5 Tips Berjualan di WhatsApp Lewat Grup, Chat Personal, dan Story

5 Tips Berjualan di WhatsApp Lewat Grup, Chat Personal, dan Story

HiPoin.com – Ingin berjualan supaya cepat laku? kamu wajib memanfaatkan Sosial Media. Selain bisa menggunakan Facebook dan Instagram, berjualan di WhatsApp bisa kamu lakukan supaya penjualan semakin meningkat. Lalu bagaimana caranya?

Tidak ada trik khusus untuk bisa berjualan lewat WhatsApp, hanya saja kamu perlu tau beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat berjualan di WA. Berbeda media yang digunakan untuk berjualan berbeda juga metode yang diterapkan.

Walaupun menggunakan metode yang sama seperti saat berjualan di Facebook dan Instagram, kemungkinan berhasilnya tetap saja tinggi. Akan tetapi supaya lebih tinggi dan barang cepat laku kamu perlu tau tips khusus untuk berjualan di WA.

Ada 3 metode yang bisa kamu terapkan, salah satunya lewat grup WhatsApp. Dengan bergabung ke banyak grup saya jamin kamu akan langsung banjir order dari WhatsApp dengan sekali posting ke satu grup saja.

Apapun tips nya, berjualan di WhatsApp perlu kamu lakukan dengan semaksimal mungkin. Hanya tau tips nya tetapi tidak kamu terapkan maka sama saja tidak ada gunanya. Untuk itu langsung saja berikut beberapa tips berjualan lewat WhatsApp.

Namun sebelumnya kamu harus tau juga tips jualan di Facebook supaya cepat laku. Ada kelebihan dan kekurangan yang akan kamu temui jika menggunakan kedua layanan tadi. Keduanya masih cukup mudah bagi saya, karena yang paling susah adalah berjualan di Instagram.

Jualan di WhatsApp Supaya Banjir Order

1. Siapkan Foto Produk Yang Menarik

Sebelum memulai, kamu wajib menyiapkan foto produk yang ingin kamu jual. Kenapa begitu? karena kemudahan mengirim media lewat WhatsApp, mengirim sample foto bisa menambah ketertarikan calon pembeli dengan produk kita.

Tidak harus banyak akan tetapi wajib menarik dan bagus. Misalnya produk fashion, kamu harus memiliki foto produk saat digunakan. Karena calon pembeli tidak ingin membeli produk yang kurang bagus saat dipakai. Oleh karena itu gunakan foto yang bagus saja.

2. Cari Kontak WA dan Join ke Banyak Grup

Saya anggap kamu sudah mempersiapkan semua seperti foto produk dan kalimat promosi, oleh karena itu langsung saja kamu mulailah promosi. Karena berjualan di grup WhatsApp adalah metode yang cukup menarik perhatian, bergabung ke banyak grup WA wajib kamu lakukan.

Selain bergabung ke grup WhatsApp kamu juga perlu mencari kontak pribadi supaya bisa di tawari lewat chat atau japri. Jika kesulitan coba kamu cari dan bergabung ke banyak grup terlebih dahulu di WhatsApp. Selain bisa melakukan promosi di grup, kamu juga bisa japri anggota-anggota grup yang potensial atau memiliki ketertarikan pada produk kamu.

3. Manfaatkan Story WhatsApp

Berjualan di WhatsApp paling mudah memang lewat story atau cerita. Tanpa copywriting atau kata-kata promosi kamu cukup upload saja produk yang kamu jual. Gunakan kalimat singkat seperti “Yang minat chat aja, lagi promo“.

Kenapa tidak menggunakan kalimat yang panjang? karena tidak ada gunanya dikarenakan akan terpotong. Oleh karena itu gunakan kalimat simple tapi mengundang. Misalnya “Sekarang lagi diskon, besok udah harga normal” atau “Harga teman, kalau di orang lain pasti harga lawan“.

4. Broadcast Seperlunya

Apapun yang terjadi jangan pernah melakukan broadcast secara berlebihan. Alih-alih banjir order dari WhatsApp malah kemungkinan terburuk kamu akan kehilangan banyak calon pembeli. Seperti yang kamu ketahui, spam adalah tindakan yang dibenci banyak orang.

Karena pembeli jaman sekarang lebih suka tanya langsung ke pembeli jika membutuhkan. Sedangkan jika terkena broadcast beberapa kali kemungkinan besar nomor kamu akan diblokir dan kesempatan mendapatkan calon pembeli akan 0 besar, karena sampai kapanpun broadcast, promosi, atau story kamu tidak akan dilihat calon pembeli lagi.

5. Lakukan Review Produk

Setelah melakukan promosi dengan kata-kata yang menarik, melakukan beberapa cara marketing lain yang pernah kamu pelajari, dan sudah mencoba menambahkan foto produk ke WhatsApp Story maka yang terakhir kamu bisa melakukan review singkat produk yang kamu jual.

Cara ini cukup berhasil untuk menarik calon pembeli, karena di WhatsApp ada fitur cerita atau story dan kamu bisa berjualan di WhatsApp dengan lebih mudah. Misalnya kamu menjual berbagai varian krudung atau hijab, kamu bisa melakukan review apakah bahannya bagus atau tidak, nyaman digunakan atau tidak, dan cocok saat digunakan atau tidak.

Saat mereview produk sendiri kamu bisa melebih lebihkan produk yang kamu miliki karena itu salah satu metode promosi, asal kamu tidak menipu calon pembeli. Misalnya jika bahan spandek kamu harus mengatakan bahwa bahan yang digunakan spandek bukan sutra atau katun.

Nah itu dia cara berjualan di WhatsApp supaya cepat laku dan closing. Kamu bisa memilih ingin berjualan menggunakan metode chat pribadi, lewat story, atau lewat grup WhatsApp. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal kamu bisa menggunakan ketiga metode tadi.

Tidak ingin kehilangan kontak teman karena berjualan di WhatsApp? kamu bisa menggunakan WhatsApp Business. Dengan WA Business kamu akan terbantu ketika tiba-tiba kamu mendapatkan banjir order dari WhatsApp. Pesan pribadi yang penting tidak akan tenggelam karena banyaknya pesan yang masuk.

Cukup sekian pembahasan dari saya mengenai tips berjualan di WhatsApp. Bingung ingin membeli PC untuk bekerja? kamu harus tau kelebihan AIO PC yang bisa kamu gunakan untuk bekerja. Selain lebih ringkas, AIO PC memiliki kinerja yang sama seperti Komputer.