruntung proses pembaruan tidak akan berjalan sama sekali alias sama saja tidak bisa memperbarui aplikasi. Karena itulah pastikan koneksi internet yang kamu gunakan kuat dan stabil.

3. Perangkat Lemot

Perangkat Android yang lemot atau lambat bisa menyebabkan semua aktivitas di Play Store menjadi terganggu. Tidak hanya proses update aplikasi yang tidak berjalan, proses download dan install aplikasi juga bisa terganggu.

Pastikan perangkat yang kamu gunakan tidak lambat karena kapasitas RAM hampir penuh. Cara cepat untuk mengatasinya kamu bisa reboot perangkat yang kamu miliki. Setelah perangkat di reboot kapasitas RAM yang penuh akan lega kembali.

Nah itu dia beberapa solusi untuk mengatasi tidak bisa update aplikasi di perangkat Android. Selain yang sudah saya jelaskan tadi, kemungkinan besar ada penyebab dan solusi lainnya yang berkaitan dengan pembahasan tersebut.

Akan tetapi saya rasa yang paling umum terjadi hanya ketiga hal tadi. Oleh karena itu saya hanya membahas ketiga penyebab dan solusi. Misalnya kamu mengalami aplikasi tidak bisa diperbarui kamu tidak usah panik, kamu bisa tekan batal dan coba lagi.

Mungkin itu saja penjelasan dari saya mengenai solusi tidak bisa update aplikasi di Play Store, semoga bermanfaat bagi kamu semua. Tidak tau apa yang dimaksud dengan Kode QR? jika kamu tidak tau kamu bisa baca artikel tentang apa itu QR Code.