4 Tips Supaya Aplikasi Banyak Yang Download di Play Store dan App Store

4 Tips Supaya Aplikasi Banyak Yang Download di Play Store dan App Store

HiPoin.com – Sebagai Developer aplikasi pasti menginginkan aplikasi yang kita buat banyak di unduh oleh orang-orang. Karena jika aplikasi banyak yang download maka penghasilan kita pun akan meningkat seperti halnya seorang Blogger dan YouTuber.

Developer aplikasi yang aplikasinya ada di Play Store dan App Store rata-rata menggunakan AdMob yang sama-sama menggunakan AdSense seperti Youtube dan Blog. Bisa disimpulkan jika aplikasi yang di download banyak maka kemungkinan penghasilan yang akan didapatkan semakin banyak juga.

Untuk meningkatkan jumlah download aplikasi bukanlah perkara yang mudah, bisa dibilang lebih sulit dari pada seorang Blogger dan YouTuber. Tidak ada SEO yang bisa kita pelajari supaya aplikasi yang kita buat banyak di download dalam jangka waktu yang cepat.

Memasarkan aplikasi adalah salah satu cara supaya aplikasi banyak yang download setelah orang-orang tadi melihat promosi dari kita. Selain itu dari sisi aplikasi, kepuasan pengguna terhadap aplikasi yang kamu buat juga perlu supaya bisa untuk menaikan rating aplikasi.

Ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui sebelum membuat aplikasi supaya nantinya aplikasi kamu memiliki daya tarik tersendiri. Hal ini penting karena sebelum pengguna menginstall aplikasi yang kamu buat, maka pengguna belum tau bagaimana aplikasi yang kamu buat tadi.

Sebelum kamu baca tips supaya aplikasi banyak yang download mungkin kamu juga tertarik dengan penggunaan hashtag di video YouTube. Karena hashtag salah satu metode untuk meningkatkan jumlah penonton di video yang kita unggah ke YouTube.

Cara Supaya Aplikasi Banyak Yang Download dan Meningkatkan Penghasilan

1. Pemilihan Nama Aplikasi

Seperti halnya pemilihan nama untuk domain yang semakin sulit karena sudah banyak yang digunakan oleh orang lain, pemilihan nama untuk aplikasi yang ingin kita buat dan pasarkan juga sangat penting. Untuk meningkatkan jumlah download aplikasi akan lebih mudah jika nama aplikasi yang kita miliki mudah diingat dan simple.

Selain harus mudah diingat dan simple, nama aplikasi harus mencerminkan aplikasi yang kamu buat. Sebagai contoh kamu membuat aplikasi untuk menambah teks dan font, nama aplikasi yang paling cocok yaitu “Perubah Teks & Font” dan bukan “Edit Gambar & Font“. Kenapa begitu? Karena aplikasi yang kamu buat hanya bisa untuk merubah font dan tulisan saja, tetapi tidak bisa untuk mengedit gambar atau foto.

2. Logo Yang Menarik

Selain nama, logo adalah salah satu pendukung supaya aplikasi banyak yang mengunduh. Optimasi ini sangat penting karena banyak pengguna atau user cuma akan melihat logo saja sebelum mereka menginstall aplikasi yang mereka pilih. Walaupun begitu tetap saja untuk sekarang salah satu hal wajib sebelum memasang aplikasi yaitu melihat preview aplikasi terlebih dahulu.

Untuk logo nya saya sarankan jika tidak Flat Design ya 3D Design. Sebelum kamu menentukan ingin membuat yang flat design atau 3d design, saran saya lebih baik membuat sketsa logo terlebih dahulu. Jika sudah ada sketsa nya maka kamu akan tau lebih cocok dengan jenis design yang mana.

3. Fungsi Aplikasi

Salah satu faktor aplikasi banyak yang download ialah fungsi dari aplikasi tersebut. Semakin berfungsi aplikasi yang kamu buat, semakin bermanfaat aplikasi yang kamu kerjakan maka dengan sendirinya aplikasi yang kamu miliki pasti akan banyak di download oleh orang-orang.

Memang untuk membuat aplikasi yang bermanfaat supaya aplikasi banyak yang download untuk sekarang ini cukup sulit, karena ide-ide yang kita temukan rata-rata sudah ada developer yang membuatnya di Play Store ataupun App Store.

Tetapi jika kamu membuat inovasi baru, saya yakin itu adalah pilihan yang tepat.

4. Tampilan Aplikasi

Selain fungsi aplikasi, untuk menarik pengguna setia tampilan aplikasi juga harus user friendly. Semakin mudah pengoperasiannya dan semakin menarik tampilannya maka pengguna akan mempertimbangkan aplikasi kamu untuk digunakan secara terus menerus atau tidak.

Karena kepuasan pengguna adalah salah satu faktor supaya aplikasi banyak yang download. Jika pengguna awal merasa puas, jika ada pengguna baru maka bisa dipastikan pengguna baru tersebut juga akan puas. Dari keempat tips yang ada, fungsi aplikasi dan tampilan aplikasi adalah yang paling penting.

Mungkin hanya itu saja tips yang bisa kamu pelajari sebelum atau setelah kamu merilis sebuah aplikasi supaya aplikasi yang kamu buat banyak yang mengunduhnya. Intinya untuk meningkatkan jumlah download aplikasi bukanlah perkara yang mudah.

Baik Developer aplikasi, Blogger, ataupun Youtuber memiliki tingkat kesulitan masing-masing. Saya juga sering melihat seseorang yang mengeluhkan bagaimana supaya aplikasi banyak yang download di Play Store. Ada beberapa yang berhasil dengan aplikasi yang mereka buat, dan ada juga yang gagal total karena tidak menarik perhatian pengguna.