4 Tips Berjualan di Facebook Supaya Laris dan Laku Bagi Pemula

4 Tips Berjualan di Facebook Supaya Laris dan Laku Bagi Pemula

HiPoin.com – Salah satu tempat berjualan online paling diminati oleh para penjual mulai dari supplier hingga dropshipper yaitu Facebook. Karena berjualan di Facebook sepenuhnya gratis walaupun dengan cara yang berbayar juga bisa yaitu menggunakan iklan.

Akan tetapi untuk tempat berjualan gratis paling mudah yaitu di Facebook, karena sudah sejak lama khususnya untuk barang bekas atau second Facebook menjadi tempat menjual dan membeli barang secara cepat. Mungkin Facebook adalah FJB nyata, karena pembeli tidak wajib membeli barang setelah melihat barang secara langsung.

Dimana pun tempat jualan kita tidak hanya jualan di Facebook, produk yang dijual adalah kuncinya. Khususnya bagi kamu yang baru ingin berjualan online serta masih pemula banget dan mempunyai mimpi supaya jualan kamu laris dan laku. Saya tekankan carilah produk yang anti mainstream.

Misalnya kamu ingin berjualan di marketplace Facebook, cobalah cari produk atau barang yang jarang dijual namun sangat dibutuhkan. Sebagai contoh voucher kuota beberapa tahun yang lalu adalah ladang jual beli yang menguntungkan, tetapi tidak untuk sekarang ini karena sudah banyak yang menjualnya.

Oleh karena itu sebelum terjun ke bisnis jual-beli kamu harus memikirkan produk yang ingin kamu jual atau produk yang ingin kamu beli lalu kamu jual kembali. Langsung saja supaya lebih jelas berikut penjelasan saya mengenai tips berjualan di Facebook bagi pemula.

Namun sebelum lanjut ke tips jualan online di Facebook kamu harus tau cara ubah lokasi di marketplace Facebook. Karena mengatur jangkauan lokasi sangat penting supaya produk yang kamu posting tertarget di wilayah yang terjangkau.

Cara Berjualan di Facebook Bagi Pemula Tanpa Modal Tapi Laris

1. Foto Produk Semenarik Mungkin

Jujur saja saat membeli barang secara online foto produk lah yang pertama saya jadikan pertimbangan. Saya jamin bukan hanya saya, hampir semua orang yang membeli barang secara online foto produk lah yang membuat mereka tertarik.

Oleh karena itu supaya berjualan di marketplace Facebook laris gunakan foto produk yang bagus, kalau bisa menarik. Masalah terjadi jika kamu seorang dropshipper karena tidak memiliki barang fisik berbeda dengan reseller atau supplier.

Oleh karena itu bagi kamu dropshipper jika memang yakin produk yang akan kamu jual laku keras cobalah membeli sample produk untuk dijadikan bahan foto. Untung yang akan kamu dapatkan akan lebih banyak lebih dari sekedar harga produk tadi.

2. Promosi Copywriting Yang Menarik

Bagi kamu yang pandai membuat copywriting kemungkinan besar kamu pandai juga berjualan di Facebook atau dimanapun itu. Copywriting bagi saya sama seperti keahlian menawarkan produk secara langsung ke pembeli hanya saja lewat teks atau tulisan.

Oleh karena itu kemampuan copywriting yang baik sangat diminati. Sebenarnya setiap orang bisa saja membuat kalimat promosi yang baik, hanya saja terkadang ide yang muncul tidak bisa dimunculkan kembali alias hanya bisa membuat 1 kalimat promosi saja.

3. Waktunya Promosi

Ada beberapa cara berjualan di Facebook, yang paling mudah, gratis, dan masih banyak diminati yaitu berjualan di grup Facebook. Selain di grup Facebook kamu bisa berjualan di menu marketplace, lewat halaman, atau lewat profil akun Facebook.

Jika di total ada 4 metode berjualan di Facebook. Saran saya cukup gunakan grup Facebook dan menu marketplace saja karena itu sudah lebih dari cukup. Karena berjualan lewat halaman atau Fanspage Facebook susah sedangkan jika di profil Facebook bisa mengganggu orang lain dan kesannya akun kita seperti sebuah akun online shop.

4. Gunakan Promo, Diskon, dan Pelayanan Terbaik

Setelah membuat foto produk yang menarik. membuat promosi dengan teks copywriting yang bagus, dan sudah melakukan promosi langkah terakhir saat berjualan online di Facebook ialah membuat pelanggan menjadi lebih tertarik lagi.

Sebagai contoh jika kamu menerapkan sistem COD (Cash On Delivery) kamu bisa menggunakan layanan COD di kawasan tertentu. Atau jika kamu menggunakan sistem kirim paket kamu bisa menggunakan promo atau diskon gratis ongkos kirim.

Mungkin hanya itu saja tips yang bisa saya berikan bagi kamu yang baru ingin berjualan di Facebook. Setelah kamu menekuni berjualan online minimal dalam waktu 6 bulan saya yakin kamu akan memiliki tips tersendiri supaya barang kamu cepat laku dan closing.

Saya tekankan lagi jika kamu ingin berjualan secara mudah dan cepat laku kunci utamanya ada di produk yang kamu jual. Mulai dari kebutuhan konsumen, harga produk, hingga kualitas sangatlah mempengaruhi. Selain itu perbedaan lokasi salah satu yang bisa menyebabkan kegagalan.

Oleh karena itu masalah perbedaan lokasi tidak boleh kamu abaikan. Kesulitan menjual barang bekas? mungkin kamu pandai berjualan di Facebook jika barang yang dijual adalah produk baru atau new. Lalu bagaimana jika ingin menjual barang bekas penggunaan sendiri supaya laku? kamu perlu tau tips nya.