Cara Cek Aplikasi Yang Terhubung ke Akun Google dan Gmail Kita

Cara Cek Aplikasi Yang Terhubung ke Akun Google dan Gmail Kita

HiPoin.com – Login menggunakan akun Google memudahkan kita saat mendaftar pada layanan sesuatu yang membutuhkan akun. Seperti jika kita mendaftar ke sebuah forum di internet, dari pada mendaftar secara manual dengan mengisi data diri dan email maka lebih praktis login dengan akun Google.

Login dengan akun Google memiliki kelebihan dan kekurangan yang mungkin tidak kamu ketahui. Kekurangan yang pertama jika kita mendaftar dengan akun Google maka data diri kita terkadang akan mengikuti data diri yang ada di akun Google.

Ini akan menjadi masalah yang cukup berarti jika data diri tersebut tidak dapat diubah. Selain itu layanan atau aplikasi yang terhubung ke akun Google pasti akan bertambah. Banyaknya aplikasi atau layanan yang terhubung ke akun Google maka bisa membuat celah keamanan bagi akun Google yang kita miliki.

Jika ada celah di akun Google, maka layanan dari Google seperti Gmail, YouTube, dan Google Keep bisa menjadi tidak aman. Namun itu hanya persepsi saya saja, karena saya percaya bahwa keamanan milik Google luar biasa aman.

Saya yakin dari awal kamu membuat membuat akun Google sampai sekarang ini, sudah banyak layanan dan aplikasi yang terhubung ke akun Google tersebut. Jika menurut kamu aplikasi dan layanan yang sudah terhubung aman-aman saja, silakan abaikan artikel ini.

Namun jika kamu penasaran dan ingin tau apa saja aplikasi yang terhubung ke akun Google yang kamu gunakan saat ini, saya akan menjelaskannya. Aplikasi yang terhubung ke akun Google sebenarnya hal yang biasa-biasa saja, karena di Facebook semua permainan dan layanan yang ada juga harus terhubung ke akun Facebook pengguna.

Jika kamu bertanya bagaimana cara cek layanan di akun Google yang kita gunakan? Kamu bisa melihat tutorial yang ada dibawah ini. Cukup mudah dipahami dan gampang dilakukan tanpa PC. Jika ingin memindahkan file dalam jumlah banyak barulah kita gunakan PC untuk menandai file yang ada.

Cara Cek Aplikasi Yang Terhubung ke Akun Google

Langkah ke-1: Silakan kamu buka dan akses akun Google di browser atau lewat alamat myaccount.google.com lalu pilih menu Keamanan

Akun Google

Langkah ke-2: Jika sudah pada menu Keamanan, lanjut klik pada Kelola akses pihak ketiga

Menu Keamanan Akun Google

Langkah ke-3: Jika sudah, maka akan muncul semua layanan dan aplikasi yang terhubung dengan akun Google kamu. Jadi aplikasi dan layanan yang muncul terhubung ke akun Google, bukan ke Gmail. Karena Gmail juga termasuk layanan yang terhubung ke akun Google, namun itu layanan resmi dari Google sendiri

Aplikasi Yang Terhubung ke Akun Google

Langkah ke-4: Untuk menghapus aplikasi dan layanan yang sudah tertaut, cukup pilih pada layanan atau aplikasi yang ingin dihapus lalu klik Hapus Akses

Hapus Akses Aplikasi dan Layanan

Jika sudah dihapus akses, maka layanan atau aplikasi yang dihapus tadi sudah tidak tertaut dengan akun Google kamu. Namun jika akun Google yang kamu miliki di hubungkan kembali pada aplikasi atau layanan tadi, maka data yang ada masih sama seperti dulu dan tidak terhapus.

Tetapi jika kamu mendaftar dengan akun email Gmail bukan dengan akun Google, maka kasusnya berbeda. Jika mendaftar dengan email kita hanya membutuhkan email untuk verifikasi saja. Sedangkan jika menggunakan akun Google layanan dan aplikasi yang terkait dapat membaca data diri kita yang tertera di akun Google.

Login menggunakan akun Google tidaklah masalah dan kamu jangan takut. Keamanan dari Google sendiri sudah sangat ketat. Layanan dan aplikasi yang terhubung pun dibatasi hanya dapat membaca data diri seperti Nama, Alamat, dan Tanggal lahir saja.